Pantai Ngrenehan, pantai berpasir putih yang indah yang belum banyak diketahui orang - WisataHits
Yogyakarta

Pantai Ngrenehan, pantai berpasir putih yang indah yang belum banyak diketahui orang

PeekLifestyle Celebrities – Pantai Ngrenehan terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Hotel ini berjarak sekitar 30 km dari Wonosari atau sekitar 60 km dari pusat kota Jogja.

Masih belum banyak orang yang mengetahui keberadaan pantai ini karena tersembunyi oleh jalan kecil yang berkelok-kelok dan bergelombang. Dan masih belum ada sarana transportasi yang mengarah langsung ke lokasi.

Wisata pantai yang masih baru di Jogja ini awalnya merupakan pantai nelayan yang menjadi tempat berlabuhnya perahu nelayan tradisional. Namun karena pemandangannya yang menarik, kawasan ini berkembang menjadi objek rekreasi yang mengundang kunjungan wisatawan.

Nah, pantai ini cocok sebagai referensi liburan kamu. Tertarik? Yuk simak sampai akhir artikel di bawah ini!

Sejarah Pantai Ngrenehan

Instagram/beach_ngrenehan_official

Foto: Instagram/pantai_ngrenehan_official

Sebelum kita melihat lebih jauh apa saja yang ditawarkan di Pantai Ngrenenhan. Pertama, mari kita lihat bagaimana sejarah tercatat di tempat wisata ini.

Nama daerah itu sendiri diberikan oleh Raden Fatah yang merupakan raja kerajaan Demak saat itu. Saat itu Raden Fatah sedang mencari ayahnya yang melarikan diri saat Kerajaan Demak menyerang Kerajaan Majapahit.

Majelis Fatah sebenarnya ingin ayah dan istrinya menjadi Muslim juga. Sayangnya, sang ayah tidak menginginkan hal itu. Untuk menghindari pertengkaran dengan anaknya.

Sang ayah akhirnya pergi ke daerah ini. Dewan Fatah dan pendukungnya tiba di pantai. Mereka berunding dan membuat undangan yang berasal dari bahasa Jawa yaitu “rene” atau memiliki arti bahasa Indonesia. Warga pun memberi nama pantai ini Ngrenehan.

Atraksi Pantai Ngrenehan

Instagram/beach_ngrenehan_official

Foto: Instagram/pantai_ngrenehan_official

Ada banyak pesona di sini. Harus diakui, ada banyak fasilitas yang akan memanjakan Anda. Seperti toilet, ruang ganti.

Tidak hanya itu, masih ada beberapa pesona yang bisa kita nikmati di sini juga. Ini dia banyak spot foto yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Selain itu, perahu nelayan yang berlabuh di sini terkadang bisa dijadikan spot foto juga. Maka tak heran jika tempat ini juga dijadikan sebagai tempat penyelamatan atau spot foto.

Di sini kita juga belajar bagaimana memandang geografi sebagai teluk yang mengesankan dari atas. Jadi jangan lupa membawa drone dan melihat keindahan yang sulit ditolak di pantai ini.

Di pantai terkadang Anda bisa melihat kerang kecil dan kerang bertebaran di sini. Pesonanya sungguh sangat elegan untuk ukuran pantai yang tidak terlalu besar.

Biasanya, di sebelah karang, wisatawan juga bisa berjemur di bawah terik matahari dan menikmati angin sepoi-sepoi yang luar biasa. Dijamin, Anda tidak akan betah saat keluar dari tempat ini.

Jangan lupa untuk menikmati malam yang sebenarnya adalah Pantai Ngrenehan Esoktis saat senja. Menikmati matahari terbenam jangan lupakan keindahan pantai ini.

1. Hidangan seafood yang menggugah selera

Tempat wisata Pantai Ngrenehan mungkin adalah desa nelayan Saptosari dimana kita bisa melihat berbagai jenis ikan yang ditangkap oleh para nelayan. Biasanya mereka menjual ikan segar ini di TPI dan juga di warung-warung yang berbeda. Jadi Anda bisa langsung memilih dan menikmatinya.

Jangan lupa cari menu spesialnya di sini, yaitu Ikan Goreng Cabai Hijau. Ya, cabai hijau yang disajikan adalah sesuatu yang sangat istimewa. Cita rasanya sangat beragam, apalagi jika disandingkan dengan nasi putih hangat yang tentunya menambah kelezatannya.

Anda dapat memilih ikan Anda sendiri, mis. B. kakap, gurame, nila, redfish, cumi-cumi, udang atau kepiting. Selain sambal ijo, Anda juga bisa menikmati sambal asam manis yang menggoda lidah.

