Animo penduduk tinggi, Armada Bus Wisata Macito Kota Malang ditambah - WisataHits
Jawa Timur

Animo penduduk tinggi, Armada Bus Wisata Macito Kota Malang ditambah

Animo penduduk tinggi, Armada Bus Wisata Macito Kota Malang ditambah

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG — Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan menambah armada bus wisata Malang City Tour (Macito) gratis melalui Dinas Angkutan (Dishub) Kita Malang. Langkah ini diambil dengan latar belakang animo masyarakat untuk mendaki fasilitas tersebut cukup tinggi.

Ketut Wahyu, Analis Transportasi Darat Dinas Perhubungan Kota Malang, mengatakan pihaknya sebenarnya meluncurkan dua armada bus Macito akhir tahun lalu. Saat itu, Pemkot Malang melalui Kementerian Perhubungan (Dishub) meluncurkan dua bus wisata gratis yakni Malang City Tour (Macito).

Namun, pada awal Januari 2023, hanya satu armada dari dua gerbong touring yang digunakan. “Itu karena masih ada masalah penataan administrasi yang belum selesai,” kata Ketut di Kota Malang.

Di sisi lain, warga sangat antusias menikmati wisata jalan-jalan dengan bus Macito. Sejak beroperasi pada 9 Januari 2023 hingga saat ini, setidaknya 1.716 orang telah menggunakan layanan bus wisata gratis Macito.

Setiap hari Macito melayani enam perjalanan dengan 20 hingga 22 penumpang yang sebagian besar adalah pelajar. Warga Kota Malang dan wisatawan yang ingin menjelajahi Kota Malang secara gratis dengan bus Macito perlu melakukan registrasi terlebih dahulu melalui aplikasi Macito.

Aplikasi ini tersedia di toko bermain Google. Selain itu, Ketu juga menyarankan agar masyarakat bisa mendaftar tepat waktu.

Hal ini penting mengingat antusias masyarakat yang ingin menggunakan layanan bus Macito sangat tinggi. Karena itu, pihaknya berencana bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menambah dua armada baru nantinya.

Jika rencana perluasan dilaksanakan, akan ada empat bus Macito. Namun, hanya tiga bus yang beroperasi secara reguler. “Karena salah satunya kalau-kalau ada kegiatan atau tamu dari Kota Malang,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button