Akses internet selama KTT ASEAN 2023 dijamin optimal - WisataHits
wisatahits

Akses internet selama KTT ASEAN 2023 dijamin optimal

Akses internet selama KTT ASEAN 2023 dijamin optimal

Piknikdong.com – Infrastruktur digital menjadi salah satu elemen penting untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan siap mengakses jaringan telekomunikasi dan internet berkualitas, bekerja sama dengan penyedia layanan telekomunikasi, termasuk PT Telkom Indonesia.

Menkominfo Pastikan Akses Internet Optimal di KTT ASEAN ke-42Menkominfo memastikan akses internet optimal selama KTT ASEAN ke-42, foto: Kemenparekraf

“Kami terus menyiapkan jaringan internet yang cukup berkualitas untuk kebutuhan siaran selama acara berlangsung.

Termasuk jaringan seluler dan jaringan tetapnya.

Agar tersedia bandwidth yang cukup, sehingga pengunggahan dan pengunduhan data selanjutnya dapat dilakukan dengan benar dan memadai”,

katanya kepada wartawan yang menghadiri media gathering KTT ASEAN 2023 di kantor Pusat Operasi Jaringan PT Telkom Indonesia, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (3/5/202).

Menurut Menteri Johnny, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan PT Telkom Indonesia juga sedang menyiapkan jaringan cadangan untuk memastikan jaringan Internet tetap optimal selama KTT ASEAN ke-42.

“Ini hampir selesai atau akan segera 100% siap.

(jaringan sistem komunikasi kabel bawah laut, agar KTT ASEAN ke-42 berjalan lancar dan rakyat kita menikmatinya) harus kita perhatikan dengan baik”,

dia berkata.

Selain pemantauan yang dilakukan oleh NOC PT Telkom Indonesia di Manggarai Barat, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga menyiagakan Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika di Surabaya, Denpasar, Mataram dan Kupang.

“Mereka mengawasi spektrum frekuensi selama KTT ASEAN.

PT Telkom juga telah menyiapkan pemantauan untuk menghindari gangguan spektrum frekuensi.

Tentu saya berharap dengan adanya Network Operations Center di sini kita bisa melakukan monitoring dengan baik.”

dia berkata.

Senada dengan Menkominfo, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan jaringan telekomunikasi yang optimal menjadi kunci keberhasilan KTT ke-42 ASEAN 2023.

“Masyarakat sekarang menantikan apa yang akan dihasilkan dari KTT ini yang bisa disampaikan oleh para sahabat media kepada publik sebagai jembatan, jadi kuncinya di sini (kualitas operator jaringan)”,

dia berkata.

Berkaca pada penyelenggaraan KTT G20 di Bali pada November 2022, Moeldoko mengatakan, sejauh ini semua persiapan layanan telekomunikasi berjalan lancar.

“Semua pertanyaan teknis yang berkaitan dengan kualitas jaringan harus dirinci secara rinci untuk kemungkinan gangguan”,

dia berkata.

Kunjungan Menkominfo Johnny G. Plate ke kantor NOC Labuan Bajo, Manggarai Barat merupakan rangkaian kegiatan yang ditujukan untuk memantau dan memastikan kesiapan infrastruktur digital dan layanan media selama KTT ASEAN ke-42 tahun 2023.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button