Asyiknya bermain basah di tempat wisata Bandung Timur - WisataHits
Jawa Barat

Asyiknya bermain basah di tempat wisata Bandung Timur

Ketika tiba saatnya berwisata ke Bandung, wisatawan lokal maupun mancanegara terkadang bingung. Kemana perjalanannya, ya? Bukan tanpa alasan Bandung Utara, Timur, Selatan, Barat hampir dikelilingi oleh berbagai objek wisata, sehingga terkadang wisatawan kesulitan untuk menentukan tempat wisata. Satu-satunya pilihan adalah mengklik informasi wisata seperti B. atwisatabdg.com.

Ya, pilihan tempat wisata itu sewenang-wenang, tidak bisa dipaksakan. Ada wisatawan yang menyukai wisata alam yang tidak begitu ramai, seperti B. ke danau, sungai, air terjun, danau, kolam renang alam/buatan dan bendungan. Apapun tujuan dan daya tarik wisatanya, yang terpenting bagi wisatawan adalah merasa puas, segar dan santai setelah piknik.

Nah, buat kamu yang suka main basah-basahan di tempat wisata, Kawasan Wisata Bandung Timur punya beberapa tempat wisata air. Ini adalah properti wisata air di kawasan Bandung Timur.

Sumber: www.desawisatacikadut.com
Sumber: www.desawisatacikadut.com
Air Terjun Batu Templek

1. Air Terjun Templek Batu

Sebelum dikenal dengan nama Air Terjun atau Curug, kawasan Batu Templek Curug merupakan kawasan penambangan batu berbentuk segi empat datar. Omong-omong, di area pertambangan ada arus air yang cukup kuat yang berasal dari sungai di atas tebing. Mungkin nama Batu Templek diambil dari hasil pertambangan penduduk setempat berupa batu pipih. Bekas tambang menjadi daya tarik tersendiri bagi air terjun ini. Ketinggian Tebing Batu Tempek sekitar 50m dan panjangnya sekitar 300m. Air Terjun Batu Templek terletak di Desa Cisanggarung, RT 1/RW 11, Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Prefektur Bandung. Bagi Anda yang ingin menjelajahi air terjun, Anda dapat menemukan titik-titik menarik untuk mengambil foto atau membuat video perjalanan. waktu! Tunggu dulu, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000, memarkir kendaraan dengan harga yang sama dengan tiket masuk, dan berkemah seharga Rp 30.000. Untuk kegiatan pendakian anda akan dipandu oleh seorang guide dan tentunya ada biayanya. Pada musim hujan seperti hari ini (Oktober 2022), debit air dari air terjun cukup deras, sehingga pemandangan akan lebih indah diabadikan dalam foto/video.

Fasilitas umum di kawasan wisata air terjun ini cukup memadai, seperti toilet umum, mushola, tempat parkir kendaraan, warung makan khas alam hutan lindung. Untuk menuju tempat wisata tersebut, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Kalau rombongan suka sepeda lebih asyik bersepeda karena jalannya sudah diaspal dengan baik. Tentunya jika Anda ingin berbasah-basah di air terjun ini, ada baiknya Anda membawa baju ganti agar tidak kedinginan.

Sumber: sandraaersense.com
Air Terjun Cilengkrang

2. Air Terjun Cilengkrang

Air Terjun atau orang Sunda menyebutnya Curug, sebuah objek wisata alam. Wisatawan akan terpesona ketika aliran air yang terbentuk jatuh dari ketinggian. Saat matahari bersinar, air terjun memancarkan cahaya pelangi yang indah. Biasanya kolam di bawah air terjun ini digunakan untuk bermain basah-basahan, mandi-mandi, lalu berfoto-foto.

Salah satu air terjun yang terkenal di kawasan wisata Bandung Timur yaitu Curug Cilengkrang di Desa Cilengkrang, Kecamatan Cilengkrang. Panorama di sekitar air terjun masih alami sejuk. Kesejukan ini membuat mata dan terasa tenang karena jauh dari kebisingan kota. Ada banyak cara alternatif untuk sampai ke air terjun. Tolok ukur utama adalah Pasir Impun (Pintu Masuk dari Jalan Cisanggarung), Ujungberung (Pintu Masuk dari Jalan Cilengkrang I), Cibiru (Pintu Masuk dari Jalan Desa Cipadung, Jalan Manisi, Jalan Sindangreret), Cinunuk (Pintu Masuk dari Jalan Sadang) hingga Cileunyi (Pintu Masuk dari Jalan Sadang), Jalan Vila Bandung Indah). Semua pintu masuk dalam kondisi baik karena sudah beraspal atau beton.

Angkutan umum hanya ojek yang bisa mengantar Anda ke tempat air terjun. Sesampai di lokasi, Anda hanya membayar tiket masuk sebesar Rp7500.00. Jika Anda memiliki waktu luang yang cukup, Anda dapat menjelajahi air terjun lain di sekitar Curug Cilengkrang (atau Batu Peti), yaitu Curug Panganten, Kacapi, Dampit, Leknan dan Papak.

