25 wisata cilacap lengkap, ada pantai hingga air terjun - WisataHits
Yogyakarta

25 wisata cilacap lengkap, ada pantai hingga air terjun

KOMPAS.com – Kabupaten Cilacap merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki banyak potensi wisata.

Wisata di Cilacap cukup lengkap mulai dari pantai, air terjun, dataran tinggi, hutan mangrove, wisata sejarah dan lain sebagainya. Selain wisata alam, Cilacap juga menawarkan sejumlah tempat wisata menarik Instagramable.

Baca Juga : 12 Wisata Pantai di Cilacap Paling Hits, Cocok Untuk Liburan

Selain itu, Kabupaten Cilacap juga memiliki pulau yang terkenal yaitu Pulau Nusakambangan.

Meski terlihat menyeramkan karena di sana terdapat lembaga pemasyarakatan (rutan), Pulau Nusakambangan juga memiliki sejumlah pantai berpasir putih yang indah.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata Cilacap yang Instagramable Yang Wajib Dikunjungi

Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Cilacap yang telah disusun Kompas.com. Destinasi wisata ini bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan.

1. Pantai Teluk Penyu

Ratusan kapal berlabuh di Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (6/4/2022).KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN Ratusan perahu berlabuh di Pantai Teluk Penyu Cilacap, Jawa Tengah, Rabu, 4 Juni 2022.

Pantai Teluk Penyu merupakan objek wisata utama di Kabupaten Cilacap. Lokasinya hanya berjarak sekitar dua kilometer dari pusat pemerintahan, tepatnya di Kabupaten Cilacap Selatan.

halaman kutipan Wisata CilacapPemandangan khas pantai ini adalah panorama pulau Nusakambangan dan kapal tanker PT Pertamina (Persero).

Selain itu, Pantai Teluk Penyuk memiliki pasir yang bersih dan ditumbuhi banyak pepohonan sehingga menciptakan suasana teduh bagi pengunjung.

Baca Juga : 7 Wisata Air Terjun di Cilacap Dengan Pemandangan Eksotis

2. Pantai Cemara Sewu

Pantai Cemara Sewu di Kabupaten CilacapDermaga. Pantai Cemara Sewu di Kabupaten Cilacap

Tidak hanya Yogyakarta, Kabupaten Cilacap juga memiliki Pantai Cemara Sewu. Seperti namanya, pantai ini memiliki deretan pohon pinus yang rindang dan menjadi surga bagi para wisatawan.

Pohon cemara yang tumbuh di Pantai Cemara Sewu merupakan jenis udang yang selalu hijau dengan tinggi mencapai 65 hingga 90 meter.

Mengutip situs tersebut Wisata Cilacap, pantai ini juga disebut Pantai Jetis oleh masyarakat setempat. Pantai Cemara Sewu terletak di Desa Jetis, Kecamatan Nusahungu, Kabupaten Cilacap.

3 Pantai Karangpakis

mengutip situs Kunjungi Jawa Tengah, Pantai Karangpakis memiliki garis pantai yang landai dan lebar. Pengunjung baik anak-anak maupun dewasa bisa bermain di pinggir pantai sambil menikmati semilir angin pantai

Oleh karena itu, Pantai Karangpakis menjadi salah satu destinasi favorit warga setempat untuk berwisata akhir pekan atau liburan.

Pantai Karangpakis terletak di Desa Karangpakis, Kecamatan Nusahungu, Kabupaten Cilacap.

Baca Juga : 7 Wisata Air Terjun di Cilacap Dengan Pemandangan Eksotis

4. Indahnya Pantai Widarapayung

Pantai Indah Widarapayung di Kabupaten CilacapDermaga. / Pantai Widarapayung Indah di Kabupaten Cilacap

Lokasi pantai ini cukup strategis dan mudah dijangkau dengan angkutan umum jurusan Cilacap – Gombong, maupun dengan kendaraan pribadi. Karena letaknya tepat di South Causeway.

Pantai Widarapayung yang indah membentang lebih dari 500 hektar berdasarkan informasi dari situs web pariwisata Cilacap. Situs ini terletak di Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap.

Panorama pantai ini cukup keren karena dikelilingi oleh pohon kelapa. Berbagai fasilitas yang tersedia untuk wisatawan antara lain gardu pandang, kolam renang, tempat parkir, warung makan dan atraksi seni daerah.

Baca Juga: Havana Hills, Wisata Baru di Cilacap Berkonsep Outdoor Untuk Keluarga

5. Pantai Srandil

Salah satu wisata laut yang sangat populer di Cilacap adalah Pantai Srandil. Seperti namanya, pantai cantik ini terletak di dekat Gunung Srandil, lebih tepatnya di bagian selatan.

Gunung Srandil sendiri juga cukup dikenal masyarakat dalam hal budaya spiritual.

halaman kutipan Warisan Budaya Takbenda Indonesiaada upacara sedekah laut atau larung sesaji di Pantai Srandil.

Upacara kurban Larung berlangsung pada tanggal 1 surah menurut penanggalan Jawa. Yang menjadi penting dalam upacara tersebut adalah berbagai persembahan dan hasil bumi.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button