Belajar Demokrasi, Siswa SMPN 5 Klaten Pilih Ketua OSIS Gaya Pilkada - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Belajar Demokrasi, Siswa SMPN 5 Klaten Pilih Ketua OSIS Gaya Pilkada – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Siswa SMPN 5 Klaten mengikuti pemilihan ketua OSIS seperti pemilihan umum (pemilu) di sekolah setempat pada Sabtu (17/9/2022). (Khusus / SMPN 5 Klaten)

Solopos.com, Klaten — SMPN 5 Klaten menggelar Pemilihan Ketua OSIS di sekolah setempat, Sabtu (17/9/2022). Prosedur pemilihan dilakukan seperti pemilihan umum.

Dari hasil seleksi yang diikuti sekitar 24 peserta, ada enam calon ketua OSIS. Para pemilih tersebut tak lain adalah 768 siswa lokal dan 50 guru.

Promo Dukung BUMN Binaan UMKM Go Online, Tokopedia Registrasi 2.000 NIB

Rangkaian seleksi diawali dengan proses voting yang diselenggarakan oleh Dewan Mahasiswa Komisi Pemilihan Umum (KPO). Semua tahapan dilakukan seperti pemilu.

Siswa yang hadir melakukan absensi kemudian menerima kartu suara. Mereka kemudian memilih sesuai pilihannya masing-masing, akhirnya mencelupkan kelingkingnya ke dalam tinta sebagai tanda bahwa mereka telah memilih.

Ketua SMPN 5 Klaten Gumawang Setiyanto mengatakan, pemilihan ketua OSIS periode 2022/2023 dilakukan tepat setelah pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut berlangsung sebagai bagian dari pelaksanaan proyek peningkatan profil siswa Pancasila dengan topik suara demokratisSAYA.

Baca Juga: Begini Nasib 75 Peserta Yang Absen di Hari Pertama Seleksi Tata Desa Klaten

Keenam calon presiden OSIS itu adalah Aulia Pusporani, Anggi Suci Ramadhani, Indra Aji Nugroho, Ratih Maulida Nur F, Amelia Nurul Khotimah, dan Alia Khoirutunisa.

Tahapan pemilihan Ketua OSIS dimulai dengan pencalonan calon sejak Jumat (9/2/2022). Selain itu, seleksi bakal calon akan dilakukan pada Rabu (14 September 2022). Setelah itu, visi dan misi disampaikan sebelum pemungutan suara berlangsung.

“Pada Jumat (16 September 2022) para calon menyampaikan visi dan misinya kepada siswa dan guru. Masing-masing kandidat secara bergantian menyampaikan visi dan misinya. Hal ini dimaksudkan agar para mahasiswa lebih mengenal calon-calon yang ada sehingga dapat memantapkan diri dalam pemilu besok,” kata Gumawang berdasarkan pesan yang diterima. Solopos.comSabtu.

Baca Juga: Bawaslu Klaten Butuh 78 Anggota Panwascam, Catat Rencana Rekrutmen

Dari hasil voting, Aulia dari Kelas VIII F meraih suara terbanyak dengan 280 suara. Aulia terpilih menjadi ketua OSIS SMPN 5 Klaten periode 2022/2023. Calon ketua umum OSIS, Aulia, tidak menyangka akan terpilih dengan suara terbanyak dalam pemilu tersebut.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua senior dan junior yang memilih. Saya berharap pada periode 2022-2023 saya bisa menjadi Ketua OSIS yang baik dan mewujudkan visi dan misi,” kata Aulia.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button