Wisata Yogyakarta Terpopuler dan Paling Direkomendasikan - WisataHits
Jawa Tengah

Wisata Yogyakarta Terpopuler dan Paling Direkomendasikan

KOPI, Yogyakarta – Jangan berpura-pura menjadi petualang sejati ketika setiap liburan di Yogyakarta hanya berhenti di Pantai Parangtritis atau Malioboro. Padahal, ada puluhan wisata Yogyakarta yang tak kalah terkenal dari kedua tempat ini. Agar tidak menggelitik rasa penasaran Anda, berikut beberapa tips yang bisa Anda lihat di Yogyakarta untuk destinasi liburan Anda selanjutnya. Dijamin gak mau pulang, deh!

desa wisata taman sari

Yogyakarta dikenal sebagai daerah yang kaya akan nilai budaya. Selain itu, kota ini juga memiliki banyak peninggalan sejarah. Salah satunya adalah Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Wisatawan biasanya mengunjunginya untuk menikmati istana kerajaan tempo dulu. Namun, kompleks keraton Ngayogyakarta itu bukan sekadar keraton. Ada Alun-alun, Masjid Agung dan Taman Sari.

Taman Sari dulunya adalah taman air Keraton Yogyakarta. Kini wisatawan hanya bisa menikmati reruntuhannya. Perlu diketahui bahwa pengunjung kawasan wisata Taman Sari tidak diperbolehkan menggunakan drone. Jika ingin mempelajari lebih jauh tentang sejarah tempat ini, wisatawan bisa menggunakan jasa pemandu.

Keraton Yogyakarta

Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat masih digunakan sebagai kediaman Sultan. Sebagian kompleks keraton kini berfungsi sebagai museum benda-benda Kesultanan. Keraton Yogyakarta tetap menjaga dan melestarikan warisan budaya seperti B.Upacara adat. Nilai filosofis dan mitologis masih kental di Keraton Yogyakarta.

Salah satu yang menarik dari kompleks keraton ini adalah Kamandhungan Ler. Kompleks ini dikenal sebagai tempat penyimpanan pusaka keraton dan alat musik gamelan tradisional. Acara wisata kastil terkadang berlangsung di sini.

Wisata Tebing Breksi Yogyakarta

Situs ini terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Bagi yang berlibur ke Yogyakarta, Tebing Breksi bisa menjadi destinasi. Salah satu tempat wisata di Yogyakarta berada di ketinggian 200 meter di atas permukaan laut. Dari sini, pengunjung bisa melihat pemandangan kota Yogyakarta dari atas.

Bekas areal pertambangan ini telah ditetapkan sebagai Geoheritage Yogyakarta pada tahun 2015. Pemandangan permukaan batu dengan ornamen rekahan yang unik menjadi salah satu daya tariknya. Reruntuhan yang tampak berornamen di tebing Breksi ini terbentuk jutaan tahun yang lalu.

Museum Benteng Vredeburg

Tidak hanya terlihat megah dari luar, Museum Benteng Vredeburg menjadi saksi sejarah perjuangan masyarakat Yogyakarta pada masa penjajahan. Seperti museum lainnya, tempat ini memiliki ruangan dengan diorama perjalanan para pejuang. Ada juga peninggalan meriam sudut di halaman museum.

Dipercaya bahwa senapan sudut dibuat di Inggris dan merupakan hasil penggalian di kompleks benteng ini pada 1980-1981. Selain meriam, ada juga koleksi sepeda kurir yang dulunya digunakan sebagai kendaraan tentara mahasiswa. Sepeda tersebut digunakan oleh siswa SMP dan SMA yang ikut tawuran sebagai kurir.

Wisata Candi Prambanan Yogyakarta

Belum lengkap rasanya kalau ke Jogja tapi belum ke Candi Prambanan. Situs bersejarah yang terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia ini menjadi destinasi yang tepat bagi para wisatawan yang menyukai sejarah. Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia dan terletak di Kabupaten Sleman.

Aksesnya juga sangat mudah yaitu melalui jalan tol Solo-Yogyakarta. Setibanya di area kompleks candi, pengunjung akan langsung melihat pemandangan yang akan memukau siapa saja. Dengan total 240 candi, kawasan ini memiliki fasilitas yang lengkap. Mulai dari tempat ibadah, sawah, taman, rest area, restoran dan diakhiri dengan kios cinderamata.

Wisata Hutan Pinus Pengger Yogyakarta

Luangkan waktu sejenak untuk mengunjungi Hutan Pinus Pengger yang terkenal dengan berbagai spot fotonya. Foto: Gmaps/arsyadani rusda Bagi yang ingin mencari tempat untuk mencari foto-foto Instagramable, langsung saja ke Hutan Pinus Pengger. Situs ini terletak di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Hutan dengan suasana asri dan sejuk ini menawarkan banyak spot foto.

Seperti wahana foto sarang burung walet, tangan raksasa, rumah pohon dan jembatan kayu. Selain itu, Pinus-Pengger-Forest menawarkan ketinggian yang tak kalah indahnya dengan panorama malam yang berkelap-kelip lampu kota.

Gunung Bintang

Bukit Bintang berada di sisi Jalan Bukit Patuk, Kabupaten Gunungkidul, yang menghubungkan Kota Yogyakarta dan Wonosari. Nama aslinya adalah Gunung Hargodumilah. Kemudian lebih dikenal dengan Bukit Bintang karena pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Jogja dari atas bukit. Pada malam hari, lampu kota yang tersebar terlihat seperti bintang.

Oleh karena itu, waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada sore hari. Keindahan langit senja menambah nuansa romantis tempat ini. Sebelum berkunjung, pastikan cuaca cerah. Karena saat mendung atau hujan, pemandangan tidak akan terlihat karena tertutup kabut.

______________


Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan publikasi artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita dengan sanggahan dan/atau koreksi kepada redaksi kami sebagaimana dalam Pasal 1 mengatur ayat ( 11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita terkait dapat dikirim melalui email: [email protected]. Terimakasih banyak


Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org


Apakah Anda ingin berkontribusi pada gerakan jurnalisme warga PPWI…? klik disini



Source: pewarta-indonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button