BNPT meresmikan Kawasan Terpadu Nusantara di lereng Sindoro - WisataHits
Jawa Timur

BNPT meresmikan Kawasan Terpadu Nusantara di lereng Sindoro

Temanggung (ANTARA) – Berita berjudul: ‘BNPT meresmikan kawasan nusantara terpadu di lereng Sumbing Temanggung’, benar ‘BNPT meresmikan kawasan nusantara terpadu di lereng Sindoro Temanggung’.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme pada Rabu meresmikan Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) di lereng Gunung Sindoro di Desa Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Peresmian KTN yang memanfaatkan lahan kopi seluas 10 hektar di lereng Gunung Sindoro ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Nota Kesepahaman antara BNPT, Pemerintah Kabupaten Temanggung dan Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah pada Juni lalu. 16, 2022.

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, selain di Temanggung, Jawa Tengah, KTN juga diproduksi di Jawa Barat, Jawa Timur, NTB, dan Sulawesi Tengah.

KTN merupakan program deradikalisasi berbasis kesejahteraan bagi mantan narapidana teroris (mitra deradikalisasi).

“KTN di Desa Bansari merupakan konsep kesejahteraan bagi mitra deradikalisasi dengan mengedepankan konsep ekonomi, pendidikan dan pariwisata,” ujarnya.

Dikatakannya, jika melihat lingkungan alam di Desa Bansari, ketiga aspek tersebut dapat terpenuhi karena kawasan ini juga merupakan daerah tujuan wisata.

Menurutnya, pemilihan Desa Bansari sangat tepat dan bernilai tinggi untuk dapat mengutamakan ketiga aspek tersebut.

“Ketiga aspek ini merupakan pendekatan yang kami yakini pada akhirnya dapat meredam radikalisasi yang telah berkembang atau sebenarnya tumbuh di kalangan sebagian kecil penduduk Indonesia, bahkan teman-teman yang berasal dari latar belakang yang teridentifikasi dalam kerangka program reintegrasi sosial, yang merupakan salah satu yang sedang kita kembangkan,” ujarnya.

Ia menyampaikan konsep KTN dalam bidang ekonomi khususnya UKM dan khususnya pembangunan pertanian bekerjasama dengan koperasi, yang kemudian menjadi mitra deradikalisasi koperasi anggota BNPT.

“Kami berharap kemandirian ekonomi lebih mudah dicapai di antara mereka, daripada khawatir jika mereka tidak memiliki kegiatan dalam proses reintegrasi masyarakat, mereka akan kembali kambuh,” katanya.

Boy Rafli mengatakan jika kambuh lagi akan bermasalah, lebih banyak orang akan terpapar, lebih banyak orang menjadi korban, dan tidak padam.

“Upaya ini tentunya bukan satu-satunya, tetapi merupakan upaya yang lebih luas yang coba dilakukan BNPT dengan melibatkan semua pihak,” ujarnya.

Peresmian KTN di Desa Bansari dihadiri oleh Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi, Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bambang Supriyanto, dan Forkompimda Kabupaten Temanggung. , diantara yang lain.

Reporter: Heru Suyitno
Penerbit : Budisantoso Budiman
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button