Apresiasi BikeTour PHRI, Sandiaga Uno: Wisata Olahraga Jadi Magnet Pariwisata Indonesia - WisataHits
Yogyakarta

Apresiasi BikeTour PHRI, Sandiaga Uno: Wisata Olahraga Jadi Magnet Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Sandiaga Uno saat melakukan ride dalam kegiatan PHRI Bike Tour etape ke-3, Sabtu (8/6/2022). ADALAH

BOGOR – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memberhentikan peserta BikeTour Tahap III Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) yang diselenggarakan di Kota Bogor pada Sabtu pagi (6/8/2022). Didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Ketua PHRI Haryadi Sukamdani, Sandiaga melepas ratusan pengendara di depan bekas hotel The Melchior, Kebun Raya Bogor yang akan menempuh jarak sekitar 31 kilometer dengan satu start / Finish point di Kebun Raya Bogor. .

Sebelum kembali ke titik tujuan, diadakan upacara bendera di Tugu Kujang. Selama upacara bendera, Sandiaga ditunjuk sebagai inspektur upacara. Upacara bendera ini merupakan bagian dari kegiatan Festival Merah Putih (FMP) 2022 yang berlangsung setiap hari selama satu bulan penuh di bulan Agustus dengan mengajak warga Kota Bogor melintasi wilayah Tugu Kujang.

Turut hadir dalam acara ini Sekjen PHRI Maulana Yusran, Wakil Ketua Umum PHRI Budi Tirtawisata, Ketua PHRI Kota Bogor Budi Tirtawisata, Ketua BPPD Yuno Abeta Lahay, Ketua Umum Festival Merah Putih 2022 Irwan S. Widjaja, Pimpinan Kota Bogor, Guntur Santoso.

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan sport tourism semakin menjadi magnet bagi pertumbuhan pariwisata di Indonesia. Dengan semakin banyaknya kegiatan wisata olahraga maka akan mendorong pergerakan masyarakat menuju destinasi tempat diselenggarakannya event tersebut, dan tentunya akan ada peluang belanja di daerah tersebut, yang tentunya akan menjadi pemasukan bagi warga dan pemerintah daerah.

“Hari ini kita merayakan kebersamaan dengan komunitas industri kreatif yang dimotori oleh PHRI. Kita merayakan pertumbuhan ekonomi 5,44 persen. PHRI BikeTour diadakan untuk mempromosikan gerakan masyarakat melalui wisata olahraga dan diyakini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal karena konsumsi dan pengeluaran peserta tur sepeda, sesuai dengan slogan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 “Pulihkan Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat,” kata Sandi.

Sandi membuat pariwisata tumbuh hampir 10 persen pada 9,76 persen dan menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru, dan kota Bogor adalah ikon pariwisata dan konsep kota pariwisata. “Sebelumnya kita melihat ada China Town yang akan menjadi showcase sekaligus daya tarik Kebun Raya Bogor. Kita juga akan berkunjung ke Bogor Selatan, di mana juga ada konsep desa wisata yang akan kita kembangkan ke depan,” ujarnya.

Ditanya bagaimana cara meningkatkan wisata sejarah di Bogor, Sandi mengatakan meski sekarang sudah memasuki era millennium, tentunya masih banyak wisata kolonial atau sejarah yang dikaitkan dengan konsep pokja pariwisata menjadi konsep yang berkualitas dan berkelanjutan. pariwisata harus ditingkatkan.

“Wisata sejarah ini berkualitas tinggi karena orang bisa tinggal lebih lama. biasanya 2-3 hari atau sampai 4-5 hari. Wisata sejarah ini juga lestari karena menghargai lingkungan. Saya akan berkoordinasi dengan Pemkot Bogor agar potensi ini bisa dikembangkan dalam kerjasama multilateral yang melibatkan baik pemerintah Belanda maupun Unesco. Saya juga mengatakan bahwa Bogor, misalnya, sedang bersiap menjadi jaringan kota kreatif yang ikonnya hanya sejarah,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan ini adalah satu-satunya di Indonesia yang akan mengibarkan bendera merah putih selama sebulan penuh. Jadi tidak hanya untuk memperkuat nasionalisme, tetapi juga untuk pendapatan pariwisata lokal. Jadi ini adalah pariwisata nasionalis.

“Kedua, target Bogor ini bukan hanya pemulihan ekonomi, tapi kelahiran kembali. Itu sebabnya kami terus mempromosikan desa wisata bertema. Sedikit saya ceritakan tentang Mulyaharja Ciharashas berapa banyak yang menjadi pengangguran akibat dampak pandemi yang begitu besar. Sekarang warga di sana jadi pemandu wisata, ibu-ibu buka pengering dan lain-lain, dan Pak Menteri sudah berjanji akan mengunjungi ciharashas saat panen raya,” ujarnya.

Bima menambahkan kawasan Tugu Kujang nantinya akan menjadi bundaran HI Kota Bogor, dimana konsep perencanaannya akan terintegrasi, dimulai dari Tugu Kujang, Lawang Salapan dan Botani. Kota Bogor telah memposisikan diri sebagai destinasi olahraga, termasuk melalui berbagai konsep seperti Bogor Running.

Sementara itu, Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani mengatakan, sebagai organisasi di bidang pariwisata, PHRI juga memiliki tanggung jawab untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui acara seperti seri PHRI BikeTour Bogor.

“Tahun 2022 kita ada agenda wisata bersepeda di 7 kota di Indonesia dan acara di Bogor ini merupakan tahap ke 3 setelah Padang dan Ubud Bali. Sama seperti event sebelumnya di Bali dan Padang, PHRI BikeTour seri Bogor 2022 diikuti sekitar 200 peserta. Namun, manfaat bagi peserta menjadi lebih luas, ”katanya.

Diketahui PHRI BikeTour Bogor merupakan rangkaian BikeTours yang berlangsung secara nasional di 7 kota di Indonesia, dimana sebelumnya diadakan pada bulan Juni lalu di Kota Padang dan kemudian pada pertengahan Juli di Ubud Bali. BikeTour PHRI ini juga dirangkaikan dengan Festival Merah Putih yang diadakan di Kota Bogor pada bulan Agustus untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

BikeTour PHRI menempuh jarak kurang lebih 31 kilometer dan memiliki titik start/finish di Kebun Raya Bogor. PHRI BikeTour merupakan kegiatan wisata sepeda untuk memperkenalkan destinasi wisata, budaya dan keaslian suatu daerah dalam rangka mengembalikan sektor pariwisata pasca pandemi dan meningkatkan kunjungan wisatawan di berbagai daerah.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara PHRI dan Inspiro, sebuah perusahaan yang berpengalaman dalam menyelenggarakan event olahraga di Indonesia, dan juga didukung oleh asosiasi industri seperti GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia) dan Hippindo (Asosiasi Pengecer dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia) serta beberapa brand yang telah bergabung sebagai sponsor.

Setelah Padang, Bali dan Bogor, PHRI BikeTour juga akan hadir di tujuh kota lainnya, yaitu Yogyakarta pada September, Mandalika pada November, Makassar pada November dan Jakarta pada Desember.=ROY

Source: pakuanraya.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button