Harga skrap tembaga per kilogram 2024 - WisataHits
Informasi

Harga skrap tembaga per kilogram 2024

Bukan hanya botol bekas atau kardus saja yang bisa dijual kembali di toko barang rongsokan. Anda juga bisa menjual tembaga bekas dari kabel bekas, pipa, barang elektronik rusak, atau lainnya di toko barang bekas.

Jual beli kabel tembaga bekas marak terjadi karena banyak manfaat yang bisa diperoleh dari tembaga bekas, seperti didaur ulang untuk diambil kandungan tembaganya atau diolah menjadi kerajinan tangan.

Sebelum Anda menjual tembaga bekas, sebaiknya cari tahu dulu harga tembaga di toko barang bekas.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis tembaga bekas, karena harga tembaga bekas bervariasi tergantung jenisnya.

Berapa harga tembaga per kilonya? Artikel ini memberikan informasi mengenai jenis dan harga tembaga scrap per kg tahun 2024. Selamat menyimak!

Jenis tembaga bekas yang bisa dijual

Apakah semua jenis potongan tembaga bisa dijual kembali? Bisa saja, namun Anda perlu mengetahui jenisnya terlebih dahulu agar bisa mendapatkan keuntungan yang pas saat menjual kabel tembaga bekas. Di bawah ini Anda akan menemukan jenis-jenis tembaga bekas yang bisa Anda jual kembali.

1. Tembaga yang bagus

Tembaga super merupakan salah satu jenis tembaga dengan tingkat kemurnian yang sangat tinggi. Tembaga jenis ini banyak digunakan untuk keperluan konduktor listrik tegangan tinggi karena sifat konduktivitas listrik dan termalnya yang luar biasa.

Ciri-ciri dari tembaga super ini adalah ukurannya yang kecil sebesar ujung gagang sapu dan memiliki warna yang mengkilat. Dari segi harga sendiri, harga tembaga super utilitas jenis ini cukup tinggi. Lebih mahal dibandingkan jenis tembaga lainnya.

2. Kabel tembaga

Salah satu jenis tembaga yang paling umum dan umum adalah kawat tembaga. Kawat tembaga bisa berasal dari kabel listrik yang rusak. Harga per kilonya juga bervariasi tergantung ketebalan, kualitas dan kemurniannya.

3. pipa tembaga

Jenis pipa selanjutnya yang bisa Anda jual kembali adalah pipa tembaga. Biasanya tipe ini digunakan untuk sistem operasi perpipaan dan HVAC. Pipa tembaga dapat ditemukan di bangunan-bangunan kosong atau terbengkalai.

Baca Juga: Tabel Pinjaman Emas untuk Pegadaian

4. Tembaga biasa

Tembaga biasa terdapat pada dinamo penggerak, trafo dan generator dan belum diproses atau dilapisi dengan bahan lain. Harga per kilo tembaga bekas untuk jenis ini jauh lebih murah dibandingkan jenis tembaga lainnya.

5. Radiator tembaga

Salah satu jenis tembaga bekas yang mempunyai harga jual tinggi adalah radiator tembaga. Tembaga jenis ini banyak ditemukan pada sistem HVAC di mobil.

Kandungan tembaga pada radiator ini dapat didaur ulang dan merupakan sumber tembaga bekas yang sangat berharga.

Jika Anda memiliki radiator bekas jangan dibuang karena harganya mahal dan banyak peminatnya.

6. pelat tembaga

Atap talang, atap rumah, atap tua atau atap lainnya yang menggunakan bahan tembaga dapat dijual kembali dalam bentuk bekas. Karena bentuknya yang seperti lembaran, maka jenis ini disebut lembaran tembaga.

7. Pembubutan tembaga

Selain radiator tembaga super dan tembaga, ada juga serutan tembaga yang mempunyai nilai jual kembali tinggi.

Pembubutan tembaga melibatkan potongan-potongan kecil potongan tembaga yang tersisa dari proses pemesinan dan pembuatan. Bagian tembaga ini dapat didaur ulang melalui peleburan.

tanggal 8. Transformator tembaga

Trafo tembaga adalah jenis tembaga yang dapat menjadi sumber potongan tembaga yang berharga.

