BPBD Garut: Banjir di Banjarwangi belum sampai ke rumah warga - WisataHits
Jawa Barat

BPBD Garut: Banjir di Banjarwangi belum sampai ke rumah warga

GARUT (ANTARA) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengatakan bencana banjir bandang akibat luapan sungai di Kabupaten Banjarwangi tidak menimpa pemukiman atau rumah warga, melainkan merusak jembatan sementara yang sebelumnya dibangun bencana. .

“Kejadian banjir di Banjarwangi tidak berdampak pada rumah warga sekitar,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Satria Budi di Garut, Sabtu.

Baca Juga: Banjir Bandang Menerjang Pemukiman di Pelosok Garut

Ia mengatakan, bencana banjir bandang di Desa Kadongdong-Padahurip Kabupaten Banjarwangi akibat luapan Sungai Cikaengan setelah hujan pada Jumat malam (8/12) kembali terjadi.

Banjir hebat melanda kawasan itu pada pertengahan Juli 2022, merusak jembatan dan merelokasi sejumlah rumah warga karena berada di kawasan yang berpotensi rawan banjir.

Baca Juga: Pasien COVID-19 Isolasi di Objek Wisata Alam Tubing Garut

“Dulu kawasan itu kebanjiran dan kini banjir menghancurkan jembatan sementara yang dibangun untuk akses warga karena jembatan sebelumnya rusak,” katanya.

Dikatakannya, pemerintah setempat telah melakukan upaya antisipasi dampak buruk bencana banjir di wilayah tersebut dengan merelokasi rumah warga yang berada di kawasan rawan banjir.

Baca Juga: Longsor hantam 4 desa di Garut

“Banjir kemarin disebabkan luapan sungai dan jembatan sementara yang putus dalam kondisi sejajar dengan sungai,” katanya.

Kapolsek Banjarwangi Iptu Amirudin Latif menambahkan, jajarannya dan unsur lainnya berada di lokasi untuk mendata dampak banjir bandang yang merusak jembatan antara Desa Kadongdong dan Padahurip.

Baca juga: Jalur selatan Garut sudah bisa dilalui kendaraan

Laporan di lapangan, kata dia, tidak hanya merusak jembatan tetapi juga lahan pertanian seperti persawahan milik warga sekitar.

“Kejadian banjir secara khusus berdampak pada warga Desa Cibitung, Desa Padahurip, yang telah mengungsi dari rumahnya untuk menghindari dampak lebih lanjut,” katanya. ***3***

Baca juga: BNPB: Beberapa Rumah di Kawasan Banjir Garut Perlu Direlokasi

Reporter: feri bulan purnama
Penerbit : Tunggul Susilo
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button