Kreatif Pak Dalang Tampil di Acara Anugerah Lingkungan Tingkat Provinsi Sumsel - WisataHits
Jawa Barat

Kreatif Pak Dalang Tampil di Acara Anugerah Lingkungan Tingkat Provinsi Sumsel

Jawara Banten.com – Palembang – Pak Dalang dikenal banyak orang sebagai orang yang memainkan Wayang Kulit atau Wayang Golek. Namun berbeda dengan Dalang-san ini, Dalang-san ini adalah Program Dalang Plastik. Pak Dalang menggunakan mesin Dalang (daur ulang), tidak ada lagi sampah plastik alias tidak ada lagi sisa sampah. Mesin yang digunakan Pak Dalang merupakan mesin yang efisien dan bersumber dari masyarakat sekitar, kata Romdoni saat dikonfirmasi awak media komunitas kedai kopi jurnalis.

Romdoni, biasa disapa Doni, menjelaskan bahwa dirinya dan rekan-rekannya di PDU Prabumulih sangat bersyukur atas berkah dari daur ulang sampah, saat ini kami mampu menghasilkan produk-produk kreatif yang kami kembangkan menjadi produk jadi dengan nilai tambah yang sungguh luar biasa mampu. Dengan adanya “DALANG MACHINE” yang didukung oleh komunitas Dalang Indonesia Plastics Recycle (IPR), Pertamina dan juga dinas lingkungan Pemkot Prabumulih, kami dapat mengembangkan daur ulang yang dulunya hanya berupa produk setengah jadi, kini kami dapat mengolahnya kembali. menjadi produk jadi dan produk jadi, menjadi nilai kreatif dan produk unggulan.

Pada acara Apexion 2022 di Kota Padang yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 sd 10 Agustus 2022, alhamdulillah kami juga turut hadir perwakilan Pemerintah Kota Prabumulih. Kami hadir di acara Apex 2022 dan membawa produk-produk Pak Dalang berupa papan dan meja yang terbuat dari plastik daur ulang. Saat itu, Ketua Apeksi Bima Arya Sugiarto (Walikota Bogor), Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), Zulkifli Hasan (Menteri Perdagangan) dan Arif Satria (Kepala Sekolah IPB) menyampaikan apresiasi dan mendorong kami untuk terus melakukan jadi kembangkan dengan baik. “Ini suatu kehormatan bagi kami perwakilan dari Kota Prabumulih,” kata Doni

Sabtu 27 Agustus 2022 ini, kami di Wisata Punti Kayu juga menghadiri Upacara Penghargaan Lingkungan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sebagai bagian dari Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022. Gubernur Provinsi Sumatera Selatan – Herman Deru beserta Kepala Daerah beserta jajarannya aparat yang hadir di Dinas Kota/Kabupaten Se – Sumsel.

Hadir dalam acara ini Walikota Prabumulih beserta jajarannya khususnya Dinas Lingkungan Hidup dan kami dibantu oleh stand yang mewakili Kota Prabumulih. Warung kami berbeda dengan warung yang ada di kota/kabupaten lain, kami hadir dengan produk kreatif Pak Dalang berupa produk jadi untuk program berbahan plastik daur ulang yaitu bangku dan meja.

Usai acara, Gubernur Sumsel berkeliling ke seluruh stand lingkungan yang mewakili pemerintah kota/pemerintah di seluruh Sumsel. Dan suatu kebanggaan bagi kami Gubernur Herman Deru masuk ke booth kami dan menikmati duduk di bangku produk kreatif Pak Dalang. Disana kami diminta menjelaskan tentang bangku dan meja, produk kreatif Pak Dalang yang terbuat dari daur ulang sampah plastik. Kami juga menjelaskan produk bangku dan meja dari awal, semua bahan baku dari sampah plastik non daur ulang dan menjadi residu, sekarang semua dapat digunakan tanpa residu sehingga produk Pak Dalang adalah papan dan balok, yang kemudian menjadi produk kreatif yang diolah berupa meja dan bangku.

Gubernur Herman Deru sangat antusias dan sangat puas dengan produk kreatif Pak Dalang, Herman Deru juga menginstruksikan jajarannya untuk membeli semua produk Pak Dalang langsung dari booth kami, dan *Herman Deru adalah gubernur pertama di Indonesia yang mendaur ulang Membeli produk sampah plastik,* tutup Doni bilang jangan lupa kita juga foto bareng gubernur – Herman Deru.
dia berkata.

Merah/Ade Gunawan

Source: jawarabanten.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button