Harga tiket monumen dan atraksi bawah laut - WisataHits
wisatahits

Harga tiket monumen dan atraksi bawah laut

Harga tiket monumen dan atraksi bawah laut

Harga tiket masuk monumen bawah laut: Rp 15.000. Jam buka: 08:00 – 21:00. Nomor Telepon: (031) 5490410. Alamat: Jl.Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60277.

Indonesia dikenal sebagai negara dengan ruang maritim yang luas. Warisannya masih bisa dihargai hari ini, seperti dirinya Monumen Bawah Laut Surabaya. Itu adalah kapal yang ada di darat, dimaksudkan untuk menjadi bangunan museum.

Surabaya juga dikenal sebagai kota dengan kekuatan laut yang besar. Sejak dahulu kala, kota ini telah menjadi pusat perdagangan dunia. Dan monumen bawah air (Monkasel) ini bukti bahwa surabaya memiliki kekuatan laut yang besar.

Harga Tiket Masuk Monumen Bawah Laut Surabaya

Untuk memasuki objek wisata ini pengunjung harus membayar biaya masuk, namun tidak perlu khawatir. Tiket masuk Monkasel cukup terjangkau, hanya Rp 15.000

Harga Tiket Masuk Monumen Bawah Laut Surabaya
Tiket masuk Rp 15.000

Baca: Kerennya hutan bambu Surabaya di tengah kota

Jam Buka Monumen Bawah Air Surabaya

Tempat wisata ini dibuka untuk umum setiap hari. Bahkan, pengunjung bisa menikmati objek wisata ini dari pagi hingga malam hari. Karena jam buka yang panjang.

Jam operasional
Senin minggu 08.00 – 21.00

Menelusuri sejarah besar Monumen Bawah Laut Surabaya

Monumen Bawah Air Surabaya. Foto: Gmap/Afifahn 526

Monkasel adalah monumen seukuran KRI Pasopati 410. Kapal selam ini merupakan bagian dari armada Divisi Timur. Basofi Soedirman, meletakkan batu pertama pembangunan monumen yang dimulai pada Juli 1995.

Meski monumen ini bukan replika, namun dibuat dengan membagi kapal menjadi 16 bagian. KRI Pasopati 410 disayat di PT PAL Indonesia yang kemudian direkatkan kembali. Pada tanggal 15 Juli 1998, Monkasel resmi dibuka dan menjadi tempat wisata di Surabaya.

Monumen hijau ini merupakan monumen bawah air terbesar di Asia. Konstruksinya berasal dari ide orang dahulu tentang kapal selam dan angkatan laut. Selain sebagai objek wisata, Monkasel juga merupakan peninggalan sejarah Indonesia sebagai negara bahari.

Detail KRI Pasopati 410

monumen bawah laut surabayaKRI Pasopati 410 di Monumen Bawah Air Surabaya. Foto: Gmap/Dieta Singarimbun

KRI Pasopati 410 yang merupakan tugu merupakan SS Whisky class Kapal ini telah bertugas di TNI Angkatan Laut sejak 29 Januari 1962. KRI Pasopati 410 telah berperan penting dalam penegakan hukum maritim, salah satunya adalah Operasi Trikora.

KRI Pasopati 410 memiliki panjang 76,6 x 6,30 meter dan berat 1.300 ton. Kecepatannya mencapai 18,3 knot di atas permukaan laut dan 13,6 knot di bawah permukaan. Hebatnya, KRI Pasopati 410 dipersenjatai 12 torpedo uap gas dengan panjang 7 meter.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Suroboyo Carnival

Di dalamnya terdapat 7 ruangan, antara lain ruang torpedo depan dan ruang mesin diesel. Itu juga dilengkapi dengan ruang komando dan ruang kru. Lalu ada juga dek utama dan pusat komando yang letaknya berdekatan satu sama lain.

Awal kedatangan KRI Pasopati 410

KRI Pasopati 410 didatangkan langsung dari Rusia. Sebelum membawa kapal selam ini, para pelaut muda Indonesia berangkat bergelombang menuju Rusia. Di sana mereka menjalani pelatihan yang ketat untuk menjadi awak kapal ini.

Saat itu, Indonesia merupakan satu-satunya negara di belahan bumi selatan yang memiliki 12 kapal selam. Kelas Whiskey adalah kapal selam diesel yang menjadi momok blok NATO. Bahkan, Belanda saat itu pun kalah bersaing dengan kapal-kapal milik Indonesia.

Kemampuan kelas Whiskey mampu mengguncang armada Belanda. Sebab, kapal selam ini dipersenjatai rudal serang antipesawat. Selain itu, ada juga peluncur torpedo di buritan dan haluan kapal.

Kolam Monumen Bawah Laut Surabaya

kolam renang di monumen bawah laut surabayaKolam renang anak Monkasel. Foto: Gmap/Dimas Fauzi

Selain wisata sejarah, Monkasel juga menawarkan wahana seru lainnya. Yaitu kolam renang anak. Karena khusus untuk anak-anak, kolam ini dangkal.

Tempat ini khusus kolam saja jadi tidak ada wahana air lainnya. Berbeda dengan Waterboom yang memiliki banyak wahana air. Meski begitu, kemeriahan tetap tercipta dari tangisan gembira anak-anak.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Ciputra Surabaya Water Park

Saksikan pertunjukan Reog Ponorogo

Jawa Timur terkenal dengan budaya Reog Ponorogo. Monkasel juga menawarkan atraksi Reog Ponorogo setiap hari Sabtu dan Minggu. Pengunjung bisa menyaksikannya dengan membayar tiket Rp 10.000.

Menuruni Sungai Kalimas dengan perahu motor

Pengunjung dapat menikmati keindahan perairan di sepanjang Sungai Kalimas. Sebab, di sini pengunjung bisa menyewa perahu motor untuk mengelilingi Sungai Kalimas. Wahana ini hanya tersedia setiap Sabtu dan Minggu, bahkan pada malam hari, dengan membayar tiket Rp 20.000.

Kontak dan Lokasi Monumen Bawah Laut Surabaya

Alamat Monkasel adalah Jalan Pemuda 39 Surabaya. Pengunjung dapat menghubungi di 031-5490-410 atau email [email protected]. Monkasel menawarkan fasilitas berupa rekaman video, live music, kios souvenir dan area parkir.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button