Seksi 2 Tol Ciawi-Sukabumi dijadwalkan selesai pada Desember 2022 - WisataHits
Jawa Timur

Seksi 2 Tol Ciawi-Sukabumi dijadwalkan selesai pada Desember 2022

Jakarta, IDN Times – Pembangunan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 dijadwalkan selesai pada Desember 2022. Hingga saat ini, kegiatan konstruksi masih dilakukan oleh kontraktor.

“Pembangunan Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km saat ini sedang berlangsung, dengan progres konstruksi 81,24 persen, dan pembangunannya dijadwalkan selesai pada Desember 2022,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol tersebut. BPJT) Kementerian PUPR. Danang Parikesit dalam keterangannya, dikutip Jumat (9/2/2022).

Baca Juga: PUPR Siapkan 10.000 Tenaga Kerja Konstruksi untuk IKN Konstruksi

1. Tol Ciawi-Sukabumi sudah beroperasi sebagian

Seksi 2 Tol Ciawi-Sukabumi dijadwalkan selesai pada Desember 2022Ilustrasi jalan tol (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Danang mengatakan saat ini tol Ciawi-Sukabumi Seksi 1 telah mengoperasikan seksi Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km sejak Desember 2018.

Setelah Seksi 2 selesai dibangun dan beroperasi, Seksi 3 ruas Cibadak-Sukabumi Barat-Sukabumi sepanjang 13,70 km dan Seksi 4 Ruas-Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km.

Baca Juga: Tol Cijago Seksi 3 Ditargetkan Selesai Januari 2023

2. Dari Jakarta ke Pelabuhan Ratu hanya 2,5 jam

Seksi 2 Tol Ciawi-Sukabumi dijadwalkan selesai pada Desember 2022Ilustrasi proyek tol. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Nantinya, waktu tempuh dari wilayah Jakarta menuju Pelabuhan Ratu hanya 2,5 jam. Sehingga perjalanan akan lebih cepat untuk mendukung kelancaran mobilitas masyarakat menuju tempat wisata, serta kendaraan logistik yang terdistribusi di Jabar.

Tol ini juga mempersingkat waktu tempuh dari Sukabumi, baik kabupaten maupun kota, ke Ciawi. Waktu tempuh dapat dihemat satu hingga dua jam dan saat ini hanya sekitar seperempat hingga setengah jam.

3. Banyak kawasan wisata yang bisa diakses melalui tol Ciawi-Sukabumi

Seksi 2 Tol Ciawi-Sukabumi dijadwalkan selesai pada Desember 2022Pemandangan kawasan wisata Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (28/9). (ANTARA FOTO/Nurul Ramadhan)

Kehadiran Tol Bocimi juga diyakini dapat membantu menghubungkan kawasan wisata yang terkenal dengan keindahan alamnya di wilayah Jawa Barat, seperti pantai Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, Geopark Ciletuh, Gunung Gede dan lain sebagainya.

Jalan Tol Ciawi-Sukabumi dikelola Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Jabar Tol dengan nilai investasi Rp 11,71 triliun. Tol tersebut akan memiliki 6 persimpangan (SS) yang terdiri dari SS Ciawi, SS Caringin, SS Cigombong, SS Cibadak, SS Sukabumi Barat dan SS Sukabumi Timur.

Baca Juga: Menteri PUPR: Anggaran Infrastruktur Dasar IKN Rp 20,8 Triliun Tahun 2023

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button