Angkat Wayang Golek, Bupati Bandung Akan Bangun Taman Giri Harja - WisataHits
Jawa Barat

Angkat Wayang Golek, Bupati Bandung Akan Bangun Taman Giri Harja

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Setiap tanggal 7 November diperingati sebagai Hari Boneka Nasional, sesuai dengan Perpres Nomor 30 Tahun 2018. Menurut Bupati Bandung Dadang Supriatna, ini berarti seni wayang golek diakui secara nasional.

“Saya senang sebagai Bupati Bandung karena Wayang Golek tempatnya di Jelekong, Kabupaten Bandung. Tentu saja saya merasakan apresiasi kepada para seniman, seniman dan Ki Dalang yang saat ini mampu melestarikan budaya. Khususnya budaya Sunda,” kata Bupati Bandung saat menghadiri upacara peringatan Hari Boneka Nasional di Pondok Pesantren Giri Harja Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Senin (11 Juli 2022).

Dadang-Supriatna-2.jpg

Bupati Dadang Supriatna berharap para seniman tidak pernah berhenti berkarya dan berkolaborasi dengan pemerintah sebagai media informasi program pemerintah Kota Bandung.

“Salah satu yang mengangkat saya menjadi Bupati Bandung tahun 2021 adalah Ki Dalang Aa Dadan Sunandar Sunarya,” kenang Bupati.

Menurut dia, Taman Giri Harja akan dibangun di Padepokan Giri Harja tahun depan untuk memperdalam budaya bagi anak-anak TK, SD, SMP, dan SMA. Menurut Bupati, setiap anak di Kabupaten Bandung harus memahami dan mendalami budaya Sunda.

Dadang-Supriatna-3.jpg

“Saya punya mimpi anak-anak sekolah kita harus mengerti budaya Sunda agar anak-anak kita tidak melupakan budaya dan sejarah,” kata Kang DS, panggilan akrab Dadang Supriatna.

Ia percaya jika mereka dapat memahami sejarah budaya Sunda atau budaya Sunda, anak-anak akan lebih menghargai orang tua kita yang saat ini mengalami penghinaan.

“Semoga pembentukan karakter dan karakter yang baik di Kabupaten Bandung dapat terwujud dalam kerjasama,” ujarnya.

Selain itu Wayang Golek Kang DS dapat berevolusi dan berkembang, serta tetap dapat diikuti oleh semua lapisan masyarakat.

Bupati Dadang Supriatna mengumumkan, pihaknya bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bandung belum lama ini mempromosikan seni budaya wayang golek di Korea Selatan.

“Merupakan suatu kebanggaan seni dan budaya Wayang Golek diakui secara internasional, bukan hanya secara nasional,” ujarnya.

Ia mengatakan seni wayang golek merupakan aset budaya Kabupaten Bandung yang perlu dibina dan dikembangkan. Ia juga berharap agar Disbudpar Kabupaten Bandung dapat bekerjasama dengan para seniman dan seniman khususnya dalam pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Bandung.

“Tujuan kami adalah membuat 100 desa wisata. Inilah tugas Disbudpar dan para seniman untuk bersinergi dalam pengembangan pariwisata. Kami berharap seniman dan seniman akan berkembang,” katanya.

Sementara itu, Ki Dalang Dadan Sunandar Sunarya mengaku sebagai praktisi seni, dirinya merasa terpacu di Hari Boneka Nasional dan mendapat pengakuan dari pemerintah pusat.

“Kalau begitu, Pak Presiden. Dan baru saja Bupati Bandung datang ke sini (Pedepokan Giri Harja) untuk menghormati Hari Boneka Nasional. Jadi kami merasa diakui meskipun kami minoritas. Tapi kami sangat berpengaruh di masyarakat luas,” ujar Ki Dalang Dadan saat mendampingi Bupati Bandung.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bupati Bandung Dadang Supriatna berencana membangun Taman Giri Harja sebagai wujud visi dan misi pasangan Bedas (bersama Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan) dalam pengembangan seni budaya.

Visi, misi dan rencana aksi pasangan Bedas adalah melestarikan dan mengembangkan budaya daerah, melestarikan identitas daerah dan nilai-nilai budaya dengan meningkatkan kandungan kearifan lokal.

Rencananya Taman Giri Harja akan dibangun di sekitar Desa Giri Harja, Desa Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, tidak jauh di sekitar Giri Harja 3 Wayang Golek Padepokan.

Bupati Bandung menyatakan, pembangunan Taman Giri Harja ini juga sebagai bentuk apresiasi terhadap seni Wayang Golek yang mengharumkan nama Kabupaten Bandung ke tingkat Jawa Barat secara nasional dan internasional.

**)

Dapatkan update informasi pilihan harian dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button