DPRD Kulon Progo Minta Pemkab Pantau Penyaluran Pupuk Bersubsidi - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

DPRD Kulon Progo Minta Pemkab Pantau Penyaluran Pupuk Bersubsidi – ANTARA News Yogyakarta

Kulon Progo (ANTARA) – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Yuliyantoro meminta pemerintah daerah mengawasi penyaluran pupuk bersubsidi kepada petani karena petani saat ini kesulitan membeli pupuk dari kios atau agen.

“Kami mendapat keluhan dari petani bahwa alokasi pupuk untuk mereka jauh di bawah Rencana Kebutuhan Akhir Kelompok (RDKK),” katanya di Kulon Progo, DIY, Rabu.

Secara nasional, alokasi pupuk bersubsidi telah dikurangi sekitar 30 persen. Namun dari RDKK yang diajukan, petani hanya mendapatkan kurang dari 50 persen. Petani dikatakan masih mendapatkan 70 persen alokasi pupuk dari usulan RDKK, namun realisasinya jauh lebih rendah.

Baca Juga: Dosen UNS Gunakan Zeolit ​​Alam Sebagai Pupuk

“Kami meminta pemerintah kabupaten melalui instansi terkait untuk meningkatkan pengawasan pupuk agar lebih tertib,” kata Yuliyantoro.

Dikatakannya, beberapa kecamatan yang kini memasuki musim tanam padi, seperti Kecamatan Lendah, Galur dan Panjatan, Nanggulan dan Kalibawang/Kapanewon.

Kemudian beberapa petani di Bulak Srikayangan, Demangrejo dan Tuksono mulai menanam bawang merah.

“Kami berharap pemkab benar-benar memantau pendistribusian pupuk,” ujarnya.

Sementara itu, Sudarna, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disdagin) Kulon Progo, mengatakan kewenangan pengawasan pupuk ada di Sekretariat Daerah Departemen Perekonomian Kulon Progo. Pegawai Disdagin hanya anggota Satgas Pangan.

Baca Juga: PT TWC Mengolah Sampah Menjadi Destinasi Wisata Menjadi Pupuk Organik

Source: jogja.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button