BIPA UIN Walisongo luncurkan program matrikulasi dengan City Tour - WisataHits
Jawa Tengah

BIPA UIN Walisongo luncurkan program matrikulasi dengan City Tour

Beberapa mahasiswa asing mengikuti Program Matrikulasi Penutur Asing Indonesia. (Foto oleh BIPA UIN Walisongo)

SEMARANG (Sigi Jawa Tengah) – BIPA UIN Walisongo Semarang memulai kembali program matrikulasi bahasa Indonesia untuk penutur asing. Kegiatan peluncuran ini dilakukan bersamaan dengan City Tour dengan Bus Pariwisata Semarang, Denok.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa asing dari Pattani (Thailand), Somalia dan Malaysia, baik yang telah lulus program matrikulasi sebelumnya maupun mahasiswa baru yang ingin memulai program tersebut. Turut hadir dalam acara tersebut tim dari Pusat Pengembangan Bahasa UIN Walisongo Semarang.

Program Matrikulasi BIPA UIN Walisongo merupakan salah satu program yang ditawarkan oleh BIPA UIN Walisongo Semarang dibawah naungan Pusat Pengembangan Bahasa UIN Walisongo. Program lain yang juga ditawarkan adalah Program BIPA Short Course, BIPA Akademik dan BIPA Keperluan Khusus. BIPA UIN Walisongo menyelenggarakan perkuliahan bahasa Indonesia bagi mahasiswa asing yang kuliah di UIN Walisongo Semarang maupun dari luar institusi.

Mahasiswa luar negeri yang mengikuti kegiatan launching dan city tour mengungkapkan rasa senangnya bisa mengikuti kegiatan tersebut. Ahmad Yamin Mansur misalnya. Mahasiswa asal Malaysia ini mengaku senang dan senang bisa mengikuti kegiatan tersebut.

“Ini pertama kalinya saya naik bus ini dan bepergian melalui Semarang. Sangat menarik,” ujarnya, Rabu (24/8/2022).

Risky Soffyana yang selalu menjadi salah satu tim pengajar yang hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa BIPA merupakan program yang tidak hanya mengajarkan bahasa kepada mahasiswa asing, tetapi juga budaya lokal.

“Insya Allah acara seperti ini selalu diadakan untuk program kita agar mahasiswa asing yang belajar BIPA di UIN Walisongo bisa lebih mengenal Kota Semarang dan budaya masyarakatnya,” ujarnya di akhir perbincangan. (Musonifin)

Berita terbaru:

Source: sigijateng.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button