Bupati Grobogan mengajak semua komponen untuk bahu-membahu dalam menghadapi bencana - Halo Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Bupati Grobogan mengajak semua komponen untuk bahu-membahu dalam menghadapi bencana – Halo Semarang

Halo Grobogan – Bupati Grobogan Sri Sumarni mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya para relawan penanggulangan bencana untuk meningkatkan sinergi dengan pemerintah dalam menghadapi segala potensi bencana di Kabupaten Grobogan.

Ajakan ini disampaikan Sri Sumarni pada acara Jambore Relawan Penanggulangan Bencana Kabupaten Grobogan Tahun 2022.

Acara yang baru-baru ini diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan di kawasan wisata desa Sumberjatihohon kabupaten Grobogan ini diikuti oleh 100 peserta.

“Saya berharap koordinasi dan kerjasama antara relawan dan pemerintah sebagai mitra dalam upaya pengurangan risiko bencana terus berlanjut. Mari terus bergotong royong menyikapi setiap peluang yang akan muncul dalam menghadapi penanggulangan bencana di Kabupaten Grobogan,” ujarnya seperti dirilis setda.grobogan.go.id.

Kegiatan ini, kata Bupati Sri Sumarni, merupakan bentuk persiapan menghadapi kemungkinan bencana.

Hal ini penting mengingat Kabupaten Grobogan secara geografis memiliki potensi bencana berganda seperti banjir, tanah longsor dan puting beliung, terutama pada musim hujan seperti sekarang ini.

Oleh karena itu, diharapkan kegiatan jambore ini dapat menjadi sarana peningkatan kemampuan kesiapsiagaan bencana.

“Sebagai bentuk persiapan dan antisipasi bencana yang akan datang, kami mengadakan Jambore Relawan Penanggulangan Bencana pagi ini di Kabupaten Grobogan tahun 2022. Jambore ini merupakan wadah silahturahmi, capacity building, wadah penyeimbang persepsi sesama relawan dan berbagi informasi tentang peran relawan dalam penanggulangan bencana, mulai sebelum, saat, dan pasca bencana,” ujarnya.

Pihaknya meminta BPBD dan jajarannya, Camat dan tokoh desa, bekerja sama dengan jajaran TNI dan Polri, serta tokoh masyarakat dan agama, untuk terus berjejaring dan mengedukasi masyarakat tentang potensi bencana alam.

Pelatihan ini juga berkaitan dengan penanganan dan antisipasi serta tanggap darurat bencana. Sehingga tidak hanya relawan yang paham bencana dan tangguh, tapi juga masyarakat.

Turut hadir dalam acara tersebut jajaran Forkopimda Kabupaten Grobogan, Staf Ahli Bupati Bidang Sosial, Kemasyarakatan dan SDM, Kepala dan Staf Pelaksana BPBD Kabupaten Grobogan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Grobogan, Direktur BKK Purwodadi, Kepala Dinas Camat Grobogan, Kepala Desa Jatitree dan tamu undangan lainnya. (HS-08)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button