Bale Tani Jombang, berwisata dan belajar pertanian - WisataHits
Jawa Timur

Bale Tani Jombang, berwisata dan belajar pertanian

Bale Tani merupakan salah satu peternakan agrowisata yang ada di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Tempat wisata ini menawarkan konsep yang menarik dan mendidik, yaitu berwisata sambil belajar pertanian.

Sebelum menjadi agrowisata, Bale Tani merupakan pusat pelatihan pertanian bagi para petani desa setempat. Tidak hanya pelatihan pertanian, tetapi juga hortikultura, peternakan dan penggilingan padi. Lokasi Bale Tani terletak di tengah sawah warga dan berbagai balai latihan telah beroperasi sejak tahun 2006.

agrowisata bale tani jombangagrowisata bale tani jombang. Peta Google. Sumber: Gatut Wijaya

Dengan potensi dan sumberdaya yang mendukung, Bale Tani bertransformasi menjadi agrowisata pada tahun 2017. Meski telah berubah menjadi agrowisata, pendidikan pertanian tetap berlangsung di Bale Tani. Dan pengelola agrowisata ini merupakan gabungan dari kelompok tani yang ada.

Sebagai wisata edukasi, wisatawan akan belajar dan menikmati berbagai hasil pertanian dari berbagai teknik. Seperti teknik hortikultura, budidaya ikan air tawar, budidaya di ladang hingga peternakan.

Dengan konsep agrowisata yang menarik ini, Baletani menjadi wisata edukasi sekaligus tempat rekreasi keluarga. Tempat wisata untuk segala usia, dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Selain sebagai wisata edukasi, Bale Tani juga digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga. Beragam tanaman cantik disuguhkan kepada wisatawan, mulai dari tanaman buah hingga tanaman hias. Ada berbagai spot foto yang menarik dan ada kolam renangnya. Tempat wisata untuk bersantai, bermain dan menikmati suasana alam yang asri.

Alamat Bale Tani Jombang

Jalan Dokter Soetomo, Serning, Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Indonesia.

jam buka

  • Buka setiap hari. 08.00 WIB – 16.00 WIB.

Biaya masuk

  • Tiket masuk: Rp 10.000
  • Tiket masuk berlaku mulai usia 2 tahun.

Rute menuju Bale Tani Jombang

  • Datang dari pusat kota Jombang: Menuju Mojokerto lalu belok ke arah Banjaragung, Kecamatan Bareng. Waktu tempuh dari pusat kota Jombang menuju objek wisata Bale Tani sekitar 30 menit.
  • Dari arah Surabaya: Menuju ke Sub Terminal Mojoagung – Belok kiri menuju Jalan Wonosalam – Lurus hingga menemukan pertigaan Mojoduwur – Belok kanan di pertigaan Mojoduwur – Sekitar 15 menit dari pertigaan Anda akan sampai di kawasan wisata dari Bale Tani.

mengangkut

Akses menuju lokasi agrowisata Bale Tani Jombang cukup bersahabat. Tempat wisata ini bisa Anda akses dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4.

Ada apa di Bale Tani Jombang?

bale tani jombangbale tani jombang. Peta Google. Sumber: Afrizal Himawan

Bale Tani merupakan pusat pelatihan pertanian, peternakan, perkebunan dan penggilingan padi. Dengan potensinya, Bale Tani telah berubah menjadi agrowisata. Selain wisata edukasi, Bale Tani juga menjadi tempat rekreasi keluarga yang diberkahi dengan berbagai tempat dan wahana menarik.

Yang menarik dari Bale Tani adalah penamaan tempat atau spot yang ada disana. Masing-masing tempat itu disebut Bale, artinya balai atau tempat pertemuan. Setiap bale yang ada memiliki keunikan dan fungsinya masing-masing.

