Hotel-hotel di Kota Batu kebanjiran pemesanan sebelum Laman Nataru semua - WisataHits
Jawa Timur

Hotel-hotel di Kota Batu kebanjiran pemesanan sebelum Laman Nataru semua

STEIN, KOMPAS.com – Hotel-hotel di Kota Batu, Jawa Timur mulai kebanjiran reservasi jelang musim liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Ketua PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Sujud Hariadi mengatakan tingkat hunian kamar sejumlah hotel saat ini rata-rata 40 persen di hari kerja dan 90 persen di akhir pekan. Kondisi itu terjadi sejak Selasa (20/12/2022).

Baca juga:

“Rata-rata hari normal adalah 40 persen, akhir pekan (Akhir pekan) bisa sampai 90 persen, puncaknya mudah-mudahan mulai libur sekolah sampai awal Januari,” ujar Sujud, Kamis (22/12/2022).

Sujud juga mencontohkan situasi booking hotel Selecta tempatnya bekerja.

“Sekitar 50 persen, sekitar 45 kamar (kamar) dari 80 kamar Ada, didominasi Surabaya Raya, ya ada dari Jakarta,” ujarnya.

Dengan kondisi tersebut, beberapa hotel di Kota Batu tinggal menyisakan beberapa kamar saja.

“Masih bisa (memesan) tapi tidak banyak, tiga sampai lima kamar masih ada ya harganya lumayan lah,” kata Sujud.

Sementara itu, harga sewa kamar di Nataru naik dua kali lipat. Di Hotel Selecta, misalnya, terjadi kenaikan harga sekitar 50 persen.

Baca juga: Taman Rekreasi Selecta Kota Batu: Jam Buka, Tiket, Aktivitas

“Memang ada peningkatan tapi tergantung kebijakan masing-masing hotel, ada yang 50 persen, ada yang sampai 200 persen. Kami juga tidak menaikkan (harga) banyak, 50 persen, Rp 800.000 sampai Rp 1 juta per malam, sebelumnya biasanya antara Rp 500.000 sampai Rp 700.000,-,” bebernya.

Sujud juga mengatakan kegiatan operasional hotel di Nataru sudah berjalan 100 persen.

Berikan paket khusus untuk Nataru

Ilustrasi salah satu kamar Selecta Hotel di Kota Batu, Jawa Timur.Dermaga. Selecta Tour Ilustrasi salah satu kamar Selecta Hotel di Kota Batu, Jawa Timur.

Untuk menarik pengunjung, hotel-hotel di Kota Batu juga menawarkan tarif sewa kamar dengan paket khusus selama momen Nataru.

“Paket Tahun Baru biasanya sudah termasuk tanggal 30, 31 (dua hari satu malam) dengan makan malam yang biasanya hanya sarapan (Sarapan) saja,” ujarnya.

Sujud berharap wisatawan bisa berlibur di Kota Batu dengan lancar saat momen Nataru.

Baca juga:

Perbaikan jalan saat ini dilakukan di Jalan Raya Giripurno sebagai jalur penghubung Kota Batu dengan Kabupaten Malang. Pasalnya, beberapa waktu lalu terjadi longsor di sebuah jalan di kawasan Jurang Susuh.

“Insya Allah Jurang Susuh (sempat longsor) dibuka pada 25 Desember (Desember), ini melegakan para pelaku industri pariwisata di Kota Batu,” kata Sujud.

“Semoga kedatangan wisatawan lancar sehingga jalur Giripurno bisa dilalui, benar-benar mengurangi kemacetan karena saat ini Jalan Soekarno Hatta (sebagai jalur utama) luar biasa (sempit),” imbuhnya.

Baca Juga: Berwisata ke Kota Batu, Itu Titik Rawan Macet

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button