Bank BPD DIY Dukung Pemberdayaan BUMKal di Gunungkidul - WisataHits
Yogyakarta

Bank BPD DIY Dukung Pemberdayaan BUMKal di Gunungkidul

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Gunungkidul (DPMKP2KB) mengadakan pelatihan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMKal) di Kapanewon Semin pada tanggal 20-21 September 2022.

Pelatihan ini bertujuan untuk mendorong BUMKal mencapai Pendapatan Asli Desa (PADes).

Pelatihan yang berlangsung di Balai Desa Candirejo ini dibuka oleh Ketua DPMKP2KB Gunungkidul Sujarwo.

Pada kesempatan ini disampaikan materi pelatihan tentang strategi pengembangan BUMKal untuk mencapai PAD, pengelolaan BUMKal, menarik dan mengembangkan potensi ekonomi lokal, serta peran BUMKal dalam pengembangan UKM, manajemen pariwisata dan fasilitasi investasi.

Bank BPD DIY Cabang Wonosari juga hadir mengundang BUMKal sebagai agen Bank BPD DIY.

Kepala Bank BPD DIY Cabang Wonosari Andryanto mengatakan: Bank BPD DIY Ag berguna untuk menghadirkan layanan perbankan dan layanan keuangan lainnya yang sederhana, mudah dipahami dan mendekatkan masyarakat yang belum terjangkau oleh layanan keuangan.

“Keberadaan Agen Bank BPD DIY dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan antar daerah,” kata Andryanto, Rabu (21/9/2022).

Dengan menjadi agen, dia yakin BUMKal bisa menghasilkan pendapatan dari setiap transaksi yang dilakukan. Fasilitas yang dapat dilayani oleh Agen Bank BPD DIY adalah Pembayaran PBB, PDAM, Tiket Kereta Api, Pajak Daerah, BPJS dan Telepon.

Untuk fasilitas lainnya yaitu pembukaan rekening tabungan, setor dan tarik tunai, serta kiriman uang, BUMKal dari Desa Candirejo, Nawachitra telah menjadi Bank Agen BPD DIY dan merasakan manfaatnya.

Menurut Dinar Kameswara, Kepala BUMKal Nawachitra, kemudahan akses pembayaran PBB oleh Agen Bank BPD DIY cukup membantu masyarakat sekitar untuk melakukan pembayaran PBB. Dengan dukungan pemerintah desa Candirejo, pembayaran PBB dilakukan di lima dusun melalui BUMKal Nawachitra.

“BUMKal Nawachitra tidak hanya membantu melayani masyarakat, tetapi juga mendapatkan penghasilan sebagai agen DIY untuk bank BPD,” ujarnya. (rls/pesanan)

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button