Bantul Rencanakan Vaksinasi di Fasilitas Kesehatan Libur Akhir Tahun - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Bantul Rencanakan Vaksinasi di Fasilitas Kesehatan Libur Akhir Tahun – ANTARA News Yogyakarta

Bantul (ANTARA) – Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berencana tetap memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat di fasilitas kesehatan daerah tersebut selama libur akhir tahun yakni Natal 2022 hingga Tahun Baru 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budi Rahardjo di Bantul, Minggu mengatakan, meski pandemi COVID-19 sudah mereda, kasus penularan masih ditemukan, sehingga harus ada antisipasi pasca lonjakan pergerakan masyarakat saat liburan Natal dan Tahun Baru.

“Kami ada tugas tambahan terkait COVID-19 akibat arus mudik yang meningkat ini, sehingga kami dan teman-teman di kantor menyepakati jadwal dan menyepakati di titik-titik fasilitas kesehatan mana jadwal vaksinasi akan dilakukan,” ujarnya. .

Dengan begitu, kata dia, masyarakat yang bepergian ke Bantul dan belum mendapat suntikan booster atau suntikan tiga dosis bisa mendapatkan vaksin di fasilitas kesehatan dan puskesmas yang menjadwalkan vaksinasi.

Baca Juga: Dinas Kesehatan Bantul Jaga Stok Vaksin COVID-19 Tetap Cukup
Baca Juga: Dinas Kesehatan Bantul Selesaikan Suntikan Booster Kedua untuk Tenaga Kesehatan

Agus mengatakan, petugas kesehatan juga akan melakukan screening terhadap potensi yang dapat menyebabkan penularan COVID-19 selama liburan akhir tahun ini.

“Termasuk mempersiapkan jika ada yang positif dan menyiapkan shelter (tempat isolasi) salah satunya di RS Saras Adyatma, kami masih fokus pada kemungkinan terjadinya kasus positif COVID-19,” ujarnya.

Terkait ketersediaan vaksin di faskes Bantul, kata dia, disesuaikan dengan potensi penduduk di daerah tertentu, serta menyiapkan tenaga kesehatan agar bisa memberikan pelayanan maksimal.

“Intinya kita rencanakan titik-titik mana yang paling ramai, kemudian kita rencanakan nanti untuk diakses masyarakat, kita hitung jumlah vaksin yang tersedia kemudian ketersediaannya per titik populasi,” ujarnya.

Ia pun berharap masyarakat yang merayakan hari raya di wilayah Bantul tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 agar dapat berwisata dengan nyaman dan sehat.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button