Laksa Tangerang vs Laksa Bogor, Itu Bedanya - WisataHits
Jawa Barat

Laksa Tangerang vs Laksa Bogor, Itu Bedanya

BISA Dikatakan bahwa laksa masih menjadi salah satu masakan Indonesia yang paling populer diremehkan. Berbeda dengan sate, soto, atau sop yang mudah ditemukan di mana saja, baik yang kelas jalanan maupun yang berbintang lima. Namun, di beberapa daerah, laksa sangat populer dan menjadi kuliner khas. Antara lain di Tangerang dan Bogor.

Laksa berasal dari perpaduan budaya Melayu dan Cina yang dipadukan dengan rempah-rempah dari Indonesia. Bahan dasar laksa adalah mie yang merupakan makanan khas Negeri Tirai Bambu.

Banyak yang mulai memodifikasi Laksa, begitu banyak versi yang dibuat. Nama itu tergantung dari kota mana laksa itu muncul. Mulai dari Laksa Penang, Laksa Singapore, Laksa Bogor, Laksa Betawi dan yang sangat spesial adalah Laksa Tangerang.

Bahan untuk laksa tangerang adalah mie tepung beras putih yang telah direbus, lalu ditaburi daun seledri lalu dilumuri kuah kuning kental. Bagi warga Tangerang yang merupakan penggemar laksa pasti sudah tahu bahwa ciri-ciri tersebut merupakan ciri khas kebanggaan kotanya laksa.

Baca juga:

Laksa, hidangan Peranakan Sino-Melayu yang ikonik di Tangerang

Laksa khas kota Tangerang. (Foto: Kota Tangerang)

Laksa Tangerang bisa lebih nikmat jika ditambah variasinya topping makanan bergizi seperti opor, ayam, telur rebus atau tahu. Pengaruh budaya peranakan Tionghoa dapat dirasakan di Laksa Tangerang. Menggunakan ebi untuk taburan, misalnya, membuat rasanya lebih pedas dan sedikit manis.

Beberapa orang mengatakan bahwa ciri khas lain dari Laksa Tangerang terletak pada kelapa yang disangrai, diparut, dan kacang hijau yang sedikit mengentalkan rasa manisnya. Bagi Anda yang menyukai perpaduan rasa manis dan gurih, mungkin cocok untuk mencoba Laksa Tangerang.

Laksa Tangerang sendiri sangat populer dan disukai oleh warga kota Tangerang. Karena kepopulerannya, makanan tersebut menjadi masakan khas ibu kota dan mendapat perhatian khusus dari pemerintah setempat. Maka dibangunlah Wisata Kuliner Laksa Tangerang yang berlokasi di Jalan Mohamad Yamin Kota Tangerang.

Baca juga:

Ayo makan siang hari ini

Hidangan laksa tangerang yang lezat dan mulia oleh Babah Ramu. (Foto: Merahputih.com/Andreas Pranatalta)

Berbeda dengan Laksa Tangerang, Laksa Bogor memiliki beberapa ciri khas yang tak kalah ikoniknya. Dimulai dengan kuah kental yang bersumber dari potongan Oncom, ditemani dengan campuran ketupat, bihun, taoge, suwiran ayam, udang dan telur rebus. Biasanya lebih nikmat jika disantap dengan saus cuka.

Beberapa versi laksa bogor juga ditambah dengan campuran kol, tauge dan daun bawang. Tak sedikit yang lebih suka dan juga terbiasa makan laksa bogor dengan sambal terasi. Perbedaan visual antara laksa bogor dan laksa tangerang adalah kuah dari laksa bogor berwarna jingga keemasan.

Soal mana yang lebih enak, Laksa Tangerang atau Bogor, dibiarkan setiap lidah. Setiap orang memiliki preferensi mereka sendiri. Makan dua versi laksa ini akan menambah pengalaman selera Anda.

Anda bisa memulainya dengan mencoba tangerang laksa dengan rasa yang benar-benar otentik dan sedikit gaya, atau naik level, Anda bisa datang langsung dan mencicipi tangerang laksa yang terletak di Babah Ramu, Hotel Episode Gading Serpong. Harganya cukup terjangkau. Dari Rp 60.000 kamu bisa mendapatkan sesuatu untuk dimakan. (Omongan)

Baca juga:

Benar-benar membuat ketagihan Mi Laksa Babah Ramu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button