Berikut 4 Tempat Wisata Istimewa di Likupang yang Wajib Anda Kunjungi - WisataHits
Jawa Barat

Berikut 4 Tempat Wisata Istimewa di Likupang yang Wajib Anda Kunjungi

Matamaja.com//Jakarta – Destinasi wisata yang cocok bisa dipilih sebagai destinasi liburan di Sulawesi Utara. Selain Bunaken, Manado atau Tomohon yang sudah populer, Sulawesi Utara juga memiliki Likupang di Kabupaten Minahasa Utara yang tak kalah indahnya sehingga sering disebut sebagai surga tersembunyi.

Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif telah menetapkan Likupang sebagai Destinasi Super Prioritas (DSP) sejak 2019. Ini menempatkan Likupang sejajar dengan Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

“Likupang memiliki keunggulan geoekonomi dan sangat mudah diakses oleh wisatawan. Potensi, keunikan dan daya tarik wisata yang luar biasa membuat Likupang mampu mencuri perhatian. Selain pesona pesisirnya, Likupang menyimpan keindahan pemandangan bawah laut dengan keanekaragaman biota dan terumbu karangnya,” kata Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno, dikutip cnnindonesia.com, Kamis (20/10/22).

Hal ini membuat Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Likupang cocok sebagai resor liburan dan wisata budaya. Industri kreatifnya juga keren, sangat ikonik dan memiliki kearifan lokal yang luar biasa. Jika Anda mencari destinasi wisata untuk liburan akhir tahun, Likupang layak menjadi pilihan.

Ada banyak tempat menarik untuk dijelajahi, seperti berikut ini.

1. Bukit Pulisan
Bukit Pulisan sangat cocok untuk para pemburu matahari terbenam atau penggemar sabana. Puncak Bukit Pulisan menawarkan pemandangan laut yang indah, karena destinasi ini berada di ketinggian Pantai Pulisan dan dihiasi dengan padang rumput yang hijau.

2. Bahoi – Desa Ekowisata
Kampung Ekowisata Bahoi di Likupang Barat akan memenuhi keinginan Anda akan pengalaman wisata yang peduli lingkungan. Pasalnya, desa ini dikelola oleh warga yang memiliki kesadaran tinggi terhadap kelestarian lingkungan.

Tak hanya wisata ramah lingkungan, pengunjung yang singgah di Desa Bahoi bisa menikmati pesona laut sambil snorkeling atau diving, dan juga berfoto di pinggir pantai. Pengunjung juga dihibur oleh masyarakat setempat yang masih mempraktekkan budaya tradisional Sangihe, seperti tarian Gunde yang dibawakan oleh belasan wanita sebagai simbol penyambutan tamu, suara alat musik tradisional Bia, dan penampilan lagu Mama -gitar. lengkap dengan penanaman mangrove di kawasan mangrove Bahoi.

3. Pulau Lihaga
Pulau Lihaga menjadi jawaban bagi wisatawan yang ingin menikmati surga bawah laut Likupang. Meski luasnya hanya sekitar 8 hektar, Pulau Lihaga merupakan “permata” sekaligus inti dari Likupang. Pulau ini terletak di tengah Samudra Sulawesi, dengan pasir putih yang halus dan keindahan ekosistem laut yang dapat diamati saat snorkeling atau menyelam.

4. Pantai Paal
Nama Pantai Paal terkait erat dengan cerita rakyat lokal Mamanua dan Lumalundung. Legenda yang diturunkan secara turun temurun oleh suku Minahasa ini menceritakan tentang Mamanua yang jatuh cinta pada Lumalundung namun harus berpisah sebelum akhirnya bertemu kembali di pantai dan mereka hidup bahagia di surga bersama putri mereka Walangsendau.

Konon pantai tempat bertemunya Mamanua, Lumalundung dan Walangsendau adalah Pantai Paal. Pantai Paal sering disebut sebagai pantai terindah di Likupang, jadi kamu wajib mengunjunginya bersama pacar. Daya tarik utama Pantai Paal terletak pada hamparan pantai berpasir putih lembut dengan garis pantai 1,5 km. Dihiasi dengan air laut dalam gradasi tiga warna yaitu pirus, biru muda dan biru tua, sebening kristal, keindahan Pantai Paal tak tertandingi, terutama saat matahari terbit atau terbenam.

Jika kita mengunjungi empat destinasi wisata di atas selama liburan di Likupang, kita akan merasakan keindahan alam bumi Minahasa Utara itu sendiri yang sulit untuk dilupakan.

Sebelum berkunjung ke Likupang, pastikan sudah mendapat booster shot dan tetap patuhi protokol kesehatan, mulai dari penggunaan masker yang benar, cuci tangan pakai sabun, dan social distancing agar aktivitas wisata tetap aman dan nyaman.

(@aher/TBNews)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button