Asal Usul Benteng Pendem Cilacap, Dikatakan Berhubungan Dengan Nusakambangan - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Asal Usul Benteng Pendem Cilacap, Dikatakan Berhubungan Dengan Nusakambangan – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Benteng Pendem di Cilacap. (id.wikipedia.org)

Solopos.com, CILACAP — Sebagai kabupaten terbesar di Jawa Tengah (Jawa Tengah), Cilacap memiliki sejumlah tempat wisata penting. Salah satu daya tariknya adalah Benteng Pendemi, sebuah bangunan bersejarah dari Belanda. Inilah asal muasal Benteng Pendem di Cilacap.

Benteng Pendem sebenarnya memiliki nama asli Kustbatterij Op De Landtong Te Tjilatjap yang artinya bangunan benteng yang menjorok ke laut. Nama tersebut menunjukkan lokasi Benteng Pendem yang berada di kawasan Pantai Teluk Penyu Cilacap.

AksiJos! Petani dan peternak Klaten bisa menjadi pendukung kedaulatan pangan

Dikutip dari situs visitjatengprov.go.idAsal muasal Benteng Pendem di Cilacap tidak terlepas dari peran pemerintah Hindia Belanda saat itu dalam ingin membangun benteng di pesisir selatan Jawa.

Pembangunan Benteng Pendem juga memakan waktu sekitar 18 tahun, atau dari tahun 1861 hingga 1879. Benteng ini dibangun di atas lahan seluas 15 hektar, dengan dinding tebal dan bata merah yang tertata rapi.

Sejak awal berdirinya, Benteng Pendem telah digunakan oleh Tentara Belanda sebagai pangkalan dan benteng pertahanan. Hingga akhirnya pada tahun 1942, pada masa pendudukan Jepang, benteng tersebut direbut oleh tentara Jepang.

Baca Juga: Menggali Misteri Benteng Pendem Cilacap yang Terkubur

lanjutkan menunggu cilacapWisatawan berfoto di depan ruang senjata di Benteng Pendem, Cilacap, beberapa waktu lalu. (Solopos.com Imam Yuda S.)

Benteng Pendem di Cilacap tidak diambil alih oleh Tentara Nasional Indonesia sampai tahun 1945 ketika merdeka. Namun, pada tahun 1965 bangunan ini ditinggalkan karena kondisinya yang buruk.

Setelah itu, Benteng Pendem di Cilacap ditinggalkan hingga hampir seluruh bangunannya tertutup tanah atau pasir. Namun, pada tahun 1986, Benteng Pendem kembali digarap hingga menjadi objek wisata hingga saat ini.

Namun, dikutip dari disporapar.cilacapkab.go.id, keberadaan Benteng Pendem saat ini tidak terlalu sesuai dengan bentuk bangunan lama. Persediaan Benteng Pendem di Cilacap saat ini baru sekitar 60% dari total persediaan. Dengan demikian, sekitar 40% bangunan masih tertimbun pasir dan tetap menjadi misteri.

Baca Juga: Misteri Gunung Padang Majenang, Cilacap, Bakas Piramida?

Asal muasal Benteng Pendem di Cilacap tidak lepas dari berbagai misteri atau mitos. Konon terowongan bawah tanah di benteng ini terhubung langsung dengan Benteng Klinger atau Benteng Karang Bolong di Pulau Nuskambangan.

Namun, hingga saat ini, mitos atau cerita tersebut belum terbukti. Padahal sebenarnya di dalam benteng terdapat terowongan yang panjangnya 113,94 meter, lebar 3,10 meter, dan tinggi 2,45 hingga 4,88 meter.

Nah, itulah asal mula Benteng Pendem di Cilacap. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi saat berkunjung atau berlibur di Cilacap.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button