Pantai Menurut Belanak, pantai unik yang menawan di pusat Lombok - WisataHits
wisatahits

Pantai Menurut Belanak, pantai unik yang menawan di pusat Lombok

Harga tiket: Rp2.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Menurutg Belanak, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Cek lokasi

Lombok terkenal sebagai salah satu daerah yang memiliki beragam wisata alam yang indah. Salah satunya adalah pantai Seulg Belanak yang memiliki keunikan di setiap sudutnya. Pantai dengan semilir angin yang sejuk ini sangat cocok dikunjungi untuk bersantai. Mulai dari warna langit, pasir, hingga air lautnya sangat kontras dan memukau para pengunjung.

Ini juga memiliki garis pantai yang panjang yang terlihat seperti teluk di tepi Samudera Hindia. Perbukitan hijau yang mengelilingi air laut terlihat begitu alami melengkapi keindahan alamnya. Menara ini juga sebagian digunakan oleh para nelayan untuk mencari air. Tak heran jika di pinggiran pantai sebuah perahu singgah.

Wisata ini terkesan ramai, terutama saat akhir pekan di Lombok tengah. Wisatawan asing juga tidak jarang berlibur ke sini. Namun, pada hari kerja, Pantai Seulg Belanak sepi pengunjung. Anda yang berlibur ke sini pasti ingin kembali lagi ke tempat ini.

Atraksi Pantai Menurutg Belanak

Kredit gambar: Twitter Dony Setiawan

Pantai indah di Lombok ini memang menjadi kawasan yang sangat ramai dikunjungi. Wisata ini menjadi salah satu rekomendasi untuk liburan keluarga. Hal ini karena keindahan alamnya memiliki daya tarik tersendiri.

1. Pasir pantai halus

Pantai Lombok rata-rata memiliki pasir yang cukup kasar. Namun pantai Menurutg Belanak memiliki satu hal yang unik, yaitu pasir pantainya yang sangat halus. Saking halusnya, pasirnya juga bisa dilintasi sepeda motor. Warna pasirnya juga putih selaras dengan birunya air laut.

Area di sekitar pantai juga terlihat bersih, tidak ada sampah berserakan di sekitarnya. Pengunjung yang datang ke sini bisa membawa peralatan bermain pasir. Dari permainan istana pasir, voli pantai, layang-layang bisa dimainkan di area pasir.

2. Keindahan alam yang unik

Pantai ini menawarkan banyak sekali pemandangan alam yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Kehadiran pepohonan yang rindang dapat menyejukkan udara di sekitar pantai. Ombak yang tenang juga bisa memanjakan mata pengunjung.

Tak hanya itu, di wisata ini Anda juga bisa melihat bentuk pantai yang melengkung dengan warna air yang jernih. Sejauh mata memandang, Anda akan melihat banyak bukit hijau yang mengelilingi pantai. Hal inilah yang membuat tempat wisata ini sangat cocok jika digunakan untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

3. Memiliki dua jenis gelombang

Sirkuit ini dikenal memiliki 2 jenis ombak, yaitu ombak ganas dan ombak tenang. Bagi pengunjung yang hanya ingin berenang atau bermain air, bisa berada di sisi kiri pantai karena ombaknya tenang. Selain itu, Anda juga bisa berfoto di area tersebut.

Sedangkan di sisi kanan pantai terdapat ombak yang ganas. Itu karena ada pulau-pulau kecil di sana. Seringkali wisatawan berselancar di kawasan ombak ini. Anda tidak perlu khawatir dengan ombak yang kencang, karena ada petugas yang akan memandu ombak. Memiliki dua jenis ombak ini tentunya sangat jarang ditemui di pantai-pantai lain.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai selongKredit gambar: Twitter Traveloka Indonesia

Wisata pantai yang menawan ini terletak di desa Seulg Belanak, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Wisatawan yang belum pernah ke sini bisa melihat di Google Maps atau di papan nama. Jarak tempuh dari kota Mataram untuk menempuh pantai ini memakan waktu 2 jam.

Dari Bandara Internasional Lombok ke pantai ini hanya membutuhkan waktu 40 menit. Anda akan melalui perempatan Batujai lalu ambil jalan Penujak sampai bertemu dengan tikungan pasar. Kemudian belok kanan menuju desa Mungkur. Dari desa Anda terus lurus sampai Anda menemukan pintu yang bertuliskan Belanak.

Bisa dikatakan perjalanan menuju wisata ini sangat melelahkan. Hal ini dikarenakan banyaknya bukit dan jalan berliku yang harus dilalui. Wisatawan disarankan untuk membawa kendaraan pribadi saat berlibur ke sini karena angkutan umum masih langka.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga Tiket Pantai SesuaiKredit gambar: Google Maps Chris Pahl

Wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai Menurutg Belanak tidak membutuhkan bujet yang besar. Tiket masuknya sendiri hanya seharga Rp2.000 per orang. Dengan harga tersebut, pengunjung bisa menikmati keindahan pantai dari pagi hingga malam.

Selain itu, biaya parkir kendaraan hanya Rp 5.000 untuk sepeda dan Rp 10.000 untuk roda empat. Di kawasan wisata juga disediakan fasilitas persewaan peralatan, antara lain papan selancar bermerek dengan harga Rp 50.000 untuk harga sewa. Jika pengunjung ingin membeli papan selancar bisa juga dengan harga Rp 350.000.