Trafo tembaga ini dapat Anda gunakan di berbagai perangkat seperti pembangkit listrik, sistem transmisi, distribusi tenaga listrik, peralatan listrik industri dan komersial. Tembaga jenis ini biasanya berbentuk gulungan atau coil.

9. Tembaga telanjang

Jenis tembaga yang dapat dijual kembali adalah tembaga telanjang atau kawat tembaga telanjang yang tidak dilapisi dengan bahan lain seperti kawat pelindung timah, nikel, perak atau anyaman yang biasa digunakan untuk sistem grounding listrik.

10. Tembaga yang terbakar

Tembaga yang terbakar adalah tembaga yang dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi hingga mencapai titik oksidasi atau dekomposisi termal.

Tembaga yang terbakar bereaksi dengan oksigen di udara dan menyebabkan oksidasi tembaga, yang dapat menyebabkan tembaga menjadi hitam.

Itulah beberapa jenis tembaga yang bisa Anda jual kembali dengan harga jual yang berbeda-beda.

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Emas Menggunakan Kalkulator

Tabel harga tembaga bekas per kilogram

potongan tembaga

Berapa harga pipa tembaga AC bekas per kg? Berapa harga tembaga bekas di toko barang bekas? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, harga potongan tembaga bervariasi tergantung kelasnya. Di bawah ini adalah perkiraan harga scrap tembaga yang bisa Anda tentukan.

Kolektor biasanya menerima tembaga yang belum dikupas dan dikupas. Artinya tembaga telah terkelupas dari jaket kabel.

Harga yang ditetapkan menunjukkan perbedaan yang signifikan. Harga tembaga yang dikupas jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga tembaga yang tidak dikupas.

Menurut beberapa situs online, harga tembaga telanjang akan mencapai Rp 105.000 hingga 120.000 per kilogram pada tahun 2024.

Harga tembaga yang belum dikupas kini berkisar antara Rp 40.000 hingga 65.000 per kilogram.

Harga tembaga kupas per kilogram

Harga tembaga bekas dapat berubah sewaktu-waktu. Perubahan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti: Pengiriman, tuntutandan kondisi pasar.

Tahun Harga tembaga kupas
2020 Rp81.000 – Rp85.000 per kg
2021 Rp 105.000 – Rp 120.000 per kg
2022 Rp 110.000 – Rp 115.000 per kg
2023 Rp 110.000 – Rp 125.000 per kg
2024 Rp 105.000 – Rp 120.000 per kg
Jenis tembaga Sifat karakteristik Harga potongan tembaga
Tembaga super (TS) Serat sapu 108.000 – 123.000 Rp/kg
Tembaga telanjang (BC) Pria berkulit hitam yang terganggu 103.000 – 119.000 Rp/kg
Tembaga biasa (TB) serat rambut 93.000 – 108.000 Rp/kg
Tembaga yang terbakar Hitam kotor 84.000 – 93.000 Rp/kg
Kabel tembaga kabel 11.000 – 802.000 Rp/kg
pipa tembaga Pipa 38.000 – 1.001.000 Rp/kg
Radiator tembaga lebih keren 501.000 – Rp 1.001.000/kg
pelat tembaga Lembaran 176.000 – 2.601.000 Rp/kg
Pembubutan tembaga Potongan-potongan kecil yang didaur ulang 108.000 – 123.000 Rp/kg
Transformator tembaga gulungan 501.000 – Rp 1.001.000/kg

Demikian perkiraan harga skrap tembaga per kilogram pada tahun 2024. Perlu diketahui, harga skrap tembaga bisa berbeda-beda, meski kualitasnya sama.

Mengapa? Sebab, harga tempat pembuangan sampah juga dipengaruhi oleh kualitas, ketebalan, dan kemurnian tembaganya.

Nah itulah beberapa informasi mengenai harga tembaga bekas disesuaikan dengan jenis dan kondisinya. Semoga bermanfaat!

Source: https://tipkerja.com/harga-tembaga-bekas/

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button