Cara mudah mengarang gratis dan contoh yang bisa jadi referensi - WisataHits
Jawa Barat

Cara mudah mengarang gratis dan contoh yang bisa jadi referensi

Cara mudah mengarang gratis dan contoh yang bisa jadi referensi

Surabaya

Menulis gratis itu sulit dan mudah. Hal ini dirasakan siswa ketika diberi tugas menulis bebas.

Secara umum, menulis bebas erat kaitannya dengan kemampuan menulis. Kemampuan untuk menuliskan apa yang tergambar dalam pikiran.

Mungkin mudah bagi banyak orang. Namun, banyak juga yang merasa kesulitan untuk menulis kata demi kata sedemikian rupa sehingga menghasilkan cerita yang enak dibaca atau sekedar dimengerti oleh pembaca.

Dalam publikasi naskah berjudul Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Bebas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Field Trip Siswa Kelas V SDN 2 Kayumas Jatinom Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013, menjelaskan apa itu esai gratis. Teks publikasi disusun oleh Sri Iriani dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pengarang Gratis:

1. Apa itu esai gratis?

Esai bebas adalah esai yang menuliskan apa saja yang terlintas di pikiran tanpa terikat aturan tertentu. Menulis bebas sama dengan prosa.

Penulisan bebas dan penulisan prosa perlu menggunakan tenses yang diciptakan agar terasa lebih enak. Namun Anda tidak perlu bekerja keras untuk menemukan kata atau huruf yang bunyinya sama di akhir kalimat.

Juga tidak perlu menghitung jumlah huruf, suku kata, dan kata yang digunakan untuk mengungkapkan gagasan atau bentuk prosa tertentu. Jadi lebih bebas. Ini berbeda dengan menulis puisi atau esai.

2. Jenis esai bebas

Prosa, yang merupakan esai gratis, terdiri dari lima jenis. Mulai dari prosa deskriptif, prosa naratif, prosa eksposisi, prosa argumentasi, dan prosa persuasi.

Prosa pameran

Prosa ekspositori adalah karangan bebas yang menjelaskan atau menerangkan gagasan pokok yang dapat memperjelas wawasan atau pengetahuan pembaca.

prosa keyakinan

Prosa persuasif adalah karangan bebas yang memberikan alasan dan bukti atau fakta serta mengajak pembaca untuk menerima dan mengikuti pendapat atau keinginan pengarang.

Prosa naratif

Prosa naratif adalah karangan bebas berupa rangkaian peristiwa yang terjadi dalam satuan waktu.

deskripsi biasa

Prosa deskriptif adalah esai bebas yang isinya menggambarkan subjek sedemikian rupa sehingga pembaca seolah-olah melihat sendiri subjek yang digambarkan.

Prosa argumentatif

Prosa argumentatif adalah esai bebas yang berisi gagasan atau gagasan yang dilengkapi dengan kesaksian, yang bertujuan mempengaruhi pembaca untuk menyatukan persetujuannya.

3. Cara mudah menulis gratis

Setelah memahami lima jenis esai gratis, mana yang ingin Anda buat? Anda bisa mencoba membuatnya dengan mengikuti serangkaian langkah di bawah ini:

  • Temukan atau buat topik esai gratis
  • Buat sketsa esai gratis
  • Kembangkan sketsa esai gratis
  • Tulis judul yang menarik

4. Contoh essay gratis

Perburuan gabus di desa kakek

Udara sejuk di kaki perbukitan Bogor menyapaku sejak dini hari Minggu, 29 Januari 2023. Aku ingin tetap memejamkan mata.

Tetapi ayah saya meminta saya untuk bergegas dan pergi ke sungai. Tidak terlalu jauh dari rumah Kakek ke sungai. Hanya membutuhkan waktu beberapa menit melalui sawah.

Kakek dan penduduk desa lainnya mandi di sungai sejak dini hari. Karena cuacanya masih sejuk dan sungainya masih jernih.

Dalam perjalanan ke sungai, kakek memberi tahu saya bahwa di ladang banyak gabus liar. Apa yang dikatakan Kakek bertahan sampai siang.

Akhirnya saya minta izin bapak saya untuk pergi ke sawah sambil berburu gabus. Saya nekad berburu gabus tanpa alat. Hanya tekad dan keingintahuan yang besar tentang bagaimana rasanya menangkap gabus tepat di ladang.

Hasil tidak pernah menunjukkan usaha. Setelah beberapa jam kerja yang melelahkan, saya mendapat gabus. Ukurannya tidak terlalu besar namun cukup melelahkan untuk ditaklukkan.

Selain lelah, gabus juga harus ditebus dengan baju dan celana kotor yang saya kenakan. Juga di sore hari tidak terasa. Akhirnya saya memutuskan untuk pulang ke kakek saya dengan gabus di tangan saya.

Tonton video “Potret salamander axolotl, amfibi asli Meksiko yang terancam punah.”
[Gambas:Video 20detik]
(matahari/iwd)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button