BBQ SDMM bukan hanya tentang bimbingan belajar | PWMU.CO - WisataHits
Yogyakarta

BBQ SDMM bukan hanya tentang bimbingan belajar | PWMU.CO

Rudi Purnawan menyuplai aksesoris barbeque di hall HRM, Jumat, 2 September 2022 (Achmad Nazarudin/PWMU.CO)

BBQ SDMM bukan hanya tentang bimbingan belajar; menutupi Muhammad Ilham YahyaKontributor PWMU.CO Gresik.

PWMU.CO – BBQ alias Bimbingan Belajar dan Qiyamullail di SD Muhammadiyah Manyar (SDMM), Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur bukan hanya tentang belajar.

Kegiatan khusus siswa kelas VI ini juga menjadi wadah penerapan kebiasaan islami siswa. Demikian disampaikan Koordinator Kemahasiswaan HRM Rudi Purnawan MPd.

“Dengan mengikuti kegiatan BBQ ini, kamu tidak hanya diajak belajar Kelas VI. Mereka semua akan diajari bersama lagi tentang penerapan adat Islam,” ujarnya saat memberikan pembekalan kepada 82 mahasiswa di aula HRM, Jumat (2 September 2022).

Malam itu usai melaksanakan shalat Isya, mereka diinformasikan oleh Rudi Purnawan. Materi meliputi kegiatan yang akan dilakukan selama satu tahun ke depan, termasuk rencana studi wisata ke Yogyakarta.

Beberapa siswa terlihat aktif saat menjawab soal matematika bersama Rudi Purnawan di Kelas IV Hidrosfer pada Jumat 2 September 2022. (Ahmad Nazarudin/PWMU.CO)

Panduan Matematika

Setelah pembekalan selesai, para peserta pergi ke kelasnya masing-masing. Para tutor sudah menunggu di sana. Kelas A berada di litosfer Kelas IV dengan Prima Ari Rosyida; Kelas B di Hidrosfer Kelas IV bersama Rudi Purnawan dan Kelas C di Kelas IV Atmosfer bersama Muhammad Ilham Yahya dan Athiq Amiliyah. Klasifikasi Anda didasarkan pada hasil mencoba apa yang telah dilakukan.

Materi pelajaran saat itu adalah matematika. Siswa diajak berdiskusi dantinjauan kembali ke soal-soal pretest yang diujikan beberapa waktu lalu. Mulai dari materi bilangan bulat, geometri dua dan tiga dimensi, pencarian KPK (kelipatan persekutuan terkecil) dan GPB (pembagi persekutuan terbesar), pecahan dan pemecahan masalah berupa soal cerita.

Beberapa siswa aktif juga berkesempatan secara bergiliran berbagi ide dan solusi matematika dengan temannya di depan kelas.

Prima Ari Rosyida, guru kelas B, mengatakan, “Beberapa siswa terlihat sangat aktif saat mengikuti kelas bimbingan belajar. Beberapa siswa juga menikmati kesempatan untuk mempresentasikan jawaban mereka di depan teman-teman mereka. Mungkin anak-anak harus diberi lebih banyak kesempatan dan hanya butuh bantuan,” katanya kepada PWMU.CO.

Hal senada juga disampaikan oleh Muhammad Ilham Yahya selaku guru Kelas C. Beberapa siswa juga terlihat sangat aktif dalam menjawab dan menyampaikan ide jawabannya di Kelas C. Salah satunya adalah Kenzo Muhammad Yardan Farras dari Kelas VI Siti Hayyinah.

Ria Pusvita Sari berbagi materi motivasi korelasi ibadah dan prestasi belajar siswa di Kelas V Ibnu Sina, Jumat, 2 September 2022. BBQ SDMM Bukan Sekedar Bimbingan (Achmad Nazarudin/PWMU.CO)

Hubungan Ibadah dan Prestasi

Setelah bimbingan belajar berakhir pada pukul 9 malam, seluruh siswa pindah ke Kelas VI Ibnu Sina untuk mengikuti sesi motivasi yang dilakukan oleh Ketua HRM Ria Pusvita Sari MPd.

Ia menyampaikan materi tentang hubungan antara ibadah dan prestasi siswa. Sesi motivasi ini berlangsung sekitar 60 menit. Ustadzah Vita begitu akrab disapa memutarkan video tips sukses mengamalkan santri.

Berbeda dengan sesi pada sesi tutoring, sesi ini sangat sepi karena para siswa terlihat sangat khusyuk mendengarkan penjelasan dari fasilitator.

Ustazdah Vita juga menyampaikan tujuh amalan sunnah harian Nabi Muhammad. Yaitu sholat tahajud yang bisa dilakukan di rumah setiap hari. Gilawatil Al-Quran, bisa di rumah atau di sekolah. Melaksanakan salat berjamaah di masjid. Melaksanakan sholat dhuha, bersedekah, berwudhu dan selalu istigfar. Beberapa praktik Sunnah harian ini digunakan di sekolah-sekolah.

“Oleh karena itu, kegiatan barbeque (baca BBQ) ini tidak diadakan hanya untuk mengajar. Anda juga diajak sholat berjamaah di Aula Tahajud. Setelah itu, Anda juga diajak sholat Subuh berjamaah di Masjid At-Taqwa pada pagi hari. Sebelum pulang juga diajak murajaah dengan juz 30″, kata Ustadzah Vita.z

Ustadzah Vita menyatakan bahwa amalan sunnah sehari-hari yang dicontohkan Nabi di atas harus dapat dilakukan oleh mahasiswa HRM dengan niat beribadah kepada Allah SWT. “Ibadah adalah segala bentuk kegiatan baik yang dirancang untuk mengabdi kepada Allah SWT sebagai makhluk-Nya,” ujarnya.

Tentunya jika mahasiswa HRM selalu berusaha untuk meningkatkan ibadahnya, maka diharapkan hal ini akan mempengaruhi kinerja mahasiswa Kelas VI. “Baik prestasi akademik maupun non akademik,” ujarnya.

Malam itu adalah BBQ kedua. BBQ pertama berlangsung dari 5 hingga 6 Agustus 2022. Kegiatan ini sangat diharapkan oleh para siswa, seperti yang diungkapkan oleh siswa Kelas VI Siti Walidah, Fahmi Al Din Husain Putra Wardhani.

“Saya berharap bisa terjadi setiap dua minggu atau bahkan setiap minggu,” sarannya.

editor

Muhammad Nurfatoni

Source: pwmu.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button