Tiket kereta api ke Solo laris manis, ini rekomendasi destinasi wisata di Surakarta - WisataHits
Jawa Tengah

Tiket kereta api ke Solo laris manis, ini rekomendasi destinasi wisata di Surakarta

TEMPO.CO, jakarta – Surakarta atau lebih dikenal dengan Solo merupakan kota di Jawa Tengah yang selalu menjadi tujuan wisata banyak wisatawan. Daya tariknya adalah budaya dan kearifan lokal yang sangat kuat dan terpelihara. Tentu saja, kota ini disebut juga Kota Budaya karena kekayaan peninggalan sejarah keraton dan kerajaan.

Menjelang libur akhir tahun ini, jalur KA menuju Solo juga menjadi salah satu jalur yang banyak dipesan masyarakat, menurut PT KAI. Solo sudah diramaikan dengan diadakannya Muktamar Muhammadiyah ke-48 dan ‘Aisyiyah pada 19 dan 20 November 2022.

Berikut beberapa destinasi wisata di Solo yang wajib dikunjungi:

1. Taman Balekambang

Taman Balekambang sudah ada sejak tahun 1921 dan dibangun oleh Mangkunegoro VII. Taman ini merupakan tempat wisata di Solo dengan nuansa alam yang asri namun tidak jauh dari pusat kota.

Taman Balekambang sangat ramah anak dan keluarga. Ada banyak tanah dan taman bermain anak-anak. Ada juga danau dengan area pemancingan dan perahu.

Suasana di Taman Balekambang juga sangat bagus dengan banyak pepohonan rimbun dan rusa yang berkeliaran bebas. Taman ini juga cocok sebagai tempat rekreasi atau rekreasi bersama keluarga waktu yang berkualitas.

2. Keraton Surakarta Hadiningrat

Saat berkunjung ke kota Solo, wisatawan wajib mengunjungi Keraton Hadiningrat. Tak hanya melihat berbagai bangunan dari masa lalu, berwisata ke keraton bisa menambah pengetahuan sejarah.

Warga memperebutkan Gunungan pada perayaan Grebeg Sekaten 2019 Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Solo, Jawa Tengah, Sabtu, 9 November 2019. Keraton mempersembahkan dua pasang gunungan putra dan putri keliling yang dililit warga pada puncak tahun. Perayaan Sekaten 2019 dan Maulid Nabi Muhammad SAW. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Keraton Surakarta Hadiningrat terbagi menjadi beberapa kawasan dengan keunikannya masing-masing. Seperti Alun-alun Lor, Alun-alun Kidul, Sasana Sumewa, Siti Hinggil Lor dan Kidul, Kemantungan Lor dan Kidul, Sri Magangi Bhatara dan Kidul, Kedaton dan Kematangan. Selain itu, Keraton Surakarta Hadiningrat memiliki museum di dalamnya yang menyimpan berbagai benda peninggalan kerajaan seperti kereta kuda, gamelan dan masih banyak lagi.

3. Istana Pusaka

The Heritage Palace Solo merupakan bangunan pabrik gula peninggalan Belanda. Karena itu, tempat ini memiliki pesona Eropa kuno.

Tempat ini juga menawarkan spot foto Instagrammble Konsep gaya Eropa. Tidak hanya itu, ada juga Museum Angkut dan Museum 3D Trick Art yang menjadi spot favorit para wisatawan.

4. Gedung Wayang Sriwedari

Gedung Wayang Sriwedari terletak di Kompleks Taman Sriwedari. Seperti namanya, ini adalah tempat untuk melihat pertunjukan wayang orang yang penuh budaya. Pagelaran pembuatan wayang Sriwedari diadakan secara rutin pada hari Selasa hingga Sabtu pukul 19.30 WIB.

5. Taman Bendungan Tirtonadi

Taman Bendungan Tirtonadi merupakan kawasan taman yang disertai dengan bendungan yang juga dikenal dengan nama Taman Tirta Kawruh. Tak hanya itu, tempat ini menjadi pusat edukasi air bagi masyarakat.

Taman Tirta Kawruh digunakan sebagai tempat untuk menginformasikan tentang keingintahuan masyarakat terhadap air, sungai dan sumber air lainnya. Selain berfungsi sebagai pusat pendidikan air, taman ini dapat digunakan sebagai tempat untuk lokakarya, diskusi atau pameran dan kursus ekskursi bagi siswa.

6. Pasar Besar

Tidak lengkap rasanya jika ke Solo tanpa membawa oleh-oleh khas, baik kuliner maupun pakaian.
Pasar Gede merupakan destinasi wisata tradisional dengan pusat perbelanjaan yang merupakan pasar tertua di Solo.

Selain untuk berbelanja, Pasar Gede cocok untuk spot foto instagrammable karena menghadirkan desain arsitektur bangunan campuran Belanda dan Jawa. Jika ke sini, pastikan untuk mencoba berbagai kuliner legendaris seperti tengkleng dan timlo.

Jika Solo jadi tujuan liburan akhir tahun ini, segera mulai persiapkan rencana perjalanan. Tiket kereta api ke Solo untuk liburan akhir tahun sudah terjual dan bisa segera diburu.

JENIATI ARTAULI TAMPUBOLONE

Baca juga: Memanggil wisatawan menuju Pantai Selatan Yogya saat liburan akhir tahun

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button