Pemerintah Kabupaten Bogor mencatat kunjungan wisman tahun ini lebih baik dibandingkan tahun 2021 - WisataHits
Jawa Barat

Pemerintah Kabupaten Bogor mencatat kunjungan wisman tahun ini lebih baik dibandingkan tahun 2021

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menargetkan jumlah kunjungan wisatawan hingga akhir tahun 2022 mencapai target 8 juta kunjungan.

Bahkan tren kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman mulai membaik dibandingkan tahun 2021 yang hanya mencapai 2.609 orang, maka pada tahun 2020 hanya 60.552 orang.

“Tahun ini hingga akhir Oktober kunjungan wisman meningkat mencapai 141.734 orang yang telah datang ke Kabupaten Bogor,” kata Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor Deni Humaedi.

Meningkatnya kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bogor, lanjut Deni, karena minimnya pembatasan yang diberlakukan. Sehingga wisatawan mancanegara sudah mulai kembali ke Kabupaten Bogor untuk berwisata.

Deni pun mengaku optimis kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bogor oleh wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal akan terus meningkat. Di penghujung tahun 2022 masih tersisa dua momen yaitu libur Natal dan malam tahun baru 2022 hingga 2023.

“Kami optimistis target 8 juta kunjungan wisatawan bisa tercapai, apalagi kondisi ekonomi pasca Covid-19 mulai membaik,” katanya.

Untuk realisasi kunjungan wisata di Kabupaten Bogor tahun 2022, setidaknya ada lima jenis yang memberikan kontribusi kunjungan wisata terbanyak.

Sedangkan untuk jenis pendirian penginapan, dengan total 1,3 juta kunjungan wisatawan nusantara dan 21,9 ribu kunjungan wisatawan mancanegara. Kemudian restoran dikunjungi oleh 464 ribu pengunjung domestik dan 1,8 ribu wisatawan mancanegara. Kemudian di objek wisata tersebut 2,6 juta kunjungan dari wisatawan domestik dan 74 ribu dari wisatawan mancanegara.

Demikian pula di objek cagar budaya, terdapat 25.000 kunjungan wisatawan domestik dan 1,08.000 wisatawan mancanegara. Sedangkan jenis usaha rekreasi dan hiburan umum menyumbang 1,9 juta kunjungan wisatawan domestik dan 42.000 kunjungan wisatawan mancanegara.

Sementara itu, Deni mengaku untuk tahun 2023 pihaknya akan meningkatkan target kunjungan wisatawan. Jika menargetkan 8 juta kunjungan pada 2022, maka pihaknya menargetkan 10 juta kunjungan wisatawan pada 2023.

“Tahun depan kita tingkatkan lagi karena ada beberapa event besar yang masuk dalam kalender event pemerintah pusat yang akan digelar di Bogor,” ujarnya. (Mumi)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button