Anggota DPRD desak Pemkab Kulon Progo tawarkan pelatihan barista kepada generasi milenial - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Anggota DPRD desak Pemkab Kulon Progo tawarkan pelatihan barista kepada generasi milenial – ANTARA News Yogyakarta

Anggota DPRD desak Pemkab Kulon Progo tawarkan pelatihan barista kepada generasi milenial – ANTARA News Yogyakarta

Kulon Progo (ANTARA) — Anggota DPR asal Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta Ponimin Budi Hartono mengusulkan kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk menawarkan pelatihan barista kepada generasi milenial dengan harapan bisa menjadi wirausaha, sehingga mengurangi pengangguran dan wisata kuliner di daerah tersebut. didorong.

Ponimin Budi Hartono di Kulon Progo mengatakan, saat ini cukup banyak kafe yang tumbuh di daerah ini.

“Kami menggalakkan pelatihan barista. Kami berharap mereka akan menciptakan pekerjaan mereka sendiri. Ke depannya, bisnis kedai kopi ini sangat menjanjikan,” kata Presiden I DPRD Kulon Progo itu.

Ia mengatakan, saat ini banyak lulusan SMK dan SMA yang membutuhkan pekerjaan. Dengan adanya pelatihan barista ini mereka membuka usaha sendiri.

“Kami juga berharap setelah pelatihan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi memberikan bantuan sarana dan prasarana lain untuk menjual kopi dan minuman lainnya,” katanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kulon Progo, Nur Wahyudi mengatakan, pihaknya telah menawarkan pelatihan vokasi barista dalam beberapa tahun terakhir. Minat masyarakat untuk mengikuti pelatihan vokasi jenis ini sangat tinggi.

Peserta kursus juga dibawa langsung ke kafe-kafe di area toko perkakas. “Tahun ini kami membuat program pelatihan barista. Jika animo masyarakat tinggi, program ini akan didahulukan,” ujarnya.

Kepala UPTD BLK Kulon Progo Suradiman mengatakan, program pelatihan barista ini muncul sebagai ide agar Kulon Progo menjadi destinasi wisata andalan bersama Bandara Internasional Yogyakarta.

“Beberapa tahun lalu, prioritas diberikan pada pelatihan kejuruan untuk bertemu dengan pekerja bandara. Kemudian kami mengembangkan program pelatihan barista untuk memanfaatkan peluang Kulon Progo sebagai tujuan wisata. Peserta pelatihan juga langsung mendapat pekerjaan,” katanya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button