Selain menunya makanan laut, Anda juga bisa menikmati hidangan lainnya yaitu nasi goreng. Harga yang Anda bayar tidak terlalu mahal. Sangat pas di kantong bagi anda yang berkunjung ke tempat wisata ini.

Makanan di tempat wisata ini akan membuat Anda ketagihan. Dengan suasana yang menarik, warung makan ini menghadap ke laut, sehingga Anda bisa langsung menikmati keindahan laut dari sini.

Jadi jangan lewatkan makanan laut. Rugi sekali ketika sampai di sini, tidak menikmati beberapa hidangannya.

2. Wisata Budaya

Keindahan yang ditawarkan di atas tidak akan kita lihat di objek wisata ini. Namun kita juga bisa menikmati sajian budaya yang tidak pernah hilang.

Ini sebenarnya adalah wisata budaya di Pantai Ngobaran. Namun, jarak antara keduanya sangat kecil, hanya 1 km.

Jadi ketika hari raya Nyepi tiba atau saat bulan purnama datang, kita bisa melihat bagaimana pertunjukan budaya telah dilestarikan sejak dahulu kala. Menghadirkan keindahan yang sempurna.

Banyak yang mengatakan kegiatan ini dijiwai dengan aroma mistis. Jadi disarankan juga untuk berhati-hati saat berkunjung dan ingin melihatnya.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menjaga sopan santun. Pantai Ngrenehan adalah pesona di Gunung Kidul yang memikat mata dan hati.

Kios-kios yang berdiri dan pemandangan perahu nelayan menambah warna yang tak terbayangkan. Datang dan berkunjung ke tempat wisata ini benar-benar bisa bersantai.

3. Tempat foto

Banyak sekali spot foto yang menarik saat kita berwisata ke pantai Ngrenehan. Pemandangan alam berupa pantai berpasir putih dan perbukitan kapur menjadi latar belakang yang menarik untuk mengabadikan berbagai momen indah di kawasan ini.

Tak jarang lokasi pantai dijadikan sebagai objek bagi pasangan pengantin untuk berfoto prewedding. Karena menyuguhkan keindahan alam yang tak ternilai harganya.

4. Keindahan teluk

Keadaan alam Pantai Ngrenehan sebenarnya adalah sebuah teluk yang dikelilingi oleh perbukitan dan bebatuan. Keindahan pantai semakin terlihat saat kita melihatnya dari atas bukit atau mengabadikannya dalam foto dan video dengan drone.

5. Bukit Karang

Ada sebuah bukit di kawasan Pantai Ngerenehan yang sangat menarik. Tebing ini dipenuhi kerang dan kerang yang sudah menjadi fosil. Dari atas bukit ini kita bisa menikmati bentuk teluk pantai yang sangat indah.

6. Berenang di pantai

Bentuk pantai di teluk membuatnya kurang rentan terhadap gelombang ganas, suatu kondisi yang membuat perairan pantai relatif aman untuk berenang orang dewasa dan anak-anak.

Rute Menuju Pantai Ngrenehan

Instagram/beach_ngrenehan_official

Foto: Instagram/pantai_ngrenehan_official

Lokasi di Pantai Ngrenehan memungkinkan kita untuk mengambil rute dari Yogyakarta ke Wonosari. Sesampainya di lapangan Gading, belok ke arah Playen, Paliyan, lalu terus ke Trowono.

Rute Paliyan-Trowono merupakan rute yang sangat menarik bagi pecinta explorer. Di jalur ini, kita akan melewati Hutan Sodong dengan jalan yang naik turun dan panorama alam. Anehnya, monyet terkadang menyeberang jalan.

Untuk mencapai kedua pantai ini dengan lebih mudah, kita mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Ngrenehan. Lewati mata air Namberan Trowono dan lanjutkan ke Kanigoro, Saptosari. Selanjutnya ada pertigaan dengan petunjuk arah: kanan dari Pantai Ngobaran dan kiri dari Pantai Ngrenehan. Ikuti rambu-rambu dan Anda akan mencapai pantai eksotis ini.

Tiket Masuk Pantai Ngrenehan

Google Maps

Foto: Google Maps

Masuk ke Pantai Ngrenehan cukup murah, hanya Rp 5.000, kamu sudah bisa merasakan keindahan pantainya. Tambahkan sekitar Rp 3.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp 5.000 untuk biaya parkir.

Demikian informasi mengenai pantai pasir putih yang indah ini. Tertarik untuk pergi ke sana?

Source: www.intipseleb.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button