Bale Ageng

agen bolaagen bola Peta Google. Sumber: Valda Anggraeni

Mulai dari Bale Ageng yang berarti balai besar. Ruang berbentuk aula untuk kegiatan atau acara di luar ruangan. Biasanya acara musik sering diadakan di pesta dansa ini setiap akhir pekan.

Di sebelah Bale Ageng terdapat beberapa meja kursi dan payung taman. Meja tersebut dapat digunakan pengunjung untuk menikmati taman sambil mengamati apa yang terjadi di atas panggung. Bale Ageng bisa disewa untuk umum dengan kapasitas 100 orang.

Bale Kempal

bale tebalbale tebal. Peta Google. Sumber: Romi Hanif

Berikutnya adalah Bale Kempa, artinya balai pertemuan atau tempat berkumpul. Bale Kempal tertutup alami dan sering digunakan untuk workshop, seminar atau pertemuan.

Bale Kempal terletak di sebelah pintu masuk tiket. Bale Kempal dibangun dari hibah pemerintah Jepang sebagai pengakuan pengelola.

  • Harga sewa Bale Kempal adalah Rp 600.000/3 jam. Dengan kapasitas maksimal 30 orang.

bale alit

balBale Google Maps. Sumber: Rizky Zafira

Bale Alit berarti balai kecil. Bale Alit lebih ditujukan sebagai tempat bermain anak-anak. Itu berbentuk seperti rumah pohon dan duduk di atas batang pohon buatan. Di pangkal batang pohon ada pintu buatan kecil.

Balebengo

konyolkonyol. Peta Google. Sumber: Dyas Efendi

Bengo berarti keras atau berteriak. Hal ini menjadikan Bale Bengo sebagai tempat bernyanyi atau sarana karaoke. Bale Bengo berseberangan dengan Bale Alit. Tarif penggunaan Bale Bengo cukup murah. Untuk mencoba fasilitas ini, pengunjung bisa langsung menghubungi petugasnya.

pijat bale

Di Bale Massage, pengunjung dimanjakan dengan electronic massager.

tempat tidur pijattempat tidur pijat. Peta Google. Sumber: epandik

Bale Bengong

Bengong berarti melamun. Bale Bengong berfungsi sebagai tempat bersantai atau menyendiri. Bale ini berupa kolam ikan dan terdapat beberapa paviliun di sekelilingnya.

BaleBatik

Batik BatikBatik Batik. Peta Google. Sumber: Dyas Efendi

Agrowsata Bale Tani juga menyediakan beberapa pondok bagi wisatawan yang ingin beristirahat. Pondok itu bernama Bale Batik.

Bale Batik menawarkan cottage berupa kamar untuk istirahat. Bangunan gubuk terbuat dari kayu dan anyaman bambu. Sebuah cottage dengan suasana khas pedesaan.

Paket pendidikan umum

Paket edukasi di Bale TaniPaket edukasi di Bale Tani. Peta Google. Sumber: Indah Hanifah

Agrowisata Bale Tani menawarkan paket edukasi pertanian kepada masyarakat. Materi yang tersedia adalah pengenalan Bale Tani, cara menanam kelinci dan ikan, memberi makan dan masih banyak lagi. Pengunjung menerima sekitar 2 jam instruksi.

Perjalanan keluar

Tur ini juga menawarkan perjalanan luar yang mengasyikkan. Untuk mencoba wahana outbond ini, jumlah peserta minimal harus 30 orang.

taman bermain anak-anak

tempat bermain anaktempat bermain anak. Peta Google. Sumber: Fajar Hengki Wijaya

Merupakan arena bermain untuk anak-anak yang dilengkapi dengan berbagai wahana.

  • Tiket masuk Kids Playland Rp 10.000. Anak-anak bisa bermain sepuasnya di tempat bermain anak ini dengan membayar tiket masuk.

