Pemerintah Desa Kemiri Purworejo menanamkan karakter inovatif pada generasi muda dan menggelar Festival Silegi Gong - Halo Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Pemerintah Desa Kemiri Purworejo menanamkan karakter inovatif pada generasi muda dan menggelar Festival Silegi Gong – Halo Semarang

HALO PURWOREJO – Pemerintah Desa Kemiri Kecamatan Gebang menyambut baik proyek pembangunan bendungan di Desa Guntur Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo dengan menggelar Festival Budaya Gong Silegi 2022 atau Festival Budaya Gong Silegi.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 14-18 September 2022 di Kawasan Wisata Gong Silegi Desa Kemiri ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda agar inovatif dan berjiwa wirausaha.

Festival ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan mulai dari karnaval budaya, pengajian, lomba lukis, musik akustik, wayang golek dan hiburan seni lainnya.

Ketua panitia Yazid Mubasir berharap kegiatan ini dapat memperkuat karakter generasi muda dalam hal inovasi dan kewirausahaan.

“Kegiatan ini medianya, medianya membangun komunitas, karakternya berinovasi produk UMKM, inovasi produk kuliner atau mungkin pameran kerajinan yang nantinya dikelola agar nantinya termotivasi untuk mengembangkannya. Itu yang pertama untuk meningkatkan motivasi itu,” kata Yazid saat dirilis purworejokab.go.id.

Yazid menambahkan, festival ini juga merupakan kegiatan untuk membangun budaya di masyarakat dan mendorong pemikiran kritis dan kreatif.

“Ada anak SD, SMP, dan SMA di sini, harus dibangun budaya bahwa ada yang seperti itu di desa ini. Membangun karakter mereka untuk berpikir kritis dan mengembangkannya secara kreatif. Jadi kalau karakter ini bisa dibangun, jiwa wirausaha tumbuh, semangat ekonomi tumbuh, ada harapan untuk mengembangkan ini lebih lanjut,” kata Yazid.

Dalam pelaksanaan festival ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah desa dengan dana dari APBDes.

Di lokasi festival, pengunjung dapat menikmati dan menonton berbagai kegiatan secara gratis.

Saat ini kawasan wisata Gong Silegi sering dijadikan sebagai tempat camping. Areanya cukup luas dan memiliki tempat parkir, juga bisa dijadikan lokasi pertunjukan seni.

Dalam jangka panjang, pengembangan kawasan wisata Gong Silegi direncanakan sebagai salah satu tempat dalam paket wisata di Desa Kemiri, seiring dengan selesainya pembangunan bendungan dan pengembangan agrowisata lengkeng. Festival ini juga diadakan secara rutin dengan dukungan pemerintah negara bagian dan pihak lain.

“Insyaallah acara ini akan didukung dari berbagai kalangan, baik oleh para pembantu desa, kemudian oleh pihak kecamatan, kemudian oleh dinas pariwisata dan oleh bupati, yang akan mengurus rumah tangganya, insya Allah. acara Ke depan, itu akan kami lakukan sebaik mungkin karena pariwisata yang kami bangun tumbuh dan berkembang,” kata Yazid. (HS-08)

Source: halosemarang.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button