Balet Ramayana Kolosal Tampil di Lima Kota di India - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Balet Ramayana Kolosal Tampil di Lima Kota di India – ANTARA News Yogyakarta

Sleman (ANTARA) – PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko akan menggelar Ballet Ramayana Kolosal di lima kota di India pada 5-10 Oktober 2022 bekerja sama dengan KJRI Mumbai dan Steam House. Daftar Perusahaan India.

“Pertunjukan sendratari kolosal Ramayana yang menjadi ikon atraksi budaya di kawasan candi Prambanan, kini kembali meluncurkan debut internasionalnya dengan melakukan tur keliling lima kota di India,” kata Director of Marketing, Services and Business Development PT TWC Borobudur, Prambanan. dan Ratu Boko, Hetty Herawati di Sleman, DI Yogyakarta, Jumat.

Menurutnya, epos Ramayana pertama kali dipentaskan dalam rangkaian diplomasi budaya dengan menggabungkan pengalaman balet, fesyen, dan kuliner dalam satu pertunjukan.

“Diplomasi budaya ini bertujuan untuk merayakan dan mempererat hubungan baik antara Indonesia dan India, serta merupakan salah satu implementasi kerjasama dalam mempromosikan destinasi wisata bersejarah ‘Twin Heritage Program’ antara kedua negara,” katanya.

Ia mengatakan, pertunjukan ini merupakan kegiatan internasional pertama pascapandemi yang digagas oleh KJRI Mumbai dan PT TWC setelah melihat antusiasme dan respon positif masyarakat India pada penampilan virtual balet Ramayana kolosal yang live di Candi Prambanan selama bulan September. pandemi 2020.

“Ramayana Ballet Prambanan menggelar enam pertunjukan di lima kota, yaitu Mumbai, Surat, Gandhinagar, New Delhi dan Ayodhya. Ini merupakan tur internasional terlama yang menghadirkan 19 seniman tari dan musik dari Ramayana Prambanan,” ujarnya.

Hetty mengatakan, tidak hanya diminta oleh masyarakat India, di Mumbai pementasan Ramayana yang dibungkus dengan resepsi diplomatik juga memukau tamu dari negara lain.

“Kombinasi balet klasik dan peragaan busana pertama juga menampilkan kreasi indah batik Patola dari India dan motif tradisional Indonesia yang dirancang oleh Ghea Panggabean,” katanya.

Kisah Ramayana merupakan bagian integral dari budaya Indonesia dan India, sebuah legenda yang diturunkan dari generasi ke generasi di kedua negara.

Ramayana adalah salah satu bukti hubungan lama antara budaya Indonesia dan India. Kisah perjalanan Rama untuk menyelamatkan istrinya Sita, yang diculik oleh Rahwana, menunjukkan bahwa kebaikan akhirnya menang atas kejahatan.

Kisah Ramayana terukir pada relief Candi Prambanan, lebih spesifiknya Candi Siwa dan Candi Brahma, dua candi dari sekian banyak candi yang ada di Kompleks Candi Prambanan.

Ia mengatakan, Sendratari Ramayana Prambanan klasik pertama kali dipentaskan pada tahun 1961 di panggung terbuka Taman Candi Prambanan.

Balet ini pernah ditampilkan hanya pada bulan purnama, dengan latar belakang candi Prambanan yang magis.

Dalam perkembangannya di bawah arahan PT TWC Borobudur Prambanan dan Ratu Boko, sendratari klasik Ramayana menjadi atraksi ikonik yang ditampilkan setiap minggunya, menarik banyak wisatawan asing dan lokal.

“Setelah tidak ada pertunjukan offline selama pandemi, kami sangat senang mengirimkan penari terbaik kami untuk menampilkan Ramayana versi Indonesia secara langsung di Mumbai, India. Pertunjukan Ramayana ini spesial karena dipadukan dengan peragaan busana Ramayana Ghea Panggabean untuk pertama kalinya dengan tema serupa dan memakai motif tie-dye patola, tie-dye khas India,” ujarnya.

Ia mengatakan acara yang digagas oleh Agus Saptono, KJRI Mumbai ini juga menggandeng chef Vindex Tengker yang menghadirkan pengalaman kuliner Indonesia bertajuk “Indonesia rempah-rempah hingga dunia”.

“Kami berharap promosi budaya ini dapat mempererat hubungan baik kedua negara dan meningkatkan kesadaran akan hubungan budaya kedua negara, dan pada akhirnya mendorong kunjungan wisatawan khususnya di kawasan cagar budaya Yogyakarta dan Jawa Tengah,” ujarnya.

Hetty mengaku juga menyempatkan diri untuk hadir mengawal kegiatan ini.

Menurutnya, ini merupakan dorongan pertama bagi kebangkitan pariwisata pascapandemi.

“Kami merasa terhormat PT TWC dapat mengharumkan nama Indonesia di mata negara lain melalui seni budaya. Kami memiliki penari, koreografer, dan musisi tradisional terbaik yang berencana untuk mempromosikan budaya Indonesia di negara lain,” katanya.

 
PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko bekerja sama dengan KJRI Mumbai menggelar Colossal Ramayana Ballet di lima kota di India pada 5-10 Oktober 2022. ANTARA/HO-PT TWC

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button