Alasan mengapa Anda harus memeriksa tanggal kedaluwarsa paspor sekarang - WisataHits
Jawa Tengah

Alasan mengapa Anda harus memeriksa tanggal kedaluwarsa paspor sekarang

TEMPO.CO, jakarta – Paspor merupakan salah satu dokumen penting yang harus dibawa ketika ingin pergi ke luar negeri. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa paspor berlaku setidaknya enam bulan setelah tanggal perjalanan internasional yang dimaksud.

Karena paspor berlaku hingga 10 tahun, mudah untuk lupa kapan tepatnya harus diperbarui, terutama jika Anda tidak sering menggunakannya. Jika dibiarkan tanpa pengawasan, detail yang tampaknya tidak penting ini dapat menyebabkan masalah perjalanan.

Sementara Amerika Serikat mengizinkan turis menggunakan paspor hingga tanggal yang tepat. Ini tidak terjadi di banyak negara lain. Misalnya, jika Anda ingin melihat keindahan alam Selandia Baru, paspor traveller harus berlaku selama tiga bulan setelah perjalanan.

Wisatawan dapat memeriksa situs web Departemen Luar Negeri untuk persyaratan khusus di berbagai negara. Meski beberapa negara memiliki persyaratan yang lebih ringan, lebih baik tetap waspada. Semua persyaratan ini berarti bahwa para pelancong mungkin perlu memperbarui paspor mereka lebih cepat dari yang diharapkan.

Berapa lama perpanjangan paspor?

Jika waktu pas habis, segera mulai proses perpanjangan dan jangan ragu. Waktu pemrosesan paspor bervariasi. Pemohon paspor dapat menunggu antara 8 dan 11 minggu untuk pemrosesan rutin dan lima hingga tujuh minggu jika mereka memilih rute yang dipercepat.

Jika Anda memiliki situasi mendesak, seperti B. Keadaan darurat hidup atau mati yang memerlukan perpanjangan segera untuk perjalanan internasional dalam waktu 72 jam, pemohon biasanya dapat membuat janji secara langsung. Pelamar juga dapat membayar ekstra untuk pengiriman 1-2 hari, yang berarti pass akan dikirimkan dalam waktu 1-2 hari setelah pencetakan.

NABILA RAMADHANTY PUTRI DARMADI | PERJALANAN DAN LEISURE

Baca juga: Warna sampul paspor di berbagai negara di dunia, apa aturannya?

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button