Spot foto yang cantik dan instagic

Spot foto di Bale TaniSpot foto di Bale Tani. Peta Google. Sumber: Anisa Istiqomah

Ada berbagai spot foto cantik, keren dan menarik yang wajib kamu coba. Saat pertama kali masuk, pengunjung akan disambut dengan beberapa spot foto yang unik dan menarik. Tidak jauh dari pintu masuk Anda akan menemukan spot foto yang lucu. yaitu telepon umum dan kincir merah muda.

Spot foto bale pertanian JombangSpot foto bale pertanian Jombang. Peta Google. Sumber: Andri Andhika

Spot foto keren lainnya adalah spot foto dinding yang dihias dengan gambar unik. Jelajahi foto mulai dari dekorasi bunga berwarna-warni hingga menara dengan dekorasi cinta dan sebagainya.

Kolam renang dan permainan air anak-anak

Kolam renang Bale FarmKolam renang Bale Farm. Peta Google. Sumber: Wiedodo Cak

Salah satu poin menarik di Bale Tani adalah tersedianya kolam renang anak yang terdiri dari 3 kolam. 2 Kolamnya kecil dan dangkal. Kolam ini terletak di sisi selatan, dikelilingi oleh pemandangan yang indah dan terawat. Di sekelilingnya terdapat taman bunga dan area tempat duduk untuk bersantai. Kolam kecil ini cocok untuk anak kecil.

Kolam renang anak-anak di pertanianKolam renang anak-anak di pertanian. Peta Google. Sumber: rodhiatul ardiani

Di sisi utara terdapat 1 kolam lainnya yang masih dikhususkan untuk anak-anak. Kolam ini lebih dalam dan lebih luas. Cocok untuk anak yang sudah bisa berenang. Di sekeliling kolam juga dihiasi dengan berbagai taman bunga yang indah.

Ada kolam air tak jauh dari area kolam renang anak. Kolam ini digunakan untuk wahana perahu kayuh. Ukurannya tidak terlalu lebar tapi cukup untuk anak bermain sepeda air.

Kafe menarik dengan tema berbeda

Agrowisata Bale Tani juga memiliki kafe dengan berbagai tema menarik. Terdapat sebuah kafe yang unik dan bertema tradisional outdoor. Tempat duduknya dilengkapi dengan payung dan terletak di pinggir sawah yang indah.

Di sekelilingnya terdapat kantin yang menjual makanan dengan cita rasa pedesaan. Bagian dalamnya terbuat dari bambu, lengkap dengan ornamen bambu.

Fasilitas Bale Tani Jombang

Beberapa fasilitas pendukung pariwisata tersedia di Agrowisata Bale Tani. Beberapa fasilitas tersebut antara lain:

  • Parkir Kendaraan
  • ruang sholat
  • Toilet
  • kios
  • wahana
  • Kolam renang
  • daerah keluar
  • Tempat foto yang Instagramable

Hotel di sekitar Bale Tani Jombang

Hotel, villa atau penginapan di sekitar Bale Tani:

  • Perbarui Villa Rosari
  • Villa Kampoeng Kota Wonosalam
  • Penginapan G Belle
  • Hotel Mulyajaya
  • Villa Kampung Kota Lembah Giri
  • Villa Firna Kampoeng Kota Wonosalam
  • Kampoeng Djawi

Tempat wisata di sekitar Bale Tani Jombang

  • Kawasan wisata Bukit Pinus Wonosalam
  • ekowisata Sumber Biru
  • Grojogan Selo Gonggo
  • Kampoeng Djawi
  • Wisata Banyumili Wonosalam
  • Gua Sigolo-Golo

Video Bale Tani Jombang

Video berikut dikutip dari channel : D’ciwi2 Channel

Menyimpulkan

Agrowisata Bale Tani merupakan destinasi yang sangat menarik untuk Anda. Tempat bersantai dan menikmati suasana khas pedesaan di taman yang asri.

Selain sebagai wisata edukasi, Bale Tani juga digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga. Ada berbagai spot foto yang keren dan menarik. Ada wahana seru dan kolam renang yang cocok untuk bermain bersama keluarga.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button