Bagus sekali! Pendapatan pariwisata Kulonprogo mencapai Rp 5 miliar - WisataHits
Yogyakarta

Bagus sekali! Pendapatan pariwisata Kulonprogo mencapai Rp 5 miliar

Bagus sekali!  Pendapatan pariwisata Kulonprogo mencapai Rp 5 miliar

Harianjogja.com, KULONPROGO– Lebih dari satu juta wisatawan berkunjung ke Kulonprogo selama tahun 2022. Jutaan wisatawan ini menyumbangkan retribusi miliaran rupiah yang berhasil melampaui target PAD pariwisata Kulonprogo 2022.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kulonprogo Raden Trusta Hendraswara mengatakan pada tahun 2022 capaian PAD bidang rekreasi dan olahraga melebihi target. Dari target PAD Rp 5,129 miliar, PAD sektor ini berhasil menembus Rp 5,131 miliar atau lebih Rp 2,3 juta. Selama tahun 2022, jumlah wisatawan yang datang ke Kulonprogo mencapai 1,1 juta orang. “Kita bisa mencapai 100,05 persen untuk tahun 2022,” katanya, Selasa (12/3/2023).

Liburan Nataru menjadi salah satu momen yang turut menyumbang lonjakan jumlah wisatawan tahun ini. Misalnya pada perayaan malam tahun baru di Sermo, jumlah pengunjung yang masuk semalaman mencapai lebih dari 6.000 orang. Menurut Budi, kondisi ini jarang terjadi di Waduk Sermo. “Itu pun tidak dihitung untuk masyarakat setempat,” katanya.

BACA JUGA: Maling Laptop Kejaksaan KPK di Jogja Ditangkap Polisi, Apa Motifnya?

Pendapatan sektor pariwisata ini terutama disumbang oleh sejumlah destinasi piknik. Beberapa di antaranya adalah Pantai Glagah, Pantai Trisik, Waduk Sermo, Pantai Congot, Gua Kiskendo, Suroloyo dan juga di kawasan Nglingo Tritis, Menoreh Barat dan juga di kawasan Jatimulyo. “Ada pemasukan yang sangat signifikan untuk objek wisata yang dikelola oleh dinas pariwisata,” katanya.

Pantai Glagah masih menjadi destinasi wisata unggulan Kulonprogo yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Budi mencatat, Pantai Glagah menyumbang Rp 3,6 miliar. “Jadi item ini bisa mencapai persentase Rp 3,6 dibanding Rp 5,1 miliar, persentasenya masih tertinggi di Glagah,” lanjutnya.

Setelah itu, item PAD dari sektor pariwisata disumbangkan dari Waduk Sermo dan sejumlah pantai lainnya, seperti Pantai Congot dan Pantai Trisik. Untuk Gua Kiskendo yang masih ada proyek pembangunan, tahun ini belum optimal. Diharapkan Budi mampu menciptakan atraksi yang lebih masif pasca revitalisasi amfiteater di tahun mendatang. “Mudah-mudahan tahun depan bisa meningkat untuk Gua Kiskendo,” ujarnya.

Pada tahun 2023, target PAD sektor pariwisata ditetapkan sebesar Rp5,2 miliar. Untuk mencapai tujuan tersebut, Dinpar melakukan beberapa upaya, seperti: B. memegang acara di bidang pariwisata, tempat wisata budaya, kegiatan pentas hingga langkah-langkah publikasi melalui media elektronik dan poster. Selain itu, misi budaya juga dilakukan ke luar daerah untuk menarik minat masyarakat dari luar daerah untuk berkunjung ke Kulonprogo.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button