Berasal dari China, berikut kisah penemuan saus tiram - WisataHits
Jawa Timur

Berasal dari China, berikut kisah penemuan saus tiram

Berasal dari China, berikut kisah penemuan saus tiram

TEMPO.CO, jakarta – Saus tiram adalah saus hitam kental dari masakan Cina yang terbuat dari bahan tiram dan memiliki rasa gurih dan asin. Saus tiram berkualitas tinggi terbuat dari tiram yang dimasak tanpa tambahan garam hingga mengental. monosodium glutamat, dan tanpa bahan pengawet.

asal

Menurut halaman Gkoki Inggris asli, Pada tahun 1888, Lee Kum Kee sibuk menjalankan kios konsesinya di Nanshui, Provinsi Guangdong. Seperti biasa, dia meletakkan sepanci besar sup tiram di atas kompor dan membiarkannya mendidih, siap disajikan kepada pelanggannya.

Hari itu dia lupa mematikan kompor tempat memasak sup tiram. Saat hendak mematikan kompor, kuah tiram masih mendidih di atas kompor dan sudah berubah menjadi pasta kental berwarna cokelat.

Lee Kum Kee bisa saja membuang sup tiram yang kental, tapi dia malah mencicipinya. Rasanya enak meskipun sup tiramnya dikaramelisasi. Saus yang terbuat dari cairan masakan digunakan oleh Lee Kum Kee untuk membuat tiram kering yang dikentalkan dengan gula dan bahan lainnya.

Lee memutuskan untuk menjualnya kepada pelanggannya sebagai bumbu nasi. Menu itu terjual habis. Dia segera memutuskan untuk menjual bumbu tiram yang baru ditemukannya ke seluruh pelosok China.

Pabrik saus Lee Kum Kee di desa Nam Shui terbakar pada tahun 1902, sehingga pabrik dan pusat penjualan saus tiram dipindahkan ke Macao, yang menjadi cikal bakal perusahaan Lee Kum Kee. Pada tahun 1932, perusahaan Lee mendirikan perusahaan lain di Hong Kong. Merek Lee Kum Kee semakin terkenal di seluruh dunia hingga saat ini.

Gunakan dalam memasak

halaman peluncuran p2k.unkris.ac.id, Saus tiram memiliki rasa asin yang cukup kuat sehingga masakan yang dibuat dengan saus tiram biasanya tidak perlu ditambahkan garam atau kecap.

Saus tiram biasanya digunakan sebagai penyedap masakan tumis sayuran seperti cap cai dan tumis kailan. Saus tiram juga bisa digunakan sebagai penyedap mie goreng atau nasi goreng.

Novita Andrian

Baca juga: Tumis asparagus dalam saus tiram, resep cepat menggugah selera

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button