Enam pantai di Yogyakarta menjadi sasaran kampanye bersih sampah plastik - WisataHits
Yogyakarta

Enam pantai di Yogyakarta menjadi sasaran kampanye bersih sampah plastik

TEMPO.CO, Yogyakarta – Tak kurang dari enam pantai di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, ditetapkan sebagai area aksi bersih sampah plastik November ini. Enam tempat wisata pantai tersebut antara lain Pantai Pelangi, Pantai Baros, Pantai Samas, Pantai Goa Cemara, Pantai Baru dan Pantai Pandansimo.

Kampanye pembersihan sampah plastik ini dimulai pada Sabtu 19 November 2022 dan merupakan bagian dari kampanye “Gita Laut” di DI Yogyakarta yang melibatkan 1.000 relawan. “Gerakan ini bertujuan untuk mengurangi sampah plastik yang masuk ke laut hingga 70 persen pada tahun 2025,” kata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Senin, 21 November 2022.

Kawasan pesisir selatan Yogyakarta menjadi primadona yang paling banyak menyerap kunjungan wisatawan lokal dari berbagai daerah setiap tahunnya. Kawasan pesisir dan laut tidak hanya harus ditempatkan sebagai tujuan wisata, tetapi juga harus lestari sesuai dengan budaya lokal yang hidup di masyarakat Yogyakarta.

Kata Sultan dalam konsep pengelolaan air, filosofi Mamasuh Malaning Bumi sangat relevan untuk diterapkan dalam perlindungan ekosistem laut dan pesisir. Filosofi ini merupakan sikap proaktif untuk menjaga keharmonisan berdasarkan interaksi antar unsur-unsur yang ada di bumi.

“Bukankah sudah menjadi kewajiban rakyat untuk menjaga bumi agar menjadi tempat yang layak untuk ditinggali?” kata sultan.

Dalam konteks ini, menurut Sultan, perlindungan wilayah pesisir dan laut sangatlah penting Mandaya Ajining Samudra, yIni adalah upaya manusia untuk memanfaatkan potensi laut sekaligus melestarikan sumber dayanya.

Bayu Mukti Sasongko, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DI Yogyakarta, mengatakan pelestarian kawasan pesisir selatan harus membawa manfaat besar bagi warga. Tidak hanya sektor pariwisata, tapi juga perikanan.

“Konservasi laut memungkinkan masyarakat memanfaatkan sumber daya kelautan dan perikanan secara berkelanjutan,” kata Bayu.

Dalam kampanye gerakan pantai bersih ini juga digelar pameran perahu nelayan yang diikuti 30 nelayan di Pantai Baru dengan 10 perahu motor tempel, penyerahan prasasti tugu perlindungan penyu sebagai penanda perlindungan penyu di Pantai Pelangi, dan penyediaan sarana penangkapan ikan. untuk nelayan.

Baca juga: 15 pantai indah di Bali yang hits dan wajib dikunjungi saat liburan

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button