MES Jateng menginginkan produk Halal dari hulu - WisataHits
Jawa Tengah

MES Jateng menginginkan produk Halal dari hulu

MES Jateng menginginkan produk Halal dari hulu

Masyarakat Ekonomi SyariahMES. (gambar/economicsyariah.org)

Semarang, Idola 92.6 FM – Masyarakat Ekonomi Islam (MES) Jawa Tengah berkomitmen membangun ekosistem industri halal mulai dari hulu atau ekosistem awal. Salah satunya mulai beternak hingga bisa menyiapkan produk halal bagi masyarakat.

Ketua MES Jateng Real Nugraha mengatakan, pihaknya akan membuat kemajuan pesat dalam mengembangkan industri halal. Tak hanya kuliner, tapi juga fashion dan produk halal lainnya. Hal itu disampaikannya baru-baru ini saat diskusi di RSI Sultan Agung Semarang.

Menurutnya, MES akan menyumbangkan proposal untuk strategi pengembangan ekosistem halal di Jawa Tengah. Pengembangan industri halal dapat dilakukan secepat mungkin karena melibatkan industri pariwisata.

Real mengatakan Jawa Tengah, khususnya Semarang, menjadi tujuan wisata populer di Indonesia. Ini akan menjadi dorongan ekonomi dengan efek domino yang luar biasa, karena juga akan mendongkrak banyak industri ikutan lainnya.

“Karena hampir semua orang di Jawa Tengah dan Indonesia banyak makan ayam. Bagaimana kita memastikan ayam yang kita makan itu halal? Itu sebabnya kami mulai dari pertanian,” kata Real.

Lebih lanjut Real mengatakan, peningkatan permintaan produk halal di dunia dan jumlah penduduk muslim yang besar tentu menjadi peluang besar. Memenuhi konsumsi masyarakat dan produksi dalam negeri harus tetap menjadi prioritas.

“Perlu penguatan rantai halal mulai dari makanan, fashion, kosmetik hingga obat-obatan. Sektor produksi halal harus terus memberikan nilai tambah bagi perekonomian,” pungkasnya. (Tunas)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button