ALUN-ALUN GRESIK 5 Atraksi Khas - WisataHits
wisatahits

ALUN-ALUN GRESIK 5 Atraksi Khas

Harga tiket masuk Alun-alun Gresik: gratis. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat : Jl.KH. Wachid Hasyim, Bedilan, Gresik, Gresik, Jawa Timur, Indonesia, 61114.

Gresik bukanlah kota wisata. Namun kesederhanaan kota memancarkan pesona tersendiri. Pesonanya sangat terasa saat berkunjung Alun-alun Gresik. Setelah mengalami renovasi selama dua tahun, alun-alun ini kembali menjadi tujuan wisata yang menarik. Apa ciri khas dari taman kota ini?

Tiket masuk Alun-alun Gresik

Alun-Alun Gresik adalah lembaga publik yang tidak memungut biaya masuk. Masyarakat umum dan wisatawan dapat mengunjungi alun-alun ini dengan bebas.






Tiket masuk
Biaya masuk Untuk membebaskan

Baca: 4 Destinasi Wisata Terbaik di Gresik

Jam buka

Place Gresik selalu buka setiap hari sepanjang tahun. Daerah ini selalu ramai terutama pada malam hari. Banyak warga dan wisatawan yang datang untuk berwisata kuliner di sekitar alun-alun.






Jam operasional
Jam buka 24 jam

Alun-alun Gresik

Alun-alun GresikAlun-alun Gresik salah satu destinasi wisata di Kabupaten Gresik – Foto: Google Maps/Satrya Wibowo

Dibandingkan dengan Surabaya, Gresik tidak populer sebagai tujuan wisata. Kawasan pelabuhan ini lebih dikenal sebagai brand produk semen. Memang, kota ini memang menjadi markas perusahaan semen pertama dan terbesar di Indonesia.

Gresik adalah daerah yang sederhana. Jika ingin berwisata ke sini, pilihannya tidak terlalu banyak. Beberapa yang sudah populer adalah Pantai Delegan dan Dynasty Water World.

Satu lagi yang baru saja resmi dibuka untuk umum adalah Alun-alun Gresik. Sebelum proses renovasi pada tahun 2017, area alun-alun ini merupakan lapangan dengan taman. Seperti alun-alun di Jawa pada umumnya, tempat ini dulunya dihiasi dengan pohon beringin. Saat ini, alun-alun ini memiliki suasana yang berbeda. Lokasi lebih nyaman untuk berbagai aktivitas untuk semua kalangan.

Baca Juga: Tiket Masuk PULAU BAWEAN dan 6 Kegiatan

Suasana Madinah

Taman di alun-alunDeretan pohon kurma menghiasi alun-alun taman – Foto: Google Maps/Denny Prasetyo

Alun-alun Gresik sebelum ditata merupakan sebidang tanah luas dengan taman dan pepohonan. Penduduk Gresik biasanya menggunakan tempat ini sebagai arena olahraga dan jalan-jalan malam. Lokasinya memang strategis karena berseberangan dengan Masjid Jami’ Gresik yang bersejarah.

Sekarang alun-alun itu dikelilingi oleh koridor dua lantai. Di dalamnya ada taman dengan deretan pohon kurma. Keberadaan tumbuhan ini memberikan suasana yang berbeda dari sebelumnya. Pohon kurma sengaja ditanam untuk memberikan suasana ala Madinah.

Gresik dikenal sebagai kota yang bernuansa religi. Hal ini tidak terlepas dari perannya sebagai tempat penyebaran agama Islam oleh Sunan Gresik. Sepintas, ornamen-ornamen itu akan mengingatkan Anda pada suasana masjid. Lantai lorong dan langkan juga terdapat ornamen bintang berujung delapan. Taman yang dipenuhi pohon kurma menambah kesan religius alun-alun ini.

Stadion

Bermain futsal di alun-alun tamanPengunjung berolahraga di sudut alun-alun yang teduh – Foto: Google Maps/Madu Asli Madu Sarang

Alum-alum umumnya identik dengan sebidang tanah luas dengan jogging track. Orang sering menggunakan alun-alun sebagai tempat berolahraga. Adanya koridor bertingkat membuat alun-alun Gresik berbeda dengan alun-alun pada umumnya.

Namun, bukan berarti tempat ini tidak bisa dijadikan arena olahraga. Keberadaan koridor justru memperlebar jalur jogging di sini. Pengunjung bisa joging berjalan menyusuri lorong lantai 1 yang luas. Kawasan ini cukup ramai, namun terlindung dari sinar matahari.

Jika ingin suasana yang lebih tenang, pengunjung bisa berpindah ke lantai 2, koridor ini lebih cocok untuk jogging pagi atau sore. Pengunjung bisa berolahraga tanpa takut kepanasan akibat terik matahari.

Waktu luang keluarga

Jalur pejalan kaki di lantai 2Berjalan mengitari alun-alun di sepanjang jalan setapak “mengambang” – Foto: Google Maps/didik nugraha

Alun-alun Gresik sering menjadi tujuan rekreasi keluarga. Tempat ini memiliki fasilitas yang ramah untuk segala usia. Salah satunya adalah lorong bertingkat yang merupakan jalur pejalan kaki. Selain tangga, terdapat jalur landai yang dapat digunakan oleh orang cacat atau lanjut usia.

Berjalan-jalan di sekitar alun-alun adalah kegiatan rekreasi sederhana favorit di sini. Pengunjung dapat menikmati suasana kota Gresik yang dikelilingi oleh berbagai pepohonan rindang. Ada juga pendopo yang bisa menjadi tempat duduk dan bersantai.

Sayangnya, taman kota ini tidak memiliki taman bermain untuk anak-anak. Namun, banyak pedagang kaki lima yang menjual berbagai jenis permainan anak untuk disewakan. Salah satu yang terlaris adalah mobil listrik dan skuter. Anak-anak dapat bermain di ruang persegi yang besar.

Wisata kuliner

Suasana sore di alun-alunSuasana alun-alun pada malam hari tampak terang dengan penerangan yang cukup – Foto: Google Maps/Bunda Imah Chanel

Selagi berada di alun-alun, jangan lewatkan berburu kuliner. Area di sekitar alun-alun sangat ramai dengan pasar loak dari hari Jumat hingga Minggu. PKL mendirikan kios yang menjual pakaian, mainan, dan banyak makanan.

Wisatawan bisa mendapatkan berbagai kuliner khas Gresik di sini. Sebut saja martabak usus dan nasi kravu. Variasi kuliner ini memudahkan wisatawan untuk mengadakan piknik di alun-alun. Ingat jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya ya.

Meredakan

Fasilitas di Alun-alun Gresik antara lain tempat parkir, toilet, jalan setapak, bangku taman, dan pendopo. Sedangkan fasilitas tempat ibadah dipusatkan di Masjid Jami’ Gresik. Di sekitar alun-alun banyak terdapat pedagang kaki lima yang menyajikan berbagai macam kuliner.

Lokasi Alun-alun Gresik

Taman kota ini terletak di Jalan KH. Wachid Hasyim, Desa Bedilan, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik. Alun-alun ini dikelilingi oleh sejumlah tempat penting di Gresik, seperti Masjid Jami’ dan gedung DPR. Pengunjung bisa datang dengan kendaraan pribadi, angkutan umum atau angkutan online.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button