Sesampainya di air terjun, Anda dapat mengamati fasilitas yang ada seperti tempat ibadah (musala), toilet umum, perkemahan dan sejumlah tempat makan dan minum sederhana. Sebelum melakukan perjalanan ke air terjun, sebaiknya persiapkan peralatan perjalanan Anda, mis. B. Datang pada pagi hari untuk menghindari terik matahari, memakai sepatu yang nyaman karena jalur menuju air terjun cukup curam, membawa makanan dan minuman yang cukup, serta memiliki stamina yang prima. Ya memang.

Sumber: bogordaily.net

3. Taman Lahan Basah Cisurupan

Dengan luas 4 hektar, Cisurupan Wetland Park terletak di sebelah timur kota Bandung, tepatnya di Jalan Cilengkrang 1 RW 08, Cisurupan, Cibiru, Bandung Timur. Kawasan waterpark ini diresmikan pada tahun 2021. Taman wisata ini memiliki 19 kolam retensi, 1 septic tank kota, 1 rumah kompos dan paviliun serbaguna. Taman air ini telah menjadi sarana pembentuk ekologi perairan dan tumbuhan. Wisata gratis ini sangat bermanfaat bagi para orang tua yang mengajak anaknya piknik di tempat wisata ini. Selain memperkenalkan pentingnya sistem pengelolaan air sungai untuk pertanian dan ketahanan air, pengetahuan tentang peran taman dalam mengurangi banjir juga diberikan. Bagi yang suka aktivitas sosial media, Wetland Park Cisurupan pasti memiliki beberapa poin bagus untuk diabadikan di platform media sosial Anda seperti Youtube, IG atau FB.

Sumber: Facebook MJP Bandung/eb.findmybucketlist.com

4. Tempat Hutan Manglayang

Manglayang Jungle Place (MJP) merupakan salah satu destinasi wisata di kawasan Bandung Timur, tepat di Jalan Cilengkrang 1, Kp. Cigupakan RW 3, Cilengkrang, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung.

Kehadiran objek wisata MJP ini bisa menjadi alternatif bagi wisatawan Bandung Raya atau siapapun yang berkunjung ke Bandung untuk berlibur sambil menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan. Kawasan wisata MJP yang luas ditata begitu apik dan nyaman bagi wisatawan. Anak-anak dan remaja senang dengan undangan ke MJP, karena banyak spot menarik untuk berfoto dan juga bermain wahana kolam renang.

Selain wahana air, MJP juga menawarkan area untuk camping keluarga, wahana water park, flying fox, farmhouse, wisata budaya, Mancakrida (Outbound) dan tentunya kuliner tradisional. MJP juga menyediakan aula yang sangat representatif untuk kegiatan khusus seperti workshop atau seminar. Saat Anda berkunjung ke MJP, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000.

Tempat wisata ini buka setiap hari dari jam 8 pagi – 9 malam WIB. Sebelum berwisata di MJP, Anda yang ingin berkemah harus membawa perlengkapan yang cukup. Selain pakaian ganti, juga makanan dan minuman untuk menahan lapar, terutama pada malam hari. Bagi yang hanya menikmati wisata di MJP tanpa menginap, berangkat pagi hari agar lebih leluasa menikmati kawasan wisata ini.

Sumber: soamaps.com/www.top-rated.online

5. Ciipo Paniisan

Dimana tempat wisata bermain basah lainnya di Bandung Timur? Pergi saja ke Paniisan Cippo, oke? Lokasi wisata air ini berada di Cijasirna, Ciporeat, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Menurut pengelola tempat wisata ini, kolam ini merupakan sumber air dari Pegunungan Manglayang. Oleh karena itu, air kolam renang ini mengalir terus menerus, sehingga bebas dari bahan kimia dan klorin. Karena siklus air terus berubah atau mengalir ke tempat lain di sekitar situs Panisan Ciipo, kebersihan air sangat terjaga.

Kolam ini seperti kolam renang pada umumnya, terbagi menjadi kolam khusus dewasa dengan kedalaman 2 m dan 80 cm, sedangkan kedalaman kolam khusus untuk anak-anak adalah 30 cm. Fasilitas penunjang Paniisan Ciipo yaitu kamar mandi, pendopo, penitipan bagasi dan tempat botram setelah berenang. Namanya juga air pegunungan, pasti akan terasa lebih dingin jika bermain basah-basahan di kolam ini.

Bagi Anda yang tertarik bermain basah di kolam renang di kaki Gunung Manglayang ini, rutenya mudah untuk diikuti. Mereka datang dari jalan utama, Jalan Ujung Berung atau Jalan Cilengkrang 1. Akses ke sana bisa dilakukan dengan sepeda motor atau mobil. Saat berenang, masuknya cukup murah, Rp 10.000, Anda bisa bermain sepuasnya.

Apa yang kamu tunggu? Ketika saatnya untuk perjalanan basah, saatnya untuk pergi. Pilih semua tempat wisata yang kamu suka di kawasan Bandung Timur ini ya. Jadi persiapkan juga segala kebutuhan perjalanan Anda agar wisata Anda semakin nyaman, apalagi jika ingin mengabadikan semua momen piknik Anda di akun media sosial.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button