Akomodasi di Balige Sudah Terpesan Penuh, Kapal Motor F1 Siap Digelar! - WisataHits
wisatahits

Akomodasi di Balige Sudah Terpesan Penuh, Kapal Motor F1 Siap Digelar!

Akomodasi di Balige Sudah Terpesan Penuh, Kapal Motor F1 Siap Digelar!

Piknikdong.com – Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan persiapan Kejuaraan Dunia Formula 1 Perahu Motor Danau Toba (F1H20), di Balige, Sumatera Utara, pada 24-26 Februari 2023 terus berlanjut.

Beberapa race support seperti trek dari tribun penonton hingga paddock persiapan sudah 100% selesai dan siap pakai.

Akomodasi di Balige Sudah Terpesan Penuh, Kapal Motor F1 Siap Digelar!Akomodasi di Balige sudah penuh dipesan, kapal motor F1 siap akomodasi, foto: Kemenparekraf

“Persiapan sudah 100% terutama venue utama di kawasan pelabuhan Muliaraja Napitupulu dan lahan Sisingamangaraja, Balige.

Hari ini juga mulai latihan bebas,”

kata Menparekraf Sandiaga dalam keterangannya, Jumat (24/2/2023).

Selain itu, kata Menparekraf Sandiaga, okupansi penginapan di Balige sudah penuh dipesan, tidak hanya hotel berbintang, homestay di sekitar Balige sudah penuh dipesan, sehingga masyarakat merasakan dampak penyelenggaraan event internasional F1 perahu motor tersebut.

“Penonton Powerboat F1 bisa mencapai 140 juta penonton di seluruh dunia. Sehingga akan berdampak pada perekonomian masyarakat Danau Toba,” imbuhnya.

dia berkata.

Dampak kehadiran Powerboat F1 sangat dirasakan masyarakat.

Salah satunya adalah Saria Pangaribuan (56), pemilik Homestay Zamora yang berlokasi di Tambunan Lumban Gaol, 4 kilometer dari lokasi.

Awalnya, Saria pesimis host family-nya yang jauh dari kota atau tempat acara bisa dibooking wisatawan.

Namun sebelum pelaksanaan, tidak hanya homestay miliknya, hingga 75 unit homestay di desanya juga ludes hingga akhir acara pada 26 Februari 2023.

“Bagus sekali, kami tidak menyangka di desa ini bisa kedatangan tamu dari event F1 Powerboat ini, kami kira hanya di kota sana.

Orang-orang di sini senang setidaknya ekonomi kita membaik, ”

dia berkata.

Saria menuturkan, homestay yang dimilikinya biasanya ramai saat liburan atau tahun baru dengan kisaran harga Rp 150.000 hingga Rp 250.000 per malam.

Namun, selama F1 Powerboat dijual seharga Rp 350 ribu-Rp. 400 ribu.

“Harga sudah ditentukan oleh dinas, dan kami patuhi, tidak ada yang melebihi batas yang ditetapkan.

Kami juga mendapat pelatihan dari dinas pariwisata bagaimana melayani pelanggan, tetap ramah dan menjaga kebersihan agar pelanggan senang dan kembali lagi.”

dia berkata.

Saria dan masyarakat sekitar Danau Toba pada umumnya menginginkan event internasional tidak hanya untuk F1 Powerboat disini.

“Kami bersyukur, sangat berterima kasih. Kalau bisa Pak Jokowi dan pemerintah, jangan acara ini saja.

Namun ada acara lain yang digelar di Danau Toba. Sehingga Danau Toba semakin terkenal dan kita juga merasakan dampaknya,”

dia berkata.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button