Antara Yogyakarta, Kemiskinan dan ASEAN Tourism Forum 2023 - WisataHits
Yogyakarta

Antara Yogyakarta, Kemiskinan dan ASEAN Tourism Forum 2023

Antara Yogyakarta, Kemiskinan dan ASEAN Tourism Forum 2023

Oleh Wibie Mahardhika

Beberapa hari yang lalu saya juga mengikuti webinar nasional PIKIRAN BULAKSUMUR tentang Pengentasan Kemiskinan di Daerah Istimewa Yogyakarta bersama pakar senior UGM, birokrat dan pengusaha serta UMKM. Cukup heboh karena menurut data statistik terbaru, DIY memiliki angka kemiskinan nasional tertinggi kedua.

Diskusi berjalan seru dan berwawasan luas. Diantaranya adalah penjelasan tentang pengetahuan diri dan menemukan strategi terbaik untuk menghilangkan kemiskinan “nyata” di masyarakat, serta “angka statistik” yang tidak hanya bernilai sosial-ekonomi, tetapi juga untuk politik negara dan daerah. Itu juga menyoroti metode yang sangat ketinggalan zaman dalam mempelajari tingkat kemiskinan berdasarkan jumlah “kalori”. Bukankah Indonesia sudah keluar dari kemiskinan absolut?

Penelitian harus lebih memperhatikan jumlah barang yang dimiliki dan dibelanjakan. Belum lagi manifestasi kemiskinan yang berbeda-beda di masing-masing daerah. Selain itu, para ahli mengatakan bahwa masyarakat Jawa mengenal dan menghayati filosofi “Sugih tanpo Bandha” (kaya tanpa harta). Nah… Sudah tidak berlaku lagi ya?

Baca Juga: Daftar Hotel dan Penginapan “Aman” dengan Harga Murah Terjangkau di Kawasan Wisata Yogyakarta


FORUM PARIWISATA ASEAN 2023 (HO/KLIKTIMES.COM)

Alhasil, kekayaan dan kemiskinan tetap relatif alias “Wang Sinawang”. Angka statistik terkadang lebih bersifat politis, meskipun saya tidak menyangkalnya. Apapun informasinya, sangat penting untuk menjadi bahan refleksi dan introspeksi diri. Ini adalah akal sehat berdasarkan pikiran yang jernih.

Yang jelas saya senang sekali diundang oleh para senior Yogyakarta untuk mempersiapkan DIY menjadi tuan rumah ASEAN WISATA FORUM 2023 besok pagi. Ini adalah acara internasional. Tingkat kepercayaan dan mandat yang tinggi bagi para pemangku kepentingan di wilayah ini di Indonesia. Acara berlangsung di gedung tempat saya belajar dan bekerja melalui MICE Destination, JOGJA EXPO CENTER.

Dan saya, dari Joglo indah di atas Candi Borobudur, masih melihat begitu banyak senyum hangat dan optimis di JOGJA malam ini.

Alhamdulillah
Puji Tuhan
Banyak keberuntungan

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button