Bamsoet mendukung siswa labschool dalam membuat game edukasi - WisataHits
Jawa Timur

Bamsoet mendukung siswa labschool dalam membuat game edukasi

INFORMASI NASIONAL – Ketua MPR Bambang Soesatyo bersama Wakil Juru Bicara MPR RI Hidayat Nur Wahid menyambut kedatangan Tim 4D Trash Game, siswa kelas VIII SMP Labschool Kebayoran, Jakarta.

Tim ini beranggotakan Darren Akbar Fibisono, Daffa Muhammad Hidayat, Daffi Muhammad Hidayat dan Danish Ahmad Satria serta mengembangkan permainan on line bernama “4D Trash Game: Save The Ocean”. 4D adalah inisial dari nama Darren, Daffa, Daffi dan Danish.

Menurut Bamsoet, permainan ini ditujukan bagi siswa TK dan SD untuk meningkatkan kepedulian anak terhadap lingkungan. Khususnya, kebersihan laut sebagaimana tercantum dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan UNESCO. Dalam game ini, pemain diminta untuk mengumpulkan sampah di laut.

“Game ini dibuat untuk kampanye mereka kompetisi ilmiah pada bulan Desember di Institut Teknologi Surabaya bekerja sama dengan IYSA – Ikatan Ilmuwan Muda Indonesia,” kata Bamsoet pada Selasa, 29 November 2022 di Jakarta.

Bamsoet mengapresiasi permainan edukatif ini karena merupakan cara yang efektif bagi generasi muda untuk menimba ilmu. Selain itu, menurut Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, industri game menempati urutan ke-7 sebagai penyumbang produk domestik bruto terbesar industri kreatif Indonesia pada tahun 2020. Sementara itu, mereka berkontribusi sekitar Rp 24,88 triliun atau sekitar 2,19 persen dari kontribusi subsektor aplikasi dan game developer terhadap PDB nasional.

“Presiden Joko Widodo juga punya itu Masalah dalam pengembangan industri e-sport dan gaming Indonesia agar bisa menjadi kekuatan ekonomi negara. Salah satu wujudnya adalah pemerintah terus mendukung peningkatan kecepatan internet di Indonesia, mengingat keberadaannya sebagai salah satu infrastruktur krusial dalam industri gaming sangat penting,” kata Bamsoet.

Berdasarkan laporan hasil Speedtest Global Index pada September 2021, terlihat bahwa kecepatan internet di Indonesia naik empat peringkat menjadi peringkat 108 dari 138 negara di dunia, dengan rata-rata kecepatan unduh internet seluler sebesar 23,12. Mbps dan unggahan 12 ,56Mbps.

“Visi menjadikan Indonesia pemimpin esports di Asia bukan hal yang mustahil. Karena kita sebenarnya punya potensi yang bisa digali dan dioptimalkan, seperti yang ditunjukkan oleh Tim 4D Trash Game,” kata Bamsoet.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button