Hal menyenangkan yang dapat dilakukan di Seulg Belanak

Aktivitas di Seulg BelanakKredit Gambar: Google Maps Dicky Po

1. Menyelam

Pengunjung bisa melihat keindahan bawah laut saat berlibur di sini. Memang, ombak pantai di sisi kiri tenang, yang sangat cocok untuk menyelam. Selain itu, Anda juga bisa membawa kamera anti air untuk memotret terumbu karang atau biota laut lainnya selama menyelam. Anda hanya perlu menyiapkan peralatan dari rumah untuk dapat melakukan aktivitas ini.

2. Memancing

Aktivitas unik lainnya yang bisa dilakukan saat mengunjungi Pantai Menurutg Belanak adalah memancing. Hal ini jarang ditemukan di daerah pesisir lainnya. Wisatawan bisa menyewa perahu kecil milik warga untuk menuju ke tempat pemancingan. Penduduk setempat juga bersedia memandu dan membawa pengunjung ke tempat memancing yang bagus.

3. Berselancar

Ombak pantai di sisi kanan cukup besar, cocok untuk wisatawan yang ingin berselancar. Penyewaan papan selancar juga tersedia di kawasan wisata. Apalagi ombak untuk berselancar juga memiliki tingkat ketinggian yang berbeda-beda. Untuk pemula biasanya antara 1 dan 2 meter, sedangkan untuk profesional bisa mencapai ketinggian 5 meter ke atas.

4. Berjemur

Aktivitas Menyenangkan di Seulg BelanakKredit gambar: Google Maps Agustin Artha

Aktivitas ini sudah tidak asing lagi ketika Anda pergi ke pantai. Pengunjung bisa berjemur di kursi yang disediakan. Anda juga bisa berjemur langsung di atas alas di atas pasir putih sambil memandangi pemandangan pantai.

5. Nikmati masakan khas Lombok

Wisata di Lombok terkenal memiliki beberapa kuliner dengan cita rasa yang khas. Di kawasan pantai Seulg Belanak juga terdapat beberapa warung makan yang bisa dikunjungi. Masakan khasnya adalah sate ikan, ikan ini biasanya ditangkap langsung oleh para nelayan. Selain itu, ada juga pilihan tempat makan lain yang bisa dinikmati dengan harga yang cukup murah.

6. Melihat aktivitas warga di sekitar pantai

Di sisi selatan pantai terdapat penduduk yang tinggal di tepi pantai. Mata pencahariannya sebagai petani rumput laut dan nelayan. Pengunjung dapat berjalan-jalan di sekitar sini dan melihat beberapa kegiatan lokal, seperti mengeringkan rumput laut atau memilah ikan yang mereka tangkap. Banyak juga wisatawan yang mengambil foto aktivitas warga.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat pantai selongKredit gambar: Google Mapsselong Selo Resort & Residences

1. Seulg Selo Resort & Residences

Resor bintang 5 ini berjarak 7 km dari pantai Seulg Belanak. Pengunjung yang menginap di sini dapat menikmati fasilitas yang disediakan seperti spa, kolam renang dan restoran yang menghadap ke pantai. Selain itu, resort ini juga menawarkan pemandangan Samudera Hindia yang indah. Uniknya, konsep di setiap sudut ruangan juga berbeda dengan gaya klasik dan modern.

2. Sempiak Villas

Villa ini sangat cocok untuk anda yang sedang berlibur bersama keluarga. Lokasinya berada di pinggir pantai tepat di bawah bukit Semasih. Tersedia hot tub, layanan penyewaan mobil, dan sarapan gratis. Apalagi pemandangan yang indah dan pelayanan yang baik akan membuat pengunjung betah.

3. Pondok Mangga

Salah satu hostel di Jl.selong Belanak ini memiliki teras dengan pemandangan taman di setiap sudut ruangan. Harganya juga cukup murah mulai dari Rp 350.000 saja. Hotel ini menawarkan sarapan prasmanan yang dapat dinikmati pengunjung. Fasilitas dart, hiking, dan olahraga air juga tersedia di hotel.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di area pantaiKredit gambar: Google Maps bajak laut Lombok

Wisata Pantai Seulg Belanak ini memiliki fasilitas yang lengkap. Terdapat gazebo di setiap sudut pantai untuk duduk dan bersantai. Ada juga restoran seafood yang bisa Anda nikmati dengan cita rasa khas Lombok.

Kamar mandi dan area parkir juga mudah ditemukan di kawasan pantai ini. Wisatawan yang ingin berselancar juga bisa menyewa papan selancar yang telah disediakan. Bagi pengunjung yang tidak tahu cara berselancar, jangan khawatir, karena ada pemandu yang akan mengajari.

Tak hanya itu, wisata ini juga menyediakan pusat oleh-oleh untuk dikunjungi wisatawan. Berbagai souvenir pantai juga tersedia, seperti hiasan batu karang. Pengelola pantai selalu melakukan pengecekan secara berkala agar pengunjung dapat menggunakan fasilitas ini dengan benar.

Inilah hal-hal menarik tentang pantai Menurutg Belanak dengan berbagai atraksi dan fasilitas yang memadai. Anda yang berkunjung ke sini pasti tidak akan bosan setelah melihat keindahan alamnya. Disarankan juga untuk mengajak banyak kerabat atau keluarga saat liburan ke wisata pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button