Rancakalong bisa jadi Bali Sumedang - WisataHits
Jawa Barat

Rancakalong bisa jadi Bali Sumedang

INISUMEDANG.COMBupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengatakan Rancakalong bisa menjadi Bali-nya Sumedang. Menampilkan upacara adat Ngalaksa yang rutin diadakan oleh masyarakat setiap tahunnya.

Selain itu, Bupati Dony juga mengatakan demikian. Upacara adat Ngalaksa sudah masuk dalam kalender acara atau kalender wisata tahunan di Kabupaten Sumedang.

Demikian disampaikan Bupati Dony saat menghadiri pembukaan upacara adat Ngalaksa di Kawasan Wisata Penenjoan, Desa Pasirbiru, Kecamatan Rancakalong, pada Senin 22 Agustus 2022.

“Ngalaksa merupakan event wisata yang sudah masuk dalam kalender event Sumedang. Untuk itu, promosinya harus masif Rancakalong menjadi kunjungan wisata,” kata Dony.

Selain itu, kata Dony, Kabupaten Sumedang telah mendeklarasikan diri sebagai pemerintah pariwisata. Dimana setiap tempat merupakan “destinasi wisata” dan setiap program kegiatan merupakan “daya tarik wisata”.

Oleh karena itu, sudah menjadi tugas pemerintah dan masyarakat Sumedang untuk melestarikan budaya lama yang baik dan menggali budaya baru yang lebih baik.

“Saya meminta kegiatan ini untuk mengajak siswa belajar tentang budaya Ngalaksa. Sehingga tertanam dalam hatinya dan sadar akan budayanya,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Bupati Dony juga menyampaikan bahwa Kabupaten Rancakalong akan menjadi prioritas Pemprov Jabar untuk pengembangan desa wisata.

“Jadi saya berharap Rancakalong bisa terwujud sebagai Balin-ya Sumedang. Adat istiadat dilestarikan, budaya dikembangkan. Karena saya percaya bahwa seni dan budaya dapat memurnikan pikiran dan perasaan kita dalam diri kita sendiri,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Bupati mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang telah menyediakan dana sebesar Rp 4 miliar untuk pembangunan amfiteater di Geotheater Bukit Soka Rancakalong.

Source: inisumedang.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button