Ini 4 Jalur Pendakian Gunung Hungaria, Rekomendasi Nomor 1 Untuk Pemula - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Ini 4 Jalur Pendakian Gunung Hungaria, Rekomendasi Nomor 1 Untuk Pemula – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Gunung Ungaran dilihat dari rest area KM.429 Ungaran, diambil pada 10 September 2018. (Wikimedia Common/Adrian)

Solopos.com, HUNGARIA — Gunung Ungaran adalah salah satu gunung berapi di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jawa Tengah). Gunung setinggi kurang lebih 2.050 meter ini kerap menjadi tujuan para pendaki. Berikut empat jalur pendakian di Gunung Ungaran.

Gunung Ungaran memiliki sejumlah potensi yang menarik perhatian wisatawan. Tidak hanya wisata alam, di kawasan sekitar Gunung Ungaran juga terdapat situs sejarah, yaitu Candi Gedong Songo yang merupakan peninggalan Kerajaan Medang pada abad ke-9.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

Gunung Ungaran tidak hanya memiliki sejumlah tempat wisata tetapi juga sangat populer di kalangan pemanjat tebing. Ada tiga puncak di Gunung Ungaran yang bisa dicapai dari jalur pendakian yang berbeda yaitu Puncak Botak, Gendol dan Ungaran.

Di antara ketiga puncak tersebut, Puncak Ungaran adalah yang tertinggi. Untuk mencapai puncak tertinggi, pendaki bisa melalui Jalur Medini dan Gedongsongo atau Promasan.

Berikut adalah jalur pendakian di Gunung Ungaran yang sedang diproses Solopos.com dari berbagai sumber:

Baca juga: Cuaca Ekstrim Mengintai, Trek Lawu via Karanganyar masih dibuka

1. Jalur Base Camp Mawar

Jalur Basecamp Mawar adalah jalur pendakian paling populer untuk Gunung Ungaran. Jalur ini juga sering digunakan oleh para pemula atau pemula yang hobi mendaki gunung.

Pasalnya, jalur ini terbilang aman dan terawat. Pendaki juga bisa menggunakan kendaraan dan parkir di Basecamp Mawar yang terletak di Dusun Kluwih, Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Pendakian ke puncak Gunung Ungaran dari base camp ini hanya memakan waktu sekitar 7-12 jam. Selama perjalanan, pendaki juga akan melewati hutan pinus, hutan campuran, sungai kecil dan lain-lain.

Baca Juga: Ini 5 Jalur Pendakian di Gunung Merbabu, Mana yang Paling Menantang?

2. Jalur Candi Gedong Songo

Jalur Candi Gedong Songo tidak dikatakan sebagai jalur resmi untuk mendaki Gunung Ungaran. Oleh karena itu, pendaki yang melewati jalur ini tidak akan menemukan rumah atau pos sebagai base camp.

Namun, rute ini masih diminati karena menawarkan pemandangan yang indah di sepanjang jalan. Pendakian ke puncak Gunung Ungaran melalui jalur Gedong Songo memakan waktu sekitar 5-8 jam.

Untuk melintasi jalur ini, sebagian besar pendaki memarkir kendaraannya di rumah-rumah penduduk di sekitar kawasan wisata Candi Gedong Songo.

3. Garis iklan

Jalur pendakian Gunung Ungaran juga dapat dilalui melalui Kabupaten Kendal. Tepatnya di Desa Candi Promasan, Desa Ngesrep Balong, Kecamatan Limbangan.

Melalui jalur Promasan, pendaki dihadapkan pada hamparan kebun teh milik warga. Basecamp Promasan dapat ditempuh dengan sepeda motor dari Pasar Boja di Kendal.

Pendakian dari jalur Promasan memakan waktu sekitar 3 jam. Jalur ini juga melewati medan yang berbeda seperti menanjak dan licin saat musim hujan.

Baca juga: Embung Patemon, destinasi wisata sehat di dekat Kampus Unnes Semarang

4. Jalur Paratunan Gintungan Bandungan

Jalur Parantunan di Desa Gintungan, Kabupaten Bandungan merupakan salah satu jalur resmi pendakian Gunung Ungaran, begitu juga Jalur Mawar.

Melalui jalur ini, pendaki bisa mendaki tiga puncak Gunung Ungaran sekaligus, yakni Bondolan, Botak dan Tugu Banteng Raider.

Rute ini juga memberikan pengalaman tersendiri, karena relatif landai, didominasi jalan tanah dan jarak antar pos kecil. Total ada sekitar lima titik pendakian di jalur ini.

Nah, itulah kumpulan jalur pendakian yang disiapkan untuk mendaki Gunung Ungaran. Mana yang paling Anda sukai?

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button