Kunjungi Padang Savana Pandanwangi Lumajang, Nikmati Kopi Sunset - PANTURA7.com - WisataHits
Jawa Timur

Kunjungi Padang Savana Pandanwangi Lumajang, Nikmati Kopi Sunset – PANTURA7.com

Kunjungi Padang Savana Pandanwangi Lumajang, Nikmati Kopi Sunset – PANTURA7.com

Lumajang,- Pesisir selatan Kabupaten Lumajang menyuguhkan sunset yang unik dan indah. Dengan hiasan pohon bakau menghasilkan foto siluet yang oke.

Padang Savana Pandanwangi Lumajang belakangan ini viral di media sosial. Pemandangan yang luar biasa bisa membuat tempat ini menjadi buruan baru warga untuk berwisata melepas penat.

Lokasinya yang cukup mudah dijangkau dengan kendaraan membuat savana ini menjadi tempat yang layak untuk dilihat.

Berada di Desa Pandawangi Kecamatan Tempeh, pesona Padang Savana bukanlah buatan manusia melainkan ilalang alami. Musim hujan tahun ini memungkinkan gulma tumbuh subur di sekitar lokasi.

Nah, penikmat senja khususnya di Kabupaten Lumajang pasti tahu tempat yang satu ini. Ya benar Padang Savana Pandanwangi.

Saat ini banyak anak muda yang melepas penat di sore hari. Pasalnya, di kawasan ini Anda bisa melihat waktu matahari terbenam atau yang biasa disebut dengan senja.

Padang Savana sendiri merupakan kawasan dengan panorama yang indah. Tak hanya menjadi tempat penikmat senja, tapi juga pemandangan laut atau hamparan rumput yang luasnya ratusan hektar.

Ramainya pengunjung Padang Savana Pandanwangi rupanya dibaca sebagian kalangan sebagai peluang ekonomi. Salah satunya, Ikal, penjual kopi yang setiap hari menyeduh kopi untuk pengunjung.

Ikal mengaku baru berjualan kopi di sana selama 4 bulan. Pasalnya, pascapandemi Covid-19, aktivitas di Padang Savana kembali semarak. Kesempatan ini menginspirasinya untuk mencoba peruntungan membuka ‘kopian’ di motor tembaga andalannya di pantai selatan.

“Saya baru berusia empat bulan, jadi beberapa sudah datang. Tapi pasti penuh di akhir pekan, Sabtu dan kadang Jumat sore penuh,” jelasnya, Minggu (15/1/2023).

Ikal mengatakan pelanggannya tidak hanya dari Lumajang, tapi juga dari daerah tetangga seperti Jember dan Probolinggo. Bahkan di akhir pekan ada rombongan dari Malang dan Surabaya.

“Yang datang dari Jember juga banyak, kebanyakan anak muda, menikmati sunset,” imbuhnya.

Selain Ikal, ada juga beberapa penjual cilok dan minuman lain seperti nasi tebu dan aneka minuman dingin.

Ikal berharap Padang Savana yang ramai juga didukung oleh pemerintah setempat, misalnya menyediakan tempat sampah dan fasilitas pendukung lainnya.

“Menurut saya, Padang Savana merupakan potensi wisata yang sudah ada, tinggal dilestarikan dan dilindungi saja,” ujarnya.

Penerbit : Muhammad S

Penerbit : Zainullah FT

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button