Jawa Barat fokus menggarap desa wisata untuk menarik wisatawan mancanegara - WisataHits
Jawa Barat

Jawa Barat fokus menggarap desa wisata untuk menarik wisatawan mancanegara

Jawa Barat fokus menggarap desa wisata untuk menarik wisatawan mancanegara

KOMPAS.com – Jawa Barat akan bekerja lebih serius pada tahun 2023 untuk menggarap potensi desa wisata.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat mengumumkan desa wisata mampu meningkatkan daya tarik Jabar sekaligus berpotensi menarik wisatawan mancanegara.

Baca Juga: 5 Desa Wisata di Wilayah Jakarta untuk Liburan Nataru

Sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat sekitar.

“Ini sedang kita bahas, apalagi sudah keluar perda desa wisata. Jadi ini (desa wisata) yang ada di Jabar sedang kita perkuat,” kata Kepala Disparbud Jabar Benny Bachtiar di Bandung, Rabu (4/1/2023), seperti dikutip Tribun Jabar.

Baca Juga: 7 Desa Wisata di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Panjang

Nantinya, Disparbud Jabar juga akan meminta masukan dari diaspora Indonesia, salah satunya di Australia, untuk membahas kebutuhan yang perlu dipenuhi wisatawan mancanegara.

Selama ini para diaspora kerap mengundang wisatawan mancanegara ke Indonesia, namun Jawa Barat jarang menjadi tujuan.

Dengan pengembangan desa wisata, kata Benny, diharapkan wisatawan mancanegara memiliki kesempatan destinasi di Indonesia, yakni berkunjung ke Jawa Barat.

“Mereka (diaspora) biasanya membawa turis ke Indonesia tapi tidak ke Jawa Barat karena Jawa Barat dianggap belum siap. Padahal yang didatangkan diaspora ini adalah turis berduit,” ujarnya

Baca Juga: Indahnya Desa Wisata Loha di NTT, 1,5 Jam dari Labuan Bajo

5 desa liburan terbaik di Top 50 ADWI

Ilustrasi Turis Ikut Kegiatan di Santirah River Tubing, Desa Wisata Selasari.Dermaga. Ilustrasi Jadesta Turis Ikut Kegiatan di Santirah River Tubing, Desa Wisata Selasari.

Tanpa modal, tujuan ini tidak akan tercapai. Misalnya pada tahun 2022, lima desa wisata di Jawa Barat akan masuk dalam daftar 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 (ADWI) oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.

Baca juga:

Kelima desa wisata tersebut adalah Desa Cisande, Kabupaten Sukabumi, Desa Gegesik Kulon, Kabupaten Cirebon, Desa Alam Endah, Kabupaten Bandung, Desa Selasari, Kabupaten Pangandaran dan Desa Saung Ciburial, Kabupaten Garut.

Insya’Allah Kami akan mengajak diaspora untuk membicarakan infrastruktur apa saja yang dibutuhkan atau menarik wisman ke Jabar,” ujarnya.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button