Belajar alam yang seru di Museum Sejarah Alam Nasional Bogor - WisataHits
Jawa Barat

Belajar alam yang seru di Museum Sejarah Alam Nasional Bogor

Museum Nasional Sejarah Indonesia menghadirkan wisata edukasi yang menarik dan interaktif tentang sejarah dan keanekaragaman hayati di Indonesia. (Dok.Wanara)

Kota Bogor merupakan kota dengan berbagai destinasi wisata. Tak heran jika kota ini menjadi tujuan banyak wisatawan. Bogor terkenal tidak hanya dengan masakannya tetapi juga dengan berbagai destinasi wisata alamnya. Berbicara tentang alam, ada satu museum yang mengajarkan tentang tumbuhan di Indonesia, yaitu Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia.

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Potret kerangka ikan paus di Museum Nasional Sejarah Indonesia, wisata edukasi sejarah dan kekayaan alam di Bogor

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia yang biasa disingkat “MUNASAIN”, adalah museum yang memamerkan keanekaragaman flora dan fauna Indonesia. Museum ini merupakan evolusi dari Museum Etnobotani Indonesia yang didirikan oleh mantan Direktur LIPI, Prof.DR.Sarwono Prawiroatmodjo dan diresmikan pada tanggal 18 Mei 1982 oleh Menteri Riset dan Teknologi Prof.DR.Ing.BJHabibie selama masa jabatannya. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia memberikan edukasi terkait etnobotani, biogeografi, taksonomi dan geologi dari koleksi flora dan fauna yang ada di museum ini.

Potret Raflesia arnoldii di Museum Nasional Sejarah Indonesia, wisata edukasi sejarah dan kekayaan alam di Bogor

Anda pasti sudah sering mendengar tentang bunga Rafflesia arnoldii Ke kanan?

Nah, Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia memberikan informasi lengkap tentang jenis tumbuhan langka di Indonesia serta ratusan rempah-rempah yang ada di Indonesia seperti kencur, kunyit, jahe dan masih banyak lagi. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia juga membahas keragaman Indonesia dari Sabang sampai Merauke, seperti mainan anak-anak, alat musik, pakaian adat dan lain-lain.

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia terdiri dari dua lantai. Lantai pertama berisi awal pengembangan penelitian biologi, kekayaan alam Indonesia dan orang-orang yang berkontribusi dalam pengarsipan kekayaan alam Indonesia di Indonesia. Kemudian lantai dua menampilkan informasi tentang kearifan lokal masyarakat Indonesia dan dari waktu ke waktu pengetahuan tentang pemanfaatan keanekaragaman hayati.

Potret Pojok Interaktif di Museum Nasional Sejarah Indonesia, wisata edukasi tentang sejarah dan kekayaan alam di Bogor

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia juga dikemas dengan visual yang interaktif dan modern sehingga pengunjung tidak bosan berlama-lama di museum. Seperti namanya, Museum Sejarah Alam Indonesia, museum ini juga menampilkan hewan asli yang telah mengeras dan diawetkan seperti harimau sumatera, kura-kura, tupai dan macan tutul pohon.

Museum ini tidak hanya berkaitan dengan flora dan fauna yang ada di Indonesia, tetapi juga menyajikan hal-hal yang sangat dekat dengan masyarakat Indonesia, seperti taman bermain anak-anak. Kawasan ini menyuguhkan permainan masa lalu saat kita masih kecil, kawasan ini memberikan kesan nostalgia bagi pengunjung lokal. Selain itu, yang menarik dari museum ini juga memperlihatkan suasana Bogor dari masa ke masa. Kerajinan tangan Indonesia juga dapat ditemukan di museum ini, seperti tikar, keranjang, tutup kepala dan masih banyak lagi.

Fasilitas Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Potret sudut yang interaktif dan informatif di Museum Nasional Sejarah Indonesia, wisata edukasi sejarah dan kekayaan alam di Bogor

Saat berkunjung ke Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia, Anda tidak perlu khawatir tersesat, karena di setiap sudut museum dan di pintu masuk Anda selalu dapat menemukan informasi tentang tata letak dan ruangan yang tersedia. Untuk fasilitas umum, Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia dilengkapi dengan perpustakaan, ruang multimedia, rest area, toilet, mushola, dan tempat parkir yang luas.

Potret sudut interaktif dan estetis di Museum Nasional Sejarah Indonesia, sebuah perjalanan edukasi melalui sejarah dan kekayaan alam di Bogor

Spot foto di museum ini juga bisa ditemukan di hampir setiap sudut museum karena desain museum ini modern dan estetis. Museum ini telah dikemas semenarik mungkin untuk membuat pengunjung nyaman sehingga mengunjungi museum ini tidak memberikan kesan kuno ketika memikirkan museum.

Tiket masuk dan jam buka Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Potret depan Museum Nasional Sejarah Indonesia, wisata edukasi sejarah dan kekayaan alam di Bogor

Jika Anda berkunjung ke Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia, Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang. Harga terjangkau dengan edukasi menarik yang ditawarkan museum ini. Pengunjung yang membawa kendaraan hanya perlu membayar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Museum ini terletak di Jl. orang Irlandia H. Juanda 22 – 24, Pusat Penelitian Biologi – LIPI, Paledang, Kabupaten Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat dan buka setiap hari mulai pukul 08:00 – 16:00 WIB.

Dan bagi Anda yang ingin mempelajari sejarah alam Indonesia secara langsung, tempat ini sangat cocok untuk mendapatkan berbagai edukasi tanpa harus membaca buku. Ayo kunjungi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia!

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button