Bojongkulur meraih Juara 1 Lomba Desa Wisata di Kabupaten Bogor - WisataHits
Jawa Barat

Bojongkulur meraih Juara 1 Lomba Desa Wisata di Kabupaten Bogor

CIBINONG, iNewsBogor.id- Di usianya yang masih muda, Desa Bojongkulur berhasil meraih juara 1 Lomba Desa Wisata Kabupaten Bogor Tahun 2022. Dibuka pada 18 Juni 2022, desa wisata di Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor (Jawa Barat) ini meraih penghargaan dalam kategori Desa Wisata. Rintisan”.


Desa Bojongkulur meraih Juara 1 Lomba Wisata Desa Kabupaten Bogor Tahun 2022. Foto Istimewa

Penghargaan diserahkan pada Kamis (24/11/2022) oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanuddin kepada Kepala Desa Bojongkulur Firman Riansyah di Auditorium Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor.

Puarman, Kepala Desa Wisata Bojongkulur, mengatakan pihaknya mendapat penghargaan sebesar Rp 150 juta atas penghargaan ini. Jumlah tersebut akan digunakan untuk program pengembangan Desa Wisata Bojongkulur.

“Daya tarik wisata sepanjang Sungai Cikeas yang dikembangkan Desa Wisata Bojongkulur akan dikembangkan lebih atraktif dengan menghadirkan wisata kuliner, budaya, dan buatan lainnya,” kata Puarman dalam keterangan yang diperoleh iNewsBogor.id.

Desa Wisata Bojongkulur juga menawarkan wisata perahu karet (perahu sungai) menyusuri Sungai Cikeas. Wisata bantaran sungai tidak hanya sebagai sarana hiburan yang menghibur, tetapi juga sebagai sarana pendidikan dan pelatihan ketahanan fisik wisatawan.

“River tracking merupakan kegiatan untuk mempelajari ekologi dan karakteristik sungai,” kata Puarman. Ditambahkannya, kegiatan tersebut meliputi pengenalan aliran air, komponen-komponen yang ada di sungai, lingkungan sungai dan badan sungai.

Aman dari banjir, arus sungai tenang dan aman, operator bersertifikat FAJI (Federasi Arung Jeram Indonesia) dan seluruh peserta dilengkapi APD (pelampung dan helm) untuk mengikuti kegiatan penyeberangan sungai ini.

“Pesiar sungai adalah hiburan yang menyenangkan. Nikmati sensasi Sungai Cikeas yang asri dan indah. Sekaligus belajar tentang ekosistem Sungai Cikeas, mengenal karakter sungai, dan mengembangkan kecintaan terhadap sungai,” kata Puarman, Pengantar Manfaat penyeberangan sungai.

Penerbit: Suriya Mohamad Said

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button