Listrik di pulau Bali dijamin aman selama perayaan tahun baru 2023 - WisataHits
Jawa Tengah

Listrik di pulau Bali dijamin aman selama perayaan tahun baru 2023

Banyuwangi

Pasokan listrik Jawa Bali aman selama liburan Nataru 2023. Untuk melindungi pariwisata di Bali, pasokan listrik ditambah 273 megawatt (MW).

Dadan Kusdiana, Plt Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, menjamin perlindungan ketersediaan listrik bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali.

“Kami pastikan mulai dari energi primer, pembangkitan, transmisi, dan distribusi listrik aman,” kata Dadan, Senin (26/12/2022), saat berkunjung ke gardu PLN di Banyuwangi.

Dadan mengatakan pasokan listrik ke Bali sebesar 273 megawatt (MW). Sebelumnya, pasokan di wilayah Bali sekitar 100 MW. Pemenuhan pasokan berlangsung dari Jawa dan beberapa pembangkit listrik di Bali.

“Saat Nataru ini banyak orang yang berwisata ke Bali untuk berlibur. Jadi kami ingin semuanya berjalan lancar,” kata Dadan.

Selain itu, PLN juga menyiapkan strategi mitigasi ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Mengingat hujan dan petir baru-baru ini bisa menghantam menara Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET).

Oleh karena itu, pihaknya, mewakili Menteri ESDM Arifin Tasrif, diminta memastikan pasokan listrik Bali aman.

Menurut Dadan, PLN telah memetakan semua risiko yang memiliki potensi kerawanan. Mulai dari crane hingga tower SUTET.

“Memang, saat darurat. Dengan asumsi menara SUTET runtuh, PLN bisa membangunnya secara internal. Jadi tidak perlu menunggu atau mencari kontraktor,” jelasnya.

Sementara itu, kesiapan energi primer untuk memastikan aliran listrik seperti pasokan batu bara berada dalam kondisi aman dengan rata-rata hari operasi (HOP) di atas 20 hari.

Selain itu, pasokan gas yang terdiri dari pasokan gas jarak jauh dan gas alam cair (LNG) aman sesuai dengan kewajiban penyaluran gas dan pasokan minyak pemanas (BBM) dalam kondisi mencukupi.

“Khusus untuk sistem Bali dan situasi darurat,” kata Dadan.

Sementara itu, Direktur Penjualan PLN Adi Priyanto menambahkan, kondisi hidrologi PLTA Cirata, Saguling, dan Jatiluhur (Citarum) juga dalam kondisi basah sehingga bisa beroperasi optimal.

“Dari kemarin sampai sekarang dan insya Allah tahun baru kesiapan kita 100%. Semoga bisnis kita lancar dan tidak ada kendala,” kata Adi.

PLN, kata Adi, juga melakukan pengamanan secara bergiliran. Mulai dari pembangkitan, transmisi dan distribusi tenaga listrik.

Dalam kunjungannya, Kementerian ESDM diwakili Pj Dirjen Ketenagalistrikan Dadan Kusdiana didampingi Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto. Tejo Wihardiyono, General Manager PLN Unit Induk Transmisi (JBT) Jawa Tengah, GM PLN UIT (Jawa Timur dan Bali) JBM, Didik Fauzi Dakhlan, GM Unit Distribusi Utama (UID) PLN Jawa Timur, Lasiran dan Senior Manager (SRM) Jawa Timur Distribusi UID PLN, Putu Eka Astawa.

Simak video “Cuaca Ekstrim, Pengunjung Gagal di ‘Nyunset’ Pantai Cemagi”.
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/tebal)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button