Bima Arya Undang Wali Kota Seluruh Indonesia Kunjungi Kampung Batik Kauman, Solo - WisataHits
Jawa Tengah

Bima Arya Undang Wali Kota Seluruh Indonesia Kunjungi Kampung Batik Kauman, Solo

SOLO, KOMPAS.com – Ketua Dewan Asosiasi Pemerintah Kota Indonesia (Apeksi) dan Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto mengundang walikota dari seluruh Indonesia untuk mengunjungi Kampung Batik Kauman di Solo, Jawa Tengah pada Kamis (13/10/2022).

Kunjungannya merupakan bagian dari kegiatan Apeksi Indo Smart City (ISC) 2022 bertajuk “Desa Wisata Batik Mlampah-mlampah Ing Kauman Bersama Walikota”.

Baca Juga: Bima Arya Setujui Pemulangan Gibran Lebih Awal Dari Kegiatan Puncak Akibat Banjir Dan Longsor Di Bogor

Bima Arya mengatakan, tujuannya untuk mengundang walikota dari seluruh Indonesia ke Kampung Batik Kauman agar bisa belajar dari Kampung Batik Kauman. Kampung Batik Kauman bukan hanya tempat membeli batik, tapi juga tempat belajar membatik.

“Dan ajak teman-teman walikota, pemimpin daerah di seluruh Indonesia dan seluruh warga, wisatawan untuk mampir ke sini kalau ke Solo. Mungkin kita bisa menghabiskan sepanjang hari di sini. Sarapan pagi, ngopi, belanja, tie-dye painting, selfie dan lain-lain,” kata Bima Arya, Kamis di Solo, Jawa Tengah.

Bima Arya mengaku sering datang ke Kampung Batik Kauman untuk berbelanja kebutuhan tie dye. Terakhir ke Solo, kondisi Kampung Batik Kauman masih normal. Kini, menurut Bima Arya, sudah berkembang pesat dan dilengkapi dengan kafe modern.

“Terakhir kali saya datang ke sini bukan beberapa tahun yang lalu. Ini adalah inovasi, kolaborasi antara generasi senior dan generasi berikutnya. Jadi, jika pewarna ikat ini benar-benar ingin tetap populer di generasi berikutnya, ia harus bekerja dengan sentuhan kontemporer. Dan saya lihat itu di Kampung Batik Kauman,” jelasnya.

Politisi Partai Amanat Nasional ini mengaku banyak membeli tie dye di Kampung Batik Kauman. Tie-dye yang dibelinya kebanyakan berwarna biru. Ia juga membelikan batik outdoor untuk istrinya.

“Keren banget ada dress shirt untuk wanita. Nanti dibuat untuk dijahit dan dipadu-padankan. Lumayanlah persediaannya aman untuk beberapa bulan ke depan,” ujarnya.

Bima Arya mengaku sedih datang ke Kampung Batik Kauman di masa pandemi Covid-19. Menurutnya, keadaan Kampung Batik Kauman sudah sepi.

“Tapi sekarang pemulihan, itu kembali dan bahkan inovatif. Dan saya senang ada sentuhan CSR. Itu namanya kerjasama. Jadi ada hal baru dan menarik,” kata Bima Arya.

“Selamat kepada Pak Wali dan Kampung Batik Kauman, sepertinya kita semua harus belajar di sini, selain bersih. Ini penting,” lanjut Bima Arya.

Baca juga: Wacana Pimpinan Daerah Terpilih DPRD, Ketua Apeksi Bima Arya: Ini Langkah Mundur

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: